Pengaruh Pembayaran Digital Terhadap Pedagang Kaki Lima pada Wilayah Bekasi Utara Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM)

research
  • 02 Sep
  • 2020

Pengaruh Pembayaran Digital Terhadap Pedagang Kaki Lima pada Wilayah Bekasi Utara Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM)

ABSTRAK

 

 

Devi Aryanti Dwi Lestari (11180911), Pengaruh Pembayaran Digital Terhadap Pedagang Kaki Lima pada Wilayah Bekasi Utara Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM)

Pembayaran digital sangat mempermudah masyarakat dalam bertransaksi, tapi disamping banyaknya manfaat dari pembayaran digital tak luput dari dampak negatif atau kendala yang ada pada pembayaran digital tersebut. Kelemahan terbesar dari pembayaran digital dalah bahwa tidak semua orang memiliki pengetahuan terhadap transaksi digital khususnya di daerah pedesaan. Dalam penelitian ini diarahkan untuk menganalisis data tentang pengaruh pembayaran digital terhadap pedagang kaki lima menggunakan metode TAM. Pada penelitian ini terdapat 5 variabel, yaitu persepsi kemudahan penggunan (perceived ease of use), persepsi kegunaan (perceived usefulness), sikap menggunakan (attitude toward using), minat perilaku menggunakan (behaviour intention use), dan penggunaan sesungguhnya (actual system usage). Uji regresi linear berganda digunakan untuk mengetahui pengaruh antara variable independen dan variable dependen. Variabel Independen pada penelitian ini adalah variable perceived ease of use (Kemudahan Pengguna), Perceived Usefulness (Kebermanfaatan), Attitude Toward Using (Sikap pengguna), Behavioral Intention of Use (perilaku pengguna untuk terus menggunakan) dan variabel dependen adalah Actual System Usage (penggunaan sesungguhnya). Dari pengujian ini dapat diketahui apakah variable indepenen berpengaruh positif atau berpengaruh negatif atau bahkan tidak terdapat pengaruh terhadap variable dependen.

 

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ix


 

ABSTRACT

 

Devi Aryanti Dwi Lestari (11180911), The Effect of Digital Payments on Street Vendors in the North Bekasi Region Using the Technology Acceptance Model (TAM) Method

 

Digital payments greatly facilitate the public in making transactions, but aside from the many benefits of digital payments, they are not immune to the negative impacts or constraints on digital payments. The biggest drawback of digital payments is that not everyone has knowledge of digital transactions, especially in rural areas. In this study directed to analyze data about the effect of digital payments on street vendors using the TAM method. In this study there are 5 variables, namely perceived ease of use, perceived usefulness, attitude toward using, behavioral intention use, and actual system usage. Multiple linear regression test is used to determine the effect between the independent variable and the dependent variable. The independent variables in this study are the variables perceived ease of use, Perceived Usefulness, Attitude Toward Using, Behavioral Intention of Use (user behavior to continue using) and the dependent variable is Actual System Usage really). From this test it can be seen whether the independent variable has a positive effect or a negative effect or even there is no influence on the dependent variable.

 

 


Unduhan

  • cv.pdf

    Skripsi_cv.pdf

    •   diunduh 338x | Ukuran 479 KB
  • DAFTAR ISI.pdf

    Skripsi_DAFTAR ISI.pdf

    •   diunduh 178x | Ukuran 988 KB

 

  • ABSTRAK.pdf

    Skripsi_ABSTRAK.pdf

    •   diunduh 303x | Ukuran 1,008,328
  • DAFTAR PUSTAKA.pdf

    Skripsi_DAFTAR PUSTAKA.pdf

    •   diunduh 856x | Ukuran 709,678

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

 

 

Amin, F. (2016). Antologi Administrasi Publik & Pembangunan. Malang: UB Press.

 

Arsyakayla, delbar neysha. (2017). Apa yang Dimaksud dengan Technology Acceptance Model. Retrieved from https://www.dictio.id/t/apa-yang- dimaksud-dengan-technology-acceptance-model-tam/12975

 

Enterprise, J. (2018). SPSS Komplet untuk Mahasiswa. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

 

Haidari, M. B., & Tileng, K. G. (2018). Analisa Faktor-Faktor Berpengaruh pada Penggunaan Go-Pay, 4(1), 10–15.

