Perancangan UI/UX Aplikasi Inventaris Pada SMK Ma’arif NU Bobotsari Menggunakan Metode Design Thinking.

research
  • 30 Jan
  • 2024

Perancangan UI/UX Aplikasi Inventaris Pada SMK Ma’arif NU Bobotsari Menggunakan Metode Design Thinking.

Aulia Alfi Ma’ruf (11213296), Perancangan UI/UX Aplikasi Inventaris Pada SMK Ma’arif NU Bobotsari Menggunakan Metode Design Thinking.

Era yang serba digital sekarang ini membuat penggunaan teknologi komputer sangat membantu pekerjaan manusia dalam penyelesaian masalah untuk segala bidang. Seiring perkembangannya, dalam pengelolaan alat inventaris di SMK Ma’arif NU Bobotsari saat ini masih menggunakan sistem manual dan belum terkomputerisasi, yang menyebabkan data tidak tersusun rapi dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengelola transaksi peminjaman dan pengembalian alat inventaris SMK Ma’arif NU Bobotsari. Sehingga dibutuhkan alternatif untuk mengatasi kendala yang ada, serta mengurangi resiko yang terjadi dengan membuat sebuah aplikasi inventaris. Penulis dalam membuat rancangan desain aplikasi ini menggunakan metode design thinking dimana tahapannya dimulai dari tahap empathize sampai pada tahap testing. Perancangan desain aplikasi ini merupakan salah satu alternatif solusi untuk pemecahan masalah yang ada pada proses pengelolaan alat inventaris di SMK Ma’arif NU Bobotsari, dimana pada penelitian ini dilakukan perhitungan menggunakan metode System Usability Scale (SUS) dan mendapatkan skor 85,4 dengan acceptability pada kategori acceptable, grade scale B dan adjective ratings Excellent sehingga nantinya akan merubah proses pengolahan data menjadi terkomputerisasi dan menjadi lebih cepat serta lebih efektif dan efisien.

Kata Kunci : Perancangan UI/UX, Aplikasi Inventaris, Metode Design Thinking

Unduhan

  • 76. 11213296.pdf

    Aulia Alfi Ma’ruf 11213296

    •   diunduh 255x | Ukuran 1,002 KB

 

REFERENSI

[1] N. Oktaviani and I. Made Widiarta, “Sistem Informasi Inventaris Barang Berbasis Web Pada Smp Negeri 1 Buer,” J. JINTEKS, vol. 1, no. 2, pp. 160– 168, 2019.

[2] M. F. Adiwisastra, “Aplikasi Pengelolaan Inventaris Barang Berbasis Web Pada Pondok Pesantren Darul Muta’allimin Kota Tasikmalaya,” Infotek J. Inform. dan Teknol., vol. 5, no. 2, pp. 230–239, 2022, doi: 10.29408/jit.v5i2.5734.

[3] F. Handayani, R. I. Rokhmawati, and D. Priharsari, “Perancangan Interaksi dan Antarmuka Pengguna Sistem Informasi Inventaris Aset pada Divisi IT Quality Assurance PT . Telekomunikasi Selular,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 6, no. 1, pp. 418–427, 2022.

[4] F. Fariyanto and F. Ulum, “Perancangan Aplikasi Pemilihan Kepala Desa Dengan Metode Ux Design Thinking (Studi Kasus: Kampung Kuripan),” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 52–60, 2021, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI.

[5] M. Adhitya, D. Pratama, Y. R. Ramadhan, and T. I. Hermanto, “Rancangan UI / UX Design Aplikasi Pembelajaran Bahasa Jepang Pada Sekolah Menengah Atas Menggunakan Metode Design Thinking,” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 9, no. 4, pp. 980–987, 2022, doi: 10.30865/jurikom.v9i4.4442.

[6] U. Rusmawan, Teknik Penulisan Tugas Akhir dan Skripsi Pemrograman. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2021.

[7] I. Ardiansah, A. Yohari, and D. M. Rahmah, Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Ketersediaam Pisang Lokal Berbasis Web. Bandung: CV. Cendekia Press, 2022.

[8] T. Sutabri, Konsep Sistem Informasi, vol. 3, no. 1. Yogyakarta: CV Andi Offset, 2012.

[9] A. Rozaq, Konsep Perancangan Sistem Informasi Bisnis Digital, no. 0511. Banjarmasin: Poliban Press, 2020.

[10] Y. Irdes Putra, M. Hakiki, A. Ridoh, Fauziah, R. Fadli, and Sundahry, Konsep Interaksi Manusia dan Komputer. Klaten: Lakeisha, 2022.

[11] H. Hilmawan and M. Yanu F., Interface User Experience, 1st ed. Yogyakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UPN Veteran Yogyakarta, 2020.

[12] B. Suryadi and S. Rahmawati, Otomatisasi dan Tata kelola Sarana dan Prasarana. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia, 2018.

[13] D. Alfrian Fajri and A. Luqman Aziz, Manajemen Strategis. Malang: UB Press, 2021.

[14] T. Wahyuningrum, Mengukur Usability Perangkat Lunak. Sleman: Deepublish, 2021.

[15] R. D. Cahyani and A. D. Indriyanti, “Penerapan Metode User Centered Design dalam Perancangan Ulang Desain Website MAN 1 Pasuruan,” JEISBI (Journal Emerg. Inf. Syst. Bus. Intell., vol. 03, no. 02, pp. 40–48, 2022.

[16] A. A. Ma’ruf and S. Nurlela, “Perancangan UI/UX Aplikasi Inventaris Pada SMK Ma’arif NU Bobotsari Menggunakan Metode Design Thinking.” 2023.

[17] D. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. 2013.

[18] A. Maniek, A. Triayudi, and A. Rubhasy, “Penerapan Metode Design Thinking Dalam Rancang Aplikasi Penanganan Laporan Pencurian Barang Berharga Di Polsek Sukmajaya,” JIPI (Jurnal Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform., vol. 6, no. 2, pp. 267–276, 2021, doi: 10.29100/jipi.v6i2.2026.