Semakin berkembangnya e-commerce
di Indonesia membuat minat untuk berbelanja online semakin meningkat.
Banyak cara yang dilakukan e-commerce untuk membuat para pengguna e-commerce
tertarik, salah satunya dengan menyediakan layanan flash sale.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa ketertarikan dan pengaruh flash sale terhadap keinginan untuk berbelanja
online pada pengguna e-commerce di Universitas Nusa Mandiri dan Badan
Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri. Dalam penelitian ini
menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Metode ini
menentukan nilai bobot pada setiap atribut dan dilanjutkan dengan proses
perangkingan terhadap bobot nilai yang diambil dari kriteria – kriteria yang
telah ditentukan. Sehingga akan mendapatkan alternatif dengan perhitungan yang
cukup tepat untuk menentukan pengaruh flash sale terhadap ketertarikan
dan keinginan untuk berbelanja online.Berdasarkan dari hasil perhitungan
yang sudah dilakukan didapatkan nilai rata – rata sebesar 0,843 dari nilai
minimal yang ditentukan sebesar 0,5. Sehingga dapat disimpulkan bahwa flash
sale berpengaruh terhadap ketertarikan dan keinginan untuk berbelanja online.
DAFTAR PUSTAKA
[1] N. C.
Resti, “Penerapan Metode Simple Additive Weighting (SAW) pada Sistem Pendukung
Keputusan Pemilihan Lokasi untuk Cabang Baru Toko Pakan UD. Indo Multi Fish,” Intensif,
vol. 1, no. 2, p. 102, 2017, doi: 10.29407/intensif.v1i2.839.
[2] A. P. Pratama
and M. G. Yoedtadi, “Pengaruh Diskon 9.9 Super Shoping Day Shopee terhadap
Minat Beli Pengguna Aplikasi Shopee,” Prologia, vol. 5, no. 1, p. 204,
2021, doi: 10.24912/pr.v5i1.10127.
[3] D. Irmawati,
“Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis – ISSN: 2085-1375 Edisi Ke-VI, November 2011,” J.
Ilm. Orasi Bisnis, vol. 4, no. November, pp. 113–121, 2011.
[4] E. Y. Anggraeni
and Oktafianto, “Penerapan Metode Fuzzy Simple Additive Waighting ( Fsaw )
dalam Penentuan Perankingan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten
Pringsewu,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Multimed., pp. 31–36, 2017.
[5] I. K. Dewi and
A. Kusumawati, “Pengaruh Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan
Pelanggan Bisnis Online,” J. Adm. Bisnis, vol. 56, no. 1, pp. 155–163,
2018, [Online]. Available: administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id.
[6] S. Devica,
“Persepsi Konsumen Terhadap Flash Sale Belanja Online Dan Pengaruhnya Pada
Keputusan Pembelian,” J. Bisnis Terap., vol. 4, no. 1, pp. 47–56, 2020,
doi: 10.24123/jbt.v4i1.2276.
[7] Th. Sutetyarsi,
“ANALISIS PENGARUH STRATEGI DESAIN PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA
SKUTER MATIK YAMAHA MEREK MIO FINO DI KOTA SEMARANG,” J. STIE Semarang,
vol. 5, no. 1, p. 17, 2013.
[8] Muhammad
Fakhru, “PENGARUH PROMOSI DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI PERUMAHAN OBAMA PT.
NAILAH ADI KURNIA SEI MENCIRIM MEDAN,” J. Manaj. Bisnis, vol. 14, no. 2,
p. 9, 2014.
[9] N. Bella, F.
Shahnaz, J. Manajemen, F. Ekonomi, U. N. Semarang, and I. Artikel, “Faktor yang
Mempengaruhi Minat Beli Konsumen di Toko Online,” Manag. Anal. J., vol.
5, no. 4, pp. 389–399, 2016, doi: 10.15294/maj.v5i4.5571.
[10] T. Widianto, A.
Octaviani, S. Tinggi, I. Ekonomi, A. Unggul, and B. Surakarta, “Online Shopping
Attitude Analysis and Price on Consumer Shopping Decisions on Event Flash Sale
Shopee Analisa Sikap Belanja Online Dan Harga Terhadap Keputusan Belanja
Konsumen Pada Event Flash Sale Shopee,” Bisnis dan Pendidik., vol. 7,
no. 1, pp. 37–46, 2020, [Online]. Available: https://e-journal.stie-aub.ac.id/index.php/excellent.
[11] H. Sucipto,
“Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Jurusan Sekolah Menengah Atas Dengan
Metode SAW Decision Support System to Majoring High School Student Using SAW
Method,” J. Ilm. SISFOTENIKA, vol. 6, no. 2, p. 147, 2016.
[12] F. Frieyadie,
“Penerapan Metode Simple Additive Weight (Saw) Dalam Sistem Pendukung Keputusan
Promosi Kenaikan Jabatan,” J. Pilar Nusa Mandiri, vol. 12, no. 1, pp.
37–45, 2016, doi: 10.33480/pilar.v12i1.257.
[13] A. Juliandi,
Irfan, S. Manurung, and B. Satriawan, Mengolah Data Penelitian Bisnis.
2018.
[14] M. Dr. Sandu
Siyoto, SKM, M.Kes, M. Ali Sodik, Buku Metode Penelitian Kualitatif dan
Kuantitatif, no. March. 2015.
[15] Z. A. Hasibuan,
“Metodologi Penelitian Pada Bidang Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi,” Konsep,
Tek. Dan Apl., no. Universitas Indonesia, p. 194, 2007.
[16] Romindo et
al., E-Commerce: Implementasi, Strategi & Inovasinya. Yayasan
Kita Menulis, 2019.
[17] Prof. Ma’ruf
Abdullah, METODE PENELITIAN KUANTITATIF. Aswaja Pressindo, 2015.
[18] T. Limbong et al., SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN Metode & Implementasi. Yayasan Kita Menulis, 2020.