ANALISIS PENGALAMAN PENGGUNA MELALUI USER EXPERIENCE QUESTIONER (UEQ) TERHADAP WEBSITE SISTEM ANTRIAN DI DUKCAPIL KABUPATEN TANGERANG

research
  • 03 Aug
  • 2025

ANALISIS PENGALAMAN PENGGUNA MELALUI USER EXPERIENCE QUESTIONER (UEQ) TERHADAP WEBSITE SISTEM ANTRIAN DI DUKCAPIL KABUPATEN TANGERANG

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat telah mendorong berbagai sektor, termasuk pemerintahan, untuk mengadopsi teknologi guna meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Tangerang telah mengimplementasikan sistem informasi dalam pelayanannya, termasuk layanan antrian online, sebagai upaya untuk memberikan kemudahan akses kepada masyarakat. Namun, dalam pelaksanaannya, sistem antrian tersebut masih menghadapi berbagai kendala yang berdampak pada tingkat kepuasan masyarakat. Kualitas layanan sistem informasi memiliki pengaruh besar terhadap persepsi dan kepercayaan publik terhadap instansi pemerintah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pengalaman pengguna (user experience) terhadap website sistem antrian di Dukcapil Kabupaten Tangerang menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ). Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi untuk peningkatan kualitas sistem informasi, guna menunjang pelayanan publik yang lebih efektif dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

Kata kunci: Sistem Antrian, Dinas Kependudukan, Pemerintahan, User Experience, Kepuasan Pengguna.

REFERENSI

Auliazmi, Rizki, Ganal Rudiyanto, and R. Drajatno Widi Utomo. 2021. “Kajian Estetika Visual Interface Dan User Experience Pada Aplikasi Ruangguru Aesthetic Studies of Visual Interface and User Experience of the Ruangguru Application.” Jurnal Seni Dan Reka Rancang: Jurnal Ilmiah Magister Desain 4(1):21–36. doi: 10.25105/jsrr.v4i1.9968.

Cahyono, Damar Eko, and Anisa Jayanti. 2022. “Implementasi Aplikasi Kasir Berbasis Web Pada Toko Ghafya Fruits Shop.” Jurnal Ekonomi Dan Teknik Informatika 10(1):32–40.

Diana Khuntari. 2022. “Analisis Pengalaman Pengguna Aplikasi Gojek DDiana Khuntari. (2022). Analisis Pengalaman Pengguna Aplikasi Gojek Dan Grab Dengan Pendekatan User Experience Questionnaire. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 8(April), 275–286.an Grab Dengan Pen.” Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi 8(April):275–86.

Faizin, Imam. 2021. “Evaluasi Program Tahfidzul Qur’an Dengan Model CIPP.” Jurnal Al-Miskawaih: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2(2):99–118.

Firmansyah, Deri, and Dede. 2022. “Teknik Pengambilan Sampel Umum Dalam Metodologi Penelitian: Literature Review.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH) 1(2):85–114. doi: 10.55927/jiph.v1i2.937.

Gross dan Haris, (2016), Fundamentals of Queueing Theory, John Willey and Sons, Hoboken.

Hendra, Hendra, Yulia Wahyuningsih, and Fernandi Mahendrasusila. 2024. “Rancang Bangun Sistem Proses Transaksi Perusahaan Berbasis Website Dengan Metode Agile Development.” PROSISKO: Jurnal Pengembangan Riset Dan Observasi Sistem Komputer 11(1):10–19. doi: 10.30656/prosisko.v11i1.7809.

Iqbal, (2018), Metode Penerapan Analisis Sistem Antrean, Salemba Empat, Jakarta.

Jayana, M. A. P., and D. Priharsari. 2022. “Analisis Pengalaman Pengguna Pada Situs Distribusi Digital Menggunakan Metode Usability Testing Dan User Experience Questionnaire (Studi Pada Store Store.Steampowered.Com Dan Gog.Com).” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer 6(2):527–36.

