ANALISIS POLA PENJUALAN PADA COFFEE SHOP MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI (STUDI KASUS: KOPISLASHTEA)

research
  • 29 Nov
  • 2024

ANALISIS POLA PENJUALAN PADA COFFEE SHOP MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI (STUDI KASUS: KOPISLASHTEA)

ABSTRAK

Rahmad Junianto (12220259), "Analisis Pola Penjualan pada Coffee Shop Menggunakan Algoritma Apriori (Studi Kasus: Kopislashtea)”.

Kopislashtea merupakan pengembangan unit usaha dari PT. Abuba yang bergerak dalam bidang food and baverage. Menjamurnya pertumbuhan usaha coffeshop sangat ketat dituntut untuk meningkatkan inovasi dalam produk dan strategi penjualan.
Salah satu tantangan utama adalah kurangnya pemahaman tentang preferensi produk untuk pelanggan, kesulitan untuk membuat menu paket, dan kurangnya untuk membuat strategi untuk menyusun promo. Ini mengakibatkan dalam mengelola stok secara efisien karena tidak adanya data yang mendetail tentang pola pembelian konsumen. Dalam rangka mengatasi masalah tersebut, penelitian ini memfokuskan pada analisis data penjualan selama satu bulan menggunakan metode atau teknik tertentu. Metode yang diusulkan untuk mengubah tumpukan data besar menjadi informasi berharga adalah menggunakan Algoritma Apriori dalam proses asosiasi. Algoritma Apriori akan membantu menciptakan aturan asosiasi yang kuat antar rangkaian produk penjualan, memungkinkan pembuatan rekomendasi menu bundling, serta dapat mengatur stok lebih efisien. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan mengeksplorasi strategi pemasaran yang efektif dalam menarik konsumen. Dengan
diketahuinya pada setiap k-item, support dan confidence maka dapat menyusun perencanaan strategi dalam memberikan prefensi produk kepada konsumen. Pengadaan persediaan produk yang efektif dan efisien. Rekomendasi yang dihasilkan dari penelitian ini dapat digunakan untuk mendukung pengambilan keputusan bisnis perusahaan dalam meningkatkan penjualan di masa yang akan datang.

Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA


[1] R. A. Gumilar, A. Sudiarjo, and ..., “PENERAPAN ALGORITMA APRIORI PADA TRANSAKSI UNTUK MENCARI POLA PENJUALAN (Studi Kasus: Warung US Baso Steak Coffee),” Kohesi J. Sains …, vol. 01, no. 07, pp. 11– 22, 2023.

[2] V. C. Nisa and F. N. Khasanah, “Algoritma Apriori Dalam Identifikasi Pola Pembelian Konsumen Pada Produk Minuman,” INFORMAL Informatics J., vol. 8, no. 2, p. 156, 2023.

[3] A. Juliano, Rasim, and Sugiyatno, “Algoritma Apriori Untuk Pola Penjualan Pada Kedai Kopi Studi Kasus: Kedai Kopioko,” J. Students‘ Res. Comput. Sci., vol. 3, no. 1, pp. 29–38, 2022.

[4] N. N. Merliani, N. I. Khoerida, N. T. Widiawati, L. A. Triana, and P. Subarkah, “Penerapan Algoritma Apriori Pada Transaksi Penjualan Untuk Rekomendasi Menu Makanan Dan Minuman,” J. Nas. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 8, no. 1, pp. 9–16, 2022.

[5] A. O. Fadilah, B. Huda, A. Hananto, and Tukino, “Strategi Promosi untuk
Meningkatkan Penjualan Kedai Kopi Desimal Menggunakan Algoritma KMedoids Clustering,” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 10, no. 1, pp. 2407–389, 2023.

[6] P. T. Arma, A. Abadi, and C. Sei, “248-486-1-Pb,” vol. 4, no. 1, 2020.

[7] E. Devia, “Aplikasi Sistem Penjualan Menggunakan Teknik Data Mining Dengan Market Basket Analysis Dan Algoritma Apriori (Studi Kasus Pada : Jetlag Coffee),” J. Tek. Inform. dan Teknol. Inf., vol. 1, no. 2, pp. 28–40, 2021.

[8] D. M. Sinaga, W. H. Sirait, and A. P. Windarto, “Analisis Algoritma Apriori Dalam Menentukan Pola Pemesanan Konsumen Pada Ucokopi,” J. Informatics Manag. Inf. Technol., vol. 1, no. 2, pp. 68–73, 2021.

[9] R. Kurniawan and R. Yusuf, “Penerapan Metode Asosiasi Dengan Algoritma Apriori Untuk Mendukung Strategi Promosi,” EDUSAINTEK J. Pendidikan, Sains dan Teknol., vol. 10, no. 2, pp. 514–528, 2023.

[10] J. R. Gumilang, “Implementasi Algoritma Apriori Untuk Analisis Penjualan Konter Berbasis Web,” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 1, no. 2, pp. 226–233, 2021.

[11] P. Sianturi, Marsono, and R. Mahyuni, “Analisis Data Mining Menggunakan Algoritma K-Means dalam Mengklasterkan Menu Makan Potensial di Cafe Minum Kopi,” J. CyberTech, vol. 3, no. 8, pp. 1412–1419, 2020.

[12] M. Syahril, K. Erwansyah, and M. Yetri, “Penerapan Data Mining Untuk Menentukan Pola Penjualan Peralatan Sekolah Pada Brand Wigglo Dengan Menggunakan Algoritma Apriori,” J-SISKO TECH (Jurnal Teknol. Sist. Inf. dan Sist. Komput. TGD), vol. 3, no. 1, p. 118, 2020.

[13] R. A. Saputra, S. Wasiyanti, and R. Nugraha, “Penerapan Algoritma Apriori Untuk Analisa Pola Penempatan Barang Berdasarkan Data Transaksi Penjualan,” Swabumi, vol. 8, no. 2, pp. 160–170, 2020.

[14] M. Fathurrahman, A. R. Pratama, and T. Al-Mudzakir, “Perbandingan Algoritma Apriori Dan Fp Growth Terhadap Market Basket Analysis Pada Data Penjualan Bakery,” Kesatria J. Penerapan Sist. Inf. (Komputer dan Manajemen), vol. 4, no. 2, pp. 266–274, 2023.

[15] Z. Abidin, A. K. Amartya, and A. Nurdin, “PENERAPAN ALGORITMA APRIORI PADA PENJUALAN SUKU CADANG KENDARAAN RODA DUA (Studi Kasus: Toko Prima Motor Sidomulyo),” J. Teknoinfo, vol. 16, no. 2, p. 225, 2022.

[16] R. P. P. Rizky Sena Yudha1, Karina Auliasari2, “Penjualan Produk Bangunan,” J. Mhs. Tek. Inform., vol. 4, no. 1, pp. 154–161, 2020.

[17] G. Triyandana, L. A. Putri, and Y. Umaidah, “Penerapan Data Mining Pengelompokan Menu Makanan dan Minuman Berdasarkan Tingkat Penjualan Menggunakan Metode K-Means,” J. Appl. Informatics Comput., vol. 6, no. 1, pp. 40–46, 2022.