Jira merupakan perangkat lunak yang banyak digunakan oleh tim pengembang untuk mengelola proyek perangkat lunak. Namun, tingkat kepuasan pengguna terhadap fungsionalitas dan performa Jira masih menjadi pertanyaan. Maka dari itu dibutuhkan suatu pendekatan yang dapat mengukur sejauh mana pengguna merasa puas dalam menggunakan jira sebagai tools utama dalam manajemen proyek. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk menilai kepuasan pengguna suatu sistem informasi adalah metode End-User Computing Satisfaction (EUCS).Pada penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pengguna terhadap Jira sebagai tools project management menggunakan metode End-User Computing Satisfaction (EUCS). Metode EUCS digunakan untuk mengukur kepuasan pengguna dari lima dimensi utama: konten, akurasi, format, kemudahan penggunaan (ease of use), dan ketepatan waktu (timeliness). Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada sejumlah responden yang merupakan pengguna aktif Jira.
Full Tugas Akhir
[1] H. ’Dimyati dan K. ’Nurjaman, Manajemen proyek, 1 ed. Bandung: PUSTAKA SETIA, 2014.
[2] Y. Makhija, A. Goyal, dan M. T. Student, “Comparative Study of Project Tracking and Management Tools.” [Daring]. Tersedia pada: www.ijcsit.com
[3] D. Özkan dan A. Mishra, “Agile Project Management Tools: A Brief Comprative View,” Cybernetics and Information Technologies, vol. 19, no. 4, hlm. 17–25, Nov 2019, doi: 10.2478/cait-2019-0033.
[4] D. Andikiawan dan A. H. Mujianto, “PENGUKURAN KEPUASAN PENGGUNA SISTEM SAKIP DI BOJONEGORO BERDASARKAN METODE EUCS,” Integrative Perspectives of Social and Science Journal, vol. 2, no. 3, hlm. 4086, 2025.
[5] Paharudin, M. Nadir, dan A. I. Anshari, Manajemen Proyek, Pertama. Solok, Sumatera Barat: PT Mafy Media Literasi Indonesia, 2024.
[6] N. Sitanggang, J. Simamarta, dan P. Luthan, Pengantar Konsep Manajemen Proyek untuk Teknik. Yayasan Kita Menulis, 2019.
[7] A. Wibowo, MANAJEMEN PROYEK JIRA. Semarang. Yayasan Prima Agus Teknik Bekerja sama dengan Universitas Sains & Teknologi Komputer (Universitas STEKOM). 2023
[8] R. Saputra dan M. R. Sanjaya, “KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akademik Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction,” Media Online), vol. 4, no. 2, hlm. 792–802, 2023, doi: 10.30865/klik.v4i2.1218.
[9] A. Muin, METODE PENELITIAN KUANTITATIF. Lowokwaru, Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi, 2023.
[10] Mahesa Pandu, “ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI SKILL ACADEMY MENGGUNAKAN METODE END-USER COMPUTING SATISFCTION (EUCS),” 2023. [Daring]. Tersedia pada : https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/73277/1/PANDU%20MAHESA-FST.pdf
[11] T. Yusuf, R. Ar-Rasyid, B. T. Hanggara, dan A. Rachmadi, “Evaluasi Kepuasan Pengguna Pada Website Beasiswa Universitas Brawijaya Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction (EUCS),” 2021. [Daring]. Tersedia pada: http://j-ptiik.ub.ac.id
[12] L. Darwati, “ANALISIS PENGUKURAN TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI OVO MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS),” 2022. [Daring]. Tersedia pada: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/just-it/index
[13] Kumara. Agus Ria, “METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF, ” Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan, 2018 [Daring]. Tersedia pada : https://eprints.uad.ac.id/41924/.
[14] T. Karista Kafka dan M. Badrul, “Analisa Usability Pada Aplikasi Human Resource Hira Menggunakan Metode System Usability Scale dan Use Questionnaire.”
[15] A. S. Damayanti, Y. T. Mursityo, dan A. D. Herlambang, “Evaluasi Kepuasan Pengguna Aplikasi Tapp Market Menggunakan Metode EUCS (End User Computing Satisfaction),” 2018. [Daring]. Tersedia pada: http://j-ptiik.ub.ac.id