Kadek Risma Juniantari, Ni, and I. Nyoman Tri Anindia Putra. 2021. “Analisis Sistem Informasi Dpmptsp Menggunakan Metode User Experience Questionnaire.” JIKO (Jurnal Informatika Dan Komputer) 4(1):31–37. doi: 10.33387/jiko.v4i1.2379.

Maidiana, Maidiana. 2021. “Penelitian Survey.” ALACRITY : Journal of Education 1(2):20–29. doi: 10.52121/alacrity.v1i2.23.

Maulana, Muhamad Riyan, Moh Rizky Putra Aji Utama, and Dian Nurdiana. 2023. “Uji Usability Dan User Experience Website Sistem Informasi Akademik Universitas Terbuka (SIA UT) Berdasarkan Perspektif Mahasiswa Menggunakan Metode USE Questionnaire Dan Cognitive Walkthrough.” Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Aplikasi 6(4):713–29. doi: 10.32493/jtsi.v6i3.34189.

Mayasari, Mayasari. 2021. “Laporan Dan Evaluasi Penelitian.” ALACRITY : Journal of Education 1(2):30–38. doi: 10.52121/alacrity.v1i2.24.

Novalinda, Rina, Ambiyar Ambiyar, and Fahmi Rizal. 2020. “Pendekatan Evaluasi Program Tyler: Goal-Oriented.” Edukasi: Jurnal Pendidikan 18(1):137. doi: 10.31571/edukasi.v18i1.1644.

Patmawati dan Rahmayani. 2021. “Bina Generasi Jurnal Kesehatan | 1.” Determinan Pernikahan Usia Muda Di Kabupaten Polewali Mandar 1(1):1–13.

Permana, Faiz Elyuan, Herman Tolle, and Retno Indah Rokhmawati. 2020. “Perancangan User Experience Sistem Informasi Manajemen Magang Pada Jurusan Sistem Informasi Menggunakan Pendekatan Human-Centered Design (HCD).” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer 4(9):2858–67.

Santoso, Iman. 2020. “Jurnal Teknologi Pelita Bangsa Iman Santoso Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik.” 12(1).

Surahman, Maman, Nur Widiyasono, and Rohmat Gunawan. 2021. “Analisis Usability Dan User Experience Aplikasi Konsultasi Kesehatan Online Menggunakan System Usability Scale Dan User Experience Questionnaire.” Jurnal Siliwangi 7(1):1–8.

Susanti, Rini. 2019. “Sampling Dalam Penelitian Pendidikan.” Jurnal Teknodik (16):187–208. doi: 10.32550/teknodik.v0i0.543.

Susanto, Primadi Candra, Dewi Ulfah Arini, Lily Yuntina, Josua Panatap Soehaditama, and Nuraeni. 2024. “Konsep Penelitian Kuantitatif: Populasi, Sampel, Dan Analisis Data (Sebuah Tinjauan Pustaka).” Jurnal Ilmu Multi Disiplin 3(1):1–12.

Sidik, Abdurrahman. "Teori, Strategi, dan Evaluasi Merancang Website dalam Perspektif Desain." (2019).

Sumargo, B. (2020). Teknik sampling. Unj press.

Dana P. Turner MSPH, P. (2020). Sampling Methods in Research Design. Headache: The Journal of Head and Face Pain, 8-12.

Dr. Prof. Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Studi Kasus (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, & Kombinasi (M. P. Dr. Rina Fadilah, Ed.; CV

ALFABETA, Vol. 1). CV ALFABETA.

Thomas, (2016), Dasar Teori Antrean untuk Kehidupan Nyata, Andi, Yogyakarta.

Wijaya, I. Nyoman Saputra Wahyu, Putu Praba Santika, Ida Bagus Ary Indra Iswara, and I. Nyoman Alit Arsana. 2021. “Analisis Dan Evaluasi Pengalaman Pengguna PaTik Bali Dengan Metode User Experience Questionnaire (UEQ).” Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer 8(2):217–26. doi: 10.25126/jtiik.2020762763.