Analisis Usability dan Metode Design Thinking sebagai Rekomendasi Perbaikan UI/UX pada Aplikasi Shopeefood

research
  • 04 Aug
  • 2025

Analisis Usability dan Metode Design Thinking sebagai Rekomendasi Perbaikan UI/UX pada Aplikasi Shopeefood

Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengelolaan layanan berbasis digital telah menjadi kebutuhan utama bagi berbagai organisasi dan perusahaan. Salah satu sektor yang berkembang pesat dalam pemanfaatan teknologi adalah layanan pemesanan makanan berbasis aplikasi mobile. ShopeeFood, sebagai salah satu platform pemesanan makanan yang populer di Indonesia, memberikan kemudahan bagi pengguna untuk memilih dan memesan makanan dari berbagai restoran hanya melalui smartphone mereka. Tantangan tersebut meliputi antarmuka yang kurang intuitif, pengalaman pengguna yang kurang optimal, dan ketidak jelasan informasi, yang berpotensi mempengaruhi tingkat kepuasan pengguna, Penelitian ini juga mencoba membangun keterhubungan antara Usability (Learnability, Efficiency, Memorability, Errors, Satisfaction) konstruk X1 dan  Metode Design Thinking (Emphatize, Define, Ideate, Prototype, Test) konstruk X2 secara simultan sebagai variable independen serta UI/UX (Strategi, Cakupan, Struktur, Kerangka, Permukaan) konstruk Y sebagai variabel dependen. Menggunakan pendekatan kuantitatif, penyebaran kuesioner secara online dengan 15 pernyataan diperoleh 100 data  dan dianalisis menggunakan SmartPLS meliputi  Uji Patch Coefisient, Uji Validitas, Uji Reliabilitas dan Inner Model. Hasilnya menyatakan bahwa variable independen konstruk Usability (X1) dan Design Thinking (X2) secara bersama sama berpengaruh yang kuat terhadap vaeriabel dependen konstruk UI/UX (Y), artinya faktor variabel Usability dan faktor Design Thinking sangat direkomendasikan dalam membuat rancangan design interface pada aplikasi shopee food dengan menggunakan UI/UX.

Kata Kunci: Usability, Design Thinking, UI/UX, Shopeefood

REFERENSI

[1]       I. Engineering et al., “Perancangan Ui / Ux Aplikasi Ogan Lopian Diskominfo,” vol. 7, no. 1, pp. 55–70, 2023.

[2]       N. I. Assaufa and M. Arifin, “Perancangan UI/UX Aplikasi ‘BISA’ Dengan Pendekatan Design Thinking,” J. Ilm. IT CIDA, vol. 9, no. 2, p. 50, 2023, doi: 10.55635/jic.v9i2.174.

[3]       D. Haryuda, M. Asfi, and R. Fahrudin, “Perancangan UI/UX Menggunakan Metode Design Thinking Berbasis Web Pada Laportea Company,” J. Ilm. Teknol. Infomasi Terap., vol. 8, no. 1, pp. 111–117, 2021, doi: 10.33197/jitter.vol8.iss1.2021.730.

[4]       Septiani, et.al. Analisis Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Universitas Abdurrab Terhadap Pengguna Menggunakan Kepuasan Metode Sevqual”. Jurnal Teknologi dan Open Source. Vol.3. No. 1 (Juni 2020)

[5]       P. R. Fhonna and A. Marzuki, “Sistem Informasi Absensi Pegawai Pada Biro Kominfo KantorBupati Kabupaten Aceh Utara Berbasis Web,” J. Ilmu Komput. dan Sist. Inf., vol. 3, no. 3, pp. 333–340, 2021.

[6]       Pudyastawa Aji, H., & Rochmach DPA, N. (2020). Analisis Perbandingan Website Digilib dengan Metode Penghitungan Usability Menggunakan Kuesioner SUS 63.

[7]       Nielsen, J. (2020). Usability engineering. Morgan Kaufmann.

[8]       Agus M.Hardjana, 2016. Ilmu Komunikasi.Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

[9]       A. Voutama and E. Novalia, “Perancangan Aplikasi M-Magazine Berbasis Android Sebagai Sarana Mading Sekolah Menengah Atas,” J. Tekno Kompak, vol. 15, no. 1, p. 104, 2021, doi: 10.33365/jtk.v15i1.920.

