Analisa Ketertarikan dan Pengaruh Flash Sale Terhadap Keinginan Untuk Berbelanja Online Pada Pengguna E-Commerce

research
  • 10 Dec
  • 2021

Analisa Ketertarikan dan Pengaruh Flash Sale Terhadap Keinginan Untuk Berbelanja Online Pada Pengguna E-Commerce

Semakin berkembangnya e-commerce di Indonesia membuat minat untuk berbelanja online semakin meningkat. Banyak cara yang dilakukan e-commerce untuk membuat para pengguna e-commerce tertarik, salah satunya dengan menyediakan layanan flash sale. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa ketertarikan dan pengaruh flash sale terhadap keinginan untuk berbelanja online pada pengguna e-commerce di Universitas Nusa Mandiri dan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri. Dalam penelitian ini menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Metode ini menentukan nilai bobot pada setiap atribut dan dilanjutkan dengan proses perangkingan terhadap bobot nilai yang diambil dari kriteria – kriteria yang telah ditentukan. Sehingga akan mendapatkan alternatif dengan perhitungan yang cukup tepat untuk menentukan pengaruh flash sale terhadap ketertarikan dan keinginan untuk berbelanja online.Berdasarkan dari hasil perhitungan yang sudah dilakukan didapatkan nilai rata – rata sebesar 0,843 dari nilai minimal yang ditentukan sebesar 0,5. Sehingga dapat disimpulkan bahwa flash sale berpengaruh terhadap ketertarikan dan keinginan untuk berbelanja online

Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

 

[1]      N. C. Resti, “Penerapan Metode Simple Additive Weighting (SAW) pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Lokasi untuk Cabang Baru Toko Pakan UD. Indo Multi Fish,” Intensif, vol. 1, no. 2, p. 102, 2017, doi: 10.29407/intensif.v1i2.839.

[2]      A. P. Pratama and M. G. Yoedtadi, “Pengaruh Diskon 9.9 Super Shoping Day Shopee terhadap Minat Beli Pengguna Aplikasi Shopee,” Prologia, vol. 5, no. 1, p. 204, 2021, doi: 10.24912/pr.v5i1.10127.

[3]      D. Irmawati, “Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis – ISSN: 2085-1375 Edisi Ke-VI, November 2011,” J. Ilm. Orasi Bisnis, vol. 4, no. November, pp. 113–121, 2011.

[4]      E. Y. Anggraeni and Oktafianto, “Penerapan Metode Fuzzy Simple Additive Waighting ( Fsaw ) dalam Penentuan Perankingan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Pringsewu,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Multimed., pp. 31–36, 2017.

[5]      I. K. Dewi and A. Kusumawati, “Pengaruh Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Pelanggan Bisnis Online,” J. Adm. Bisnis, vol. 56, no. 1, pp. 155–163, 2018, [Online]. Available: administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id.

[6]      S. Devica, “Persepsi Konsumen Terhadap Flash Sale Belanja Online Dan Pengaruhnya Pada Keputusan Pembelian,” J. Bisnis Terap., vol. 4, no. 1, pp. 47–56, 2020, doi: 10.24123/jbt.v4i1.2276.

[7]      Th. Sutetyarsi, “ANALISIS PENGARUH STRATEGI DESAIN PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA SKUTER MATIK YAMAHA MEREK MIO FINO DI KOTA SEMARANG,” J. STIE Semarang, vol. 5, no. 1, p. 17, 2013.

[8]      Muhammad Fakhru, “PENGARUH PROMOSI DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI PERUMAHAN OBAMA PT. NAILAH ADI KURNIA SEI MENCIRIM MEDAN,” J. Manaj. Bisnis, vol. 14, no. 2, p. 9, 2014.

[9]      N. Bella, F. Shahnaz, J. Manajemen, F. Ekonomi, U. N. Semarang, and I. Artikel, “Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen di Toko Online,” Manag. Anal. J., vol. 5, no. 4, pp. 389–399, 2016, doi: 10.15294/maj.v5i4.5571.

[10]    T. Widianto, A. Octaviani, S. Tinggi, I. Ekonomi, A. Unggul, and B. Surakarta, “Online Shopping Attitude Analysis and Price on Consumer Shopping Decisions on Event Flash Sale Shopee Analisa Sikap Belanja Online Dan Harga Terhadap Keputusan Belanja Konsumen Pada Event Flash Sale Shopee,” Bisnis dan Pendidik., vol. 7, no. 1, pp. 37–46, 2020, [Online]. Available: https://e-journal.stie-aub.ac.id/index.php/excellent.

[11]    H. Sucipto, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Jurusan Sekolah Menengah Atas Dengan Metode SAW Decision Support System to Majoring High School Student Using SAW Method,” J. Ilm. SISFOTENIKA, vol. 6, no. 2, p. 147, 2016.

[12]    F. Frieyadie, “Penerapan Metode Simple Additive Weight (Saw) Dalam Sistem Pendukung Keputusan Promosi Kenaikan Jabatan,” J. Pilar Nusa Mandiri, vol. 12, no. 1, pp. 37–45, 2016, doi: 10.33480/pilar.v12i1.257.

[13]    A. Juliandi, Irfan, S. Manurung, and B. Satriawan, Mengolah Data Penelitian Bisnis. 2018.

[14]    M. Dr. Sandu Siyoto, SKM, M.Kes, M. Ali Sodik, Buku Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, no. March. 2015.

[15]    Z. A. Hasibuan, “Metodologi Penelitian Pada Bidang Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi,” Konsep, Tek. Dan Apl., no. Universitas Indonesia, p. 194, 2007.

[16]    Romindo et al., E-Commerce: Implementasi, Strategi & Inovasinya. Yayasan Kita Menulis, 2019.

[17]    Prof. Ma’ruf Abdullah, METODE PENELITIAN KUANTITATIF. Aswaja Pressindo, 2015.

[18]    T. Limbong et al., SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN Metode & Implementasi. Yayasan Kita Menulis, 2020.