Aplikasi adalah salah satu platform yang disediakan untuk menggali teknologi informasi yang menghubungkan di area lokal maupun jarak jauh. Aplikasi disediakan melalui jalur internet sehingga bisa di akses masyarakat khususnya customer PT.Pandawa Citra Mandiri. Untuk mengetahui tingkat kepuasan customer PT.Pandawa Citra Mandiri dalam penggunaan aplikasi Trevo terutama di bidang penyewaan kendaraan bermobil. Demi kepuasan customer akan dilakukan analisis tentang kepuasan pengguna dalam menggunakan aplikasi Trevo ini. Ada beberapa metode yang dapat dilakukan untuk menganalisis tingkat kepuasan pengguna salah satunya yang kita pakai dalam menganalisis sistem aplikasi Trevo ini salah satunya adalah metode Pieces framework. Pieces framework adalah yang mempunyai 6 fokus analisis kelemahan yaitu performance, Information and Data, Economy, Control and Security,Efficiency dan service. Tujuan analisis ini untuk mengukur tingkat kepuasan customer PT.Pandawa Citra Mandiri dalam menggunakan Aplikasi Trevo untuk mengetahui kelemahan serta kekuatan guna meningkatkan kualitas pelayanan, yang ada pada sistem informasi Aplikasi Trevo ini.
[1] G. M. O’Brien, J. A., & Marakas, Management Information Systems (10th ed.). McGraw-Hill/Irwin, 2011.
[2] G. P. McLeod, R., & Schell, Management Information Systems (10th ed.). 2007.
[3] E. Turban, Information Technology for Management: Transforming Organizations in the Digital Economy. New York: John Wiley & Sons, 2017.
[4] Jogiyanto, Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: Andi Publisher, 2018.
[5] A. Dennis, B. H. Wixom, and D. Tegarden, Systems Analysis and Design: An Object-Oriented Approach with UML, 6th ed. Hoboken: John Wiley & Sons, 2021.
[6] J. W. Creswell and J. D. Creswell, Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches, 5th ed. Thousand Oaks: SAGE Publications, 2018.
[7] F. Hanif, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Publisher, 2020.
[8] R. K. Laday and Y. F. Achmad, "Analysis of User Satisfaction Levels of Academic Information Systems Using the PIECES Method," SISKOMTI: Jurnal Sistem Informasi Komputer dan Teknologi Informasi, vol. 4, no. 2, pp. 140–147, Aug. 2022.
[9] S. Ramadhani and W. A. Kusuma, "PIECES Framework untuk Analisa Tingkat Kepuasan Pengguna dan Kepentingan Sistem Informasi," Jurnal Teknologi & Manajemen Informatika, vol. 4, no. 2, 2018, doi: 10.26905/jtmi.v4i2.2101.
[10] I. Indrawati, P. L. L. Belluano, Harlinda, F. A. R. Tuasamu, and D. Lantara, "Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan PIECES Framework," ILKOM Jurnal Ilmiah, vol. 11, no. 2, pp. 118–128, 2019, doi: 10.33096/ilkom.v11i2.398.118-128.
[11] N. K. A. Putri and A. D. Indriyanti, "Penerapan PIECES Framework sebagai Evaluasi Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Penggunaan Sistem Informasi Akademik Terpadu (SIAKADU) pada Universitas Negeri Surabaya," Journal of Emerging Information Systems and Business Intelligence, vol. 2, no. 2, pp. 78–84, 2021.
[12] I. S. Wijaya, E. Yanti, Mulyadi, E. Novianti, A. Sadikin, and D. Sandra, "Penerapan Metode PIECES Framework Pada Tingkat Kepuasan Sistem Informasi Layanan Aplikasi Mytelkomsel Bagi Pengguna di Kota Jambi," Jurnal Ilmiah Media Sisfo, vol. 18, no. 2, pp. 267–277, 2024, doi: 10.33998/mediasisfo.2024.18.2.1585.
[13] C. Choriah and E. Nurmiati, "Penerapan Metode PIECES Framework Pada Tingkat Kepuasan Sistem Informasi Layanan Aplikasi MyIndihome," Jurnal Sistem Komputer dan Informatika (JSON), vol. 3, no. 3, pp. 325–332, 2022, doi: 10.30865/json.v3i3.3964.
[14] R. Prayogi, K. Ramanda, C. Budihartanti, and A. Rusman, "Penerapan Metode PIECES Framework Dalam Analisis dan Evaluasi Aplikasi M-BCA," J. Infortech, vol. 3, no. 1, pp. 7–12, 2021, doi: 10.31294/infortech.v3i1.10122.
[15] S. Sahrul, S. A. A. Hidayatullah, and E. L. Hadisaputro, "Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Layanan Aplikasi Gojek Dengan Metode PIECES Framework," Jurnal Sistem Informasi, vol. 2, no. 1, pp. 49–57, 2019.
[16] I. S. Wijaya, E. Yanti, Mulyadi, E. Novianti, A. Sadikin, and D. Sandra, "Penerapan Metode PIECES Framework Pada Tingkat Kepuasan Sistem Informasi Layanan Aplikasi Mytelkomsel Bagi Pengguna di Kota Jambi," Jurnal Ilmiah Media Sisfo, vol. 18, no. 2, pp. 267–277, 2024, doi: 10.33998/mediasisfo.2024.18.2.1585.
[17] P. D. Arishanti, A. A. I. I. Paramitha, and I. G. A. P. D. Putri, "Analisis Kepuasan Pengguna Pada Aplikasi Go Bali Gas Menggunakan Metode Pieces Framework," Jurnal Teknik Informasi dan Komputer (Tekinkom), vol. 7, no. 1, p. 80, Jun. 2024, doi: 10.37600/tekinkom.v7i1.1144.
[18] I. Firmansyah and Suparni, "Penerapan Metode Pieces Framework Untuk Menganalisa Kepuasan Pengguna Aplikasi M.TIX," JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), vol. 8, no. 6, 2024.
[19] C. Choriah and E. Nurmiati, "Penerapan Metode PIECES Framework Pada Tingkat Kepuasan Sistem Informasi Layanan Aplikasi MyIndihome," Jurnal Sistem Komputer dan Informatika (JSON), vol. 3, no. 3, pp. 325–332, 2022, doi: 10.30865/json.v3i3.3964.
[20] R. Prayogi, K. Ramanda, C. Budihartanti, and A. Rusman, "Penerapan Metode PIECES Framework Dalam Analisis dan Evaluasi Aplikasi M-BCA," J. Infortech, vol. 3, no. 1, pp. 7–12, 2021, doi: 10.31294/infortech.v3i1.10122.