[10]     Y. Z. Surentu, D. M. D. Warouw, and M. Rembang, “Pentingnya Website Sebagai Media Informasi Destinasi Wisata Di Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Minahasa,” Acta Diurna Komun., vol. 2, no. 4, pp. 1–17, 2020, [Online].Available: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/3111 7/29843

[11]     M. A. Muhyidin, M. A. Sulhan, and A. Sevtiana, “Perancangan Ui/Ux Aplikasi My Cic Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Figma,” J. Digit, vol. 10, no. 2, p. 208, 2020, doi: 10.51920/jd.v10i2.171.

[12]     R. M. Sari, I. M. Nugroho, and M. H. T, “Perancangan UI / UX Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Usia Sekolah Dasar Dengan Metode Design Thinking,” Inf. Manag. Educ. Prof., vol. 6, no. 2, pp. 121–130, 2022.

[13]     N. Hakam, “Perancangan UI/UX Aplikasi Amaze Layanan Online Travel Agent Menggunakan Aplikasi Figma,” INTEGER J. Inf. Technol., vol. 7, no. 2, pp. 87–92, 2022, doi: 10.31284/j.integer.2022.v7i2.3279

[14]     A. Rayhaan Yusri, I. Faqihuddin Hanif, M. Daffa Al-farel, N. Zaandami, and M. Yasin, “Perancangan Desain UI/UX Berbasis Scan Barcode Dengan Metode Design Thinking Untuk Pemesanan Makanan,” Bull. Inf. Technol., vol. 5, no. 2, pp. 102–113, 2024, doi: 10.47065/bit.v5i2.1340.

[15]     Https://kbbi.web.id/rekomendasi

[16]     Idem.

[17]     I. Vania and R. Simbolon, “Pengaruh Promo ShopeeFood Terhadap Minat Beli Pengguna Shopee (Di Daerah Tangerang Selatan),” J. Ekon., pp. 46–58,2021, [Online].Available: https://jurnal.unai.edu/index.php/jeko/article/view/2593%0Ahttps://jurnal.unai.edu/index.php/jeko/article/download/2593/1957

[18]     K. Kunci, “Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Laporan Posisi Keuangan Pada UMKM Berbasis WEB (Studi Kasus UMKM Home Catering),” J. Ilm. Komputasi, vol. 19, no. 3, pp. 383–390, 2020, doi: 10.32409/jikstik.19.3.65.

[19]     Indrati, A., & Saputra, B. (2023). Analisis Usability Layanan Bca Mobile Banking Berdasarkan Persepsi Pengguna Menggunakan Heuristic Evaluation. Jurnal Ilmiah Teknik, 2(1), 35-42.

[20]     Garett, Jesse James. 2011. The Elements of User Experience: User-Centered Design for the Web and Beyond Second Edition. Second. United States of America: New Riders.

[21]     Hendrayudi. (2009). VB 2008 untuk Berbagai Keperluan Pemgrograman. Jakarta : PT. Elek Media Komputindo.

[22]     Salamah, I. . Evaluasi Usability Website Polsri Dengan Menggunakan System Usability Scale (Vol. 8). www.polsri.ac.id.2019

[23]     A. Syukron et al., “Design Thinking: Metode Perancangan Aplikasi Bapeling Dalam Penanganan Sampah Berbasis Sumber Provinsi Bali,” Softw. Dev. Digit. Bus. Intell. Comput. Eng., vol. 1, no. 02, pp. 41–48, 2023, doi: 10.57203/session.v1i02.2023.41-48.

[24]     A. Nuraini and A. A. Rachmawati, “Perancangan User Interface Aplikasi M Parkir Universitas Widyatama Menggunakan Metode Design Thinking,” JUSTINFO | J. Sist. Inf. dan Teknol. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 21–33, 2023, doi: 10.33197/justinfo.vol1.iss1.2023.1249.

[25]     A. Rizky Rabbani, “Penerapan Design Thinking Terhadap Usaha Baju Di Toko Setal Pangkalpinang Dengan Menggunakan Website Sebagai Salah Satu Solusi,” Rainstek J. Terap. Sains dan Teknol., vol. 3, no. 3, pp. 167–175, 2021, doi: 10.21067/jtst.v3i3.6046.