 

Hidayat, A. (2012). Penjelasan Lengkap Berbagai Jenis Variabel Penelitian. Retrieved                            from             https://www.statistikian.com/2012/10/variabel- penelitian.html

 

Hidayat, A. (2016). Penjelasan Tentang Uji Normalitas dan Metode Perhitungan. Retrieved                 from                 https://www.statistikian.com/2013/01/uji- normalitas.html/amp

 

Hidayat,   A.   (2017a).    Berbagai    Jenis    Regresi    Berganda.   Retrieved   from https://www.statistikian.com/2017/06/berbagai-jenis-regresi- berganda.html/amp

 

Hidayat, A. (2017b). Uji Asumsi Klasik Regresi Linear. Retrieved from https://www.statistikian.com/2017/01/uji-asumsi-klasik-regresi-linear- spss.html

 

Juhri, K., & Dewi, C. K. (2016). Kepercayaan dan Penerimaan Layanan Mobile Money T-CASH di Bandung dengan Pendekatan Technology Acceotance Model (TAM ), 10(1), 36–51.

 

Juliandi, A., Irfan, & Manurung, S. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis. Medan: UMSU Press.

 

Juliandi, A., Irfan, Manurung, S., & Satriawan, B. (2016). Mengolah Data Penelitian Bisnis dengan SPSS. Medan: Lembaga Penelitian dan Penulisan Ilmiah Aqli.

 

Kusumawati, R. I., & Rikumahu, B. (2019). Penggunaan Technology Acceotance Model (TAM) Dalam Analisis Niat Perilaku Penggunaan Internet Banking pada Mahasiswa Universitas TELKOM, 3(2), 215–229.

 

Mulyanto, F. (2015). Pemanfaatan Cryptocurrency Sebagai Penerapan Mata Uang

 

 

98


Rupiah Kedalam Bentuk Digital Menggunakan Teknologi Bitcoin, 4(4).

 

 

Pertawijaya, I. (2015). Analisis Komparatif Mobile Technology Acceptance Model pada Aplikasi Telko T-Money dan Mandiri E-Cash, 2(2), 1443–1449.

 

Priyono, A. (2017). Analisis pengaruh trust dan risk dalam penerimaan teknologi dompet                           elektronik               Go-Pay,               21(1),               88–106. https://doi.org/10.20885/jsb.vol21.iss1.art6

 

Raharjo, S. (2014). Analisis Regresi Multipes dengan SPSS. Retrieved from https://www.spssindonesia.com/2014/02/analisis-regresi-multipes-dengan- spss.html

 

Sakti, nufransa wira. (2014). Buku Pintar Pajak E-Commerce Dari Mendaftar Sampai Membayar. Jakarta selatan: Visimedia.

 

Serfiyani, cita yustisia, Purnomo, serfianto D., & Hariyani, I. (2013). Bisnis Online dan Transaksi Elektronik. Jakarta: Gramedia Pustaka.

 

Sudiro, A. (2012). Modul 6 Metodologi Penelitian Bisnis. Retrieved from http://achmadsudirofebub.lecture.ub.ac.id/2012/02/modul-6-metodologi- penelitian-bisnis/

 

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

 

Sujarweni, v. wiratna. (2015). SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

 

Sukestiyarno. (2014). Statistika Dasar. Yogyakarta: Andi.

 

Sultan, R. R., Haryanti, T., & Kurniawati, L. (2019). Analisis Technology Acceptance Model Generasi Millenial Jakarta Terhadap Penggunaan E- Money, 15(1), 133–140.

 

Sumanto. (2014). Statistika Terapan. Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service).

 

Susilo, wilhelmus hary, & Aima, H. (2013). Skala Pengukuran dan Instrumen Penelitian: Aplikasi SPSS pada Penelitian Ilmu Keperawatan. Bogor: In Media.

 

Usman, R. (2017). Karakteristik uang elektronik dalam sistem pembayaran, 32(1), 134–166.