SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PEMILIHAN CUSTOMER SERVICE OFFICE TERBAIK BANK BCA CABANG SUNTER MENGGUNAKAN AHP (STUDY KASUS PT. BANK BCA (PERSERO). TBK CAB. SUNTER JAKARTA)

research
  • 06 Jul
  • 2018

SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PEMILIHAN CUSTOMER SERVICE OFFICE TERBAIK BANK BCA CABANG SUNTER MENGGUNAKAN AHP (STUDY KASUS PT. BANK BCA (PERSERO). TBK CAB. SUNTER JAKARTA)


ABSTRAKSI


Dodi Atmanegara (11161583), Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Customer Service Office Terbaik Bank BCA Cabang Sunter Menggunakan AHP


Dalam penentuan CSO terbaik di Bank BCA Cabang Sunter  terdapat beberapa faktor  yang  menjadi penilaian. Penilaian ini berdasarkan penilaian kinerja CSO, yakni  aktivitas internal .Demi  efisiensi dan efektifitas kerja maka pengambilan keputusan  yang  tepat sangat diperlukan. Dengan tujuan untuk membangun dan memeberikan alternative sebuah sistem penunjang keputusan  yang  mempunyai kemampuanan alias pemilihan CSO terbaik dengan menggunakan metode  Analitycal Hierarchy Process  (AHP), dimana masing-masing kriteria dalam hal ini dibandingkan satu dengan  yang  lain  sehingga memberikan hasil nilai CSO  untuk memberikan penilaian  sesuai  kinerjanya untuk menjadi yang terbaik. Sistem penunjang keputusan  ini membantu dan  memberikan  alternative  dalam melakukan penilaian terhadap setiap setiap CSO.  Hal  ini berguna untuk memudahkan  pengambilan  keputusan  yang  terkait dengan masalah pemilihan   dari tiap tiap CSO sehingga akan didapatkan  CSO  yang layak diberi penghargaan terbaik.


 


Kata Kunci: Sistem Penunjang AHP, Pemilihan Customer Service Office Terbaik


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


ABSTRACT


 


Dodi Atmanegara (11161583), Decision Support System Selection of Best Customer Service Office Bank BCA Sunter Branch Using AHP


 


In determining the best CSO in Bank BCA Sunter Branch there are several factors that become the assessment. This assessment is based on CSO performance appraisal, that is internal activity. Due to the efficiency and effectiveness of work hence the right decision is needed. With the objective to build and provide alternative of decision support system which have the best alias of CSO capability by using Analitycal Hierarchy Process (AHP) method, where each criterion in this case is compared to one another so as to give result of CSO value to give appropriate assessment Its performance to be the best. This decision support system assists and provides an alternative in assessing each of the CSOs. This is useful to facilitate decision-making related to the selection issues of each CSO so that the appropriate CSOs will be awarded the best rewards.


 


Keyword: Decision AHP Support System, Best Customer Service Office Selection


 


Unduhan

 

REFERENSI


DAFTAR PUSTAKA


 


Kusrini,2007. Konsep dan Aplikasi Sistem Pengambil Keputusan. Yogyakarta : Andi.


 


Muhammad, Abulwafa. 2010. Pemilihan Karyawan Berprestasi Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) (Studi Kasus PT. United Tractors Tbk Cabang. Padang). Jural Tekhnologi Informasi & Pendidikan, Vol.1, No.2, Maret 2010.


 


Rivai, Veithzal & Sagala, E.J. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk perusahaan. Jakarta : PT. Rajagravindo Persada.


 


Sutrisno, Edy. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Kencana Prenada     Media Group.


 


Tominanto, 2014. Rancang Bangun Sistem Pendukung KeputusanDengan Metode Analitical Hierarchy Process (AHP) (Studi Kasus Pada RSUD Dr.Moewardi). Duta.com ISSN:2086-9346 Volume 6 2 April 2014


 


Pernadi, dkk.2015. Implementasi Analitical Hierarchy Proces (AHP) untuk penilaian Kinerja Pada bagian Customer Service Representative (CSR) di PT. Bank Permata Tbk.  Jurnal Ilmiah Komputasi , Volume 14 nomor: 1, Juni 2015 ISSN: 1412-9434.