[26]     M. S. Hadafi and B. A. Herlambang, “Pengembangan UI/UX Design Studi Kasus Aplikasi Campaign Menggunakan Metode Design Thinking,” Sci. Eng. Natl. Semin., vol. 6, no. Science and Engineering National Seminar 6 6, pp. 297–307, 2021,[Online].Available: http://conference.upgris.ac.id/index.php/sens/article/view/2373

[27]     C. Mandang, D. Wuisan, and J. Mandagi, “Penerapan Metode RAD dalam Merancang Aplikasi Web Proyek PLN UIP Sulbagut,” Jointer - J. Informatics Eng., vol. 1, no. 02, pp. 49–53, 2020, doi: 10.53682/jointer.v1i02.18.

[28]     K. Nistrina and L. Sahidah, “Unified Modelling Language (Uml) Untuk Perancangan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Di Smk Marga Insan Kamil,” J. Sist. Informasi, J-SIKA, vol. 4, no. 1, p. 17, 2022.

[29]     E. Elis and A. Voutama, “Pemanfaatan Uml (Unified Modeling Language) Dalam Perencanaan Sistem Penyewaan Baju Adat Berbasis Website,” I N F O R M a T I K a, vol. 14, no. 2, p. 26, 2023, doi: 10.36723/juri.v14i2.445.

[30]     R. Hafsari, E. Aribe, and N. Maulana, “Perancangan Sistem Informasi Manajemen Inventori Dan Penjualan Pada Perusahaan Pt.Inhutani V,” PROSISKO J. Pengemb. Ris. dan Obs. Sist. Komput., vol. 10, no. 2, pp. 109– 116, 2023, doi: 10.30656/prosisko.v10i2.7001.

[31]     A. H. Suasapha, “Skala Likert Untuk Penelitian Pariwisata; Beberapa Catatan Untuk Menyusunnya Dengan Baik,” J. Kepariwisataan, vol. 19, no. 1, pp. 26– 37, 2020, doi: 10.52352/jpar.v19i1.407.

[32]     R. Ayu Pangestuti, R. Permatasari, and S. Fitri Ana Wati, “Perancangan Ui/Ux Design Aplikasi Coffee Care Dengan Metode Design Thinking Berbasis Mobile App Pada Café Proof.Co,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 8, no. 3, pp. 3269–3278, 2024, doi: 10.36040/jati.v8i3.9674.

[33]     D. S. Bila and D. R. Indah, “Perancangan Ulang UI-UX Desain Website BKKBN Provinsi Sumatera Selatan dengan Metode Design Thinking,” KLIK Kaji. Ilm. Inform. dan Komput., vol. 3, no. 6, pp. 746–753, 2023, doi: 10.30865/klik.v3i6.870.

[34]     D. Ariska and S. Nurlela, “Analisis Dan Perancangan UI/UX Aplikasi Lazada Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Infortech, vol. 4, no. 2, pp. 86–91, 2022.

[35]     F. Handayani and N. Nurajijah, “Analisis Desain User Interface dan User Experience Aplikasi Spidol Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Infortech, vol. 6, no. 1, pp. 37–45, 2024, doi: 10.31294/infortech.v6i1.21876.

[36]     N. Yunita, L. N. Aini, and S. Marlina, “Analisa Usability User Interface Dan User Experience Aplikasi Simrs Khanza Pada Rsia Ibnu Sina Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Digit, vol. 14, no. 1, p. 41, 2024, doi: 10.51920/jd.v14i1.369.

[37]     S. Imam Wahjono, “Struktur Organisasi Di Shopee,” ResearchGate, no. June, 2022,[Online].Available:https://www.researchgate.net/publica tion/36149912869

[38]     N. V. A. A. S. I. Wahjono, “Budaya organisasi di shopee,” no. March, 2024.

[39]     M. Ikhbal and H. A. Musril, “Perancangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Android,” Inf. Manag. Educ. Prof. J. Inf. Manag., vol. 5, no. 1, p. 15, 2020, doi: 10.51211/imbi.v5i1.1411.