ABSTRAK
Pembayaran
digital sangat mempermudah masyarakat dalam bertransaksi, tapi disamping
banyaknya manfaat dari pembayaran digital tak luput dari dampak negatif atau
kendala yang ada pada pembayaran digital tersebut. Kelemahan terbesar dari
pembayaran digital dalah bahwa tidak semua orang memiliki pengetahuan terhadap
transaksi digital khususnya di daerah pedesaan. Dalam penelitian ini diarahkan
untuk menganalisis data tentang pengaruh pembayaran digital terhadap pedagang
kaki lima menggunakan metode TAM. Pada penelitian ini terdapat 5 variabel,
yaitu persepsi kemudahan penggunan (perceived
ease of use), persepsi kegunaan
(perceived usefulness), sikap
menggunakan (attitude toward using),
minat perilaku menggunakan (behaviour
intention use), dan penggunaan sesungguhnya (actual system usage). Uji regresi linear berganda digunakan untuk
mengetahui pengaruh antara variable independen dan variable dependen. Variabel
Independen pada penelitian ini adalah variable perceived ease of use (Kemudahan Pengguna), Perceived Usefulness (Kebermanfaatan), Attitude Toward Using (Sikap pengguna), Behavioral Intention of Use
(perilaku pengguna untuk terus
menggunakan) dan variabel dependen adalah Actual
System Usage (penggunaan sesungguhnya). Dari pengujian ini dapat diketahui
apakah variable indepenen berpengaruh positif atau berpengaruh negatif atau
bahkan tidak terdapat pengaruh
terhadap variable dependen.
ix
ABSTRACT
Devi Aryanti Dwi Lestari (11180911), The Effect of Digital Payments on Street
Vendors in the North Bekasi Region Using the Technology Acceptance Model (TAM)
Method
Digital payments greatly
facilitate the public
in making transactions, but aside from the many benefits of digital
payments, they are not immune to the negative
impacts or constraints on digital payments. The biggest drawback
of digital payments
is that not everyone has
knowledge of digital transactions, especially in rural areas. In this study
directed to analyze data about the effect of digital payments on street vendors
using the TAM method. In this study there are 5 variables, namely perceived
ease of use, perceived usefulness, attitude toward using, behavioral intention
use, and actual system usage. Multiple linear regression test is used to
determine the effect between the independent variable and the dependent
variable. The independent variables in this study are the variables perceived
ease of use, Perceived Usefulness,
Attitude Toward Using, Behavioral Intention of Use (user behavior to continue
using) and the dependent variable is Actual System Usage really). From this test it can be seen whether the independent variable
has a positive effect or a negative effect or even there is no
influence on the dependent variable.
Skripsi_DAFTAR ISI.pdf
Skripsi_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Amin,
F. (2016). Antologi Administrasi Publik
& Pembangunan. Malang: UB Press.
Arsyakayla, delbar neysha. (2017). Apa yang Dimaksud
dengan Technology Acceptance Model. Retrieved from https://www.dictio.id/t/apa-yang-
dimaksud-dengan-technology-acceptance-model-tam/12975
Enterprise,
J. (2018). SPSS Komplet untuk Mahasiswa.
Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Haidari, M. B., & Tileng, K. G. (2018). Analisa
Faktor-Faktor Berpengaruh pada Penggunaan Go-Pay, 4(1), 10–15.
Hidayat, A. (2012). Penjelasan Lengkap Berbagai
Jenis Variabel Penelitian. Retrieved from https://www.statistikian.com/2012/10/variabel-
penelitian.html
Hidayat, A. (2016).
Penjelasan Tentang Uji Normalitas dan Metode Perhitungan. Retrieved from https://www.statistikian.com/2013/01/uji- normalitas.html/amp
Hidayat, A. (2017a). Berbagai Jenis Regresi Berganda. Retrieved from https://www.statistikian.com/2017/06/berbagai-jenis-regresi-
berganda.html/amp
Hidayat, A. (2017b). Uji Asumsi Klasik Regresi Linear. Retrieved from
https://www.statistikian.com/2017/01/uji-asumsi-klasik-regresi-linear-
spss.html
Juhri, K., & Dewi, C. K. (2016). Kepercayaan dan
Penerimaan Layanan Mobile Money T-CASH di Bandung dengan Pendekatan Technology
Acceotance Model (TAM ), 10(1),
36–51.
Juliandi, A., Irfan,
& Manurung, S. (2014). Metodologi
Penelitian Bisnis. Medan: UMSU Press.
Juliandi,
A., Irfan, Manurung, S., & Satriawan, B. (2016). Mengolah Data Penelitian Bisnis dengan SPSS. Medan: Lembaga
Penelitian dan Penulisan Ilmiah Aqli.
Kusumawati, R. I., & Rikumahu, B. (2019).
Penggunaan Technology Acceotance Model (TAM) Dalam Analisis Niat Perilaku
Penggunaan Internet Banking pada Mahasiswa Universitas TELKOM, 3(2), 215–229.
Mulyanto, F. (2015). Pemanfaatan Cryptocurrency Sebagai Penerapan Mata
Uang
98
Rupiah Kedalam
Bentuk Digital Menggunakan Teknologi Bitcoin, 4(4).
Pertawijaya, I. (2015).
Analisis Komparatif Mobile
Technology Acceptance Model pada Aplikasi Telko T-Money dan
Mandiri E-Cash, 2(2), 1443–1449.
Priyono, A. (2017). Analisis pengaruh trust dan
risk dalam penerimaan teknologi dompet elektronik Go-Pay, 21(1), 88–106.
https://doi.org/10.20885/jsb.vol21.iss1.art6
Raharjo, S. (2014). Analisis Regresi Multipes dengan SPSS. Retrieved
from https://www.spssindonesia.com/2014/02/analisis-regresi-multipes-dengan-
spss.html
Sakti, nufransa
wira. (2014). Buku Pintar Pajak
E-Commerce Dari Mendaftar Sampai Membayar. Jakarta selatan: Visimedia.
Serfiyani, cita
yustisia, Purnomo, serfianto D., & Hariyani, I. (2013). Bisnis Online dan Transaksi Elektronik.
Jakarta: Gramedia Pustaka.
Sudiro, A. (2012). Modul 6 Metodologi Penelitian Bisnis. Retrieved from
http://achmadsudirofebub.lecture.ub.ac.id/2012/02/modul-6-metodologi-
penelitian-bisnis/
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,
dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, v.
wiratna. (2015). SPSS Untuk Penelitian.
Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Sukestiyarno. (2014). Statistika Dasar. Yogyakarta: Andi.
Sultan, R. R., Haryanti, T., & Kurniawati, L.
(2019). Analisis Technology Acceptance Model Generasi Millenial Jakarta
Terhadap Penggunaan E- Money, 15(1),
133–140.
Sumanto. (2014). Statistika
Terapan. Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service).
Susilo,
wilhelmus hary, & Aima, H. (2013). Skala
Pengukuran dan Instrumen Penelitian: Aplikasi SPSS pada Penelitian Ilmu
Keperawatan. Bogor: In Media.
Usman, R. (2017). Karakteristik uang elektronik dalam sistem
pembayaran, 32(1), 134–166.