Penerapan sistem informasi dalam proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di sekolah memiliki peran penting dalam mendukung efisiensi dan akurasi layanan. Namun, masih ditemui berbagai kendala teknis dan kelemahan dalam pengelolaan sistem. Untuk mengukur tingkat kapabilitas dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan, dilakukan audit sistem informasi menggunakan kerangka kerja COBIT 2019. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dimulai dari identifikasi masalah, studi literatur, wawancara, observasi, hingga penilaian kapabilitas proses pada delapan domain yang relevan, yaitu EDM04, APO02, APO05, APO08, BAI02, BAI03, BAI05, dan DSS01. Penilaian dilakukan berdasarkan tingkatan kapabilitas dan gap terhadap target yang telah ditentukan. Hasil audit menunjukkan bahwa sebagian besar domain berada pada Level 2, dengan beberapa domain seperti EDM04 dan DSS01 telah mencapai Level 3 atau lebih. Rekomendasi perbaikan disusun berdasarkan hasil evaluasi dan wawancara dengan pihak sekolah untuk meningkatkan tata kelola TI dalam mendukung pelaksanaan PPDB yang lebih efektif.
FILE 7 - LAMPIRAN
FILE 3 - BAB 2
FULL TUGAS AKHIR
FULL TUGAS AKHIR
FILE 6 - BAB 5
FILE 2 - BAB 1
FILE 8 - Jurnal Sistem Informasi - Audit Sistem Informasi PPDB SMK Sandikta Menggunakan COBIT 2019
[2] M. A. Arbain, M. Rizqa, A. Irma, and N. A. Putri, “Tantangan Dan Peluang Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Efisiensi Administrasi Pendidikan,” PANDU J. Pendidik. Anak Dan Pendidik. Umum, vol. 2, no. 2, pp. 22–27, 2024, doi: 10.59966/pandu.v2i2.933.
[3] Nike Alpio Rizky, Setia Ningsih, and Intan sari, “Penerapan Audit Sistem Informasi Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Dengan Menggunakan Kerangka Kerja COBIT 4.1,” Merkurius J. Ris. Sist. Inf. dan Tek. Inform., vol. 2, no. 4, pp. 208–215, 2024, doi: 10.61132/merkurius.v2i4.164.
[4] A. Winarni, M. Muswarman, H. Mulyani, and R. Agus Setiawan, “Audit Sistem Informasi Menggunakan COBIT 2019 (Studi Kasus SISFO Politeknik Enjinering Indorama),” Inf. Syst. Educ. Prof. J. Inf. Syst., vol. 7, no. 2, p. 107, 2023, doi: 10.51211/isbi.v7i2.2002.
[5] A. Solechan, Audit sistem informasi. 2021.
[6] I. F. Agustina, Buku Ajar Pengantar Sistem Ekonomi Indonesia, no. January. 2024. doi: 10.21070/2024/978-623-464-086-1.
[7] R. R. F. Tjahjanto, Bambang Saras Yulistiawan, Erly Krisnanik, BUKU SISTEM INFORMASI MANAJEMEN. 2025.
[8] S. Ratna, Audit Sistem Informasi. 2023.
[9] ISACA, COBIT 2019 Framework - Introduction and Methodology. 2019.
[10] S. D. Putra, H. Herman, and A. Yudhana, “Audit Tata Kelola Academic Information System Menggunakan Framework Cobit 2019,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 10, no. 3, pp. 467–474, 2023, doi: 10.25126/jtiik.20231036361.
[11] R. C. S. Hariyono, S. Hartati, A. Nursetyo, and R. Arifiani, “Audit Sistem Informasi E-Payment dengan Framework Cobit 2019 (Studi Kasus: Sekolah Menengah Kejuruan XYZ),” Remik, vol. 9, no. 1, pp. 266–275, 2025, doi: 10.33395/remik.v9i1.14429.
[12] N. Sakron, G. Firmansyah, H. Akbar, and B. Tjahjono, “Audit of Information Technology Governance on School Operational Cost Flow in SMKN West Jakarta Using COBIT 2019,” J. Indones. Sos. Sains, vol. 4, no. 09, pp. 763–772, 2023, doi: 10.59141/jiss.v4i09.881.
[13] M. Saleh, I. Yusuf, and H. Sujaini, “Penerapan Framework COBIT 2019 pada Audit Teknologi Informasi di Politeknik Sambas,” J. Edukasi dan Penelit. Inform., vol. 7, no. 2, p. 204, 2021, doi: 10.26418/jp.v7i2.48228.
[14] N. P. M. K. Dewi, I. G. P. K. Juliharta, and A. A. G. A. M. Putra, “Evaluasi Tata Kelola Sistem Informasi Akademik Menggunakan Kerangka Kerja COBIT 2019 (Studi Kasus: Universitas Primakara),” J. Ilm. Teknol. Inf. Asia, vol. 18, no. 2, pp. 1–16, 2024, doi: 10.32815/jitika.v18i2.1039.
[15] L. Lubna, A. H. Muhammad, and A. Purwanto, “Identifikasi Level Tata Kelola Ti Dan Penilaian Tingkat Capability Level Menggunakan Cobit 2019,” JIPI (Jurnal Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform., vol. 8, no. 3, pp. 815–827, 2023, doi: 10.29100/jipi.v8i3.3947.
[16] H. Syukron, M. S. Putera Perdana, A. Alamuddin Muzaffar, M. Ilham Zayadi, P. Studi Sistem Informasi, and U. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, “Evaluasi Dan Implementasi Tata Kelola Ti Pada Sma Negeri 4 Pekanbaru Menggunakan Cobit 2019 Evaluation and Implementation of It Governance At Sma Negeri 4 Pekanbaru Using Cobit 2019,” J. Test. dan Implementasi Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 18–27, 2024.
[17] A. G. Yuda, D. T. Savra, F. R. Halim, M. R. Pratama, N. S. Tama, and M. Megawati, “Audit Tata Kelola Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Kuliah Kerja Nyata Sistem Menggunakan COBIT 2019,” J. Test. dan Implementasi Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 10–17, 2024, doi: 10.55583/jtisi.v2i1.774.
[18] D. Simanjuntak and H. Widi Nugroho, “Evaluasi Tata Kelola Teknologi Informasi pada Siatem informasi bimbingan konseling menggunakan Framework Cobit 2019 dan Balanced Scorecard,” Explor. J. Sist. Inf. dan Telemat., vol. 15, no. 2, p. 204, 2024, doi: 10.36448/jsit.v15i2.3882.
[19] F. J. Sopacua and E. Haryani, “Penerapan Framework COBIT 2019 pada Evaluasi Tata Kelola Teknologi Informasi di Yayasan Pendidikan,” J. Edukasi dan Penelit. Inform., vol. 10, no. 2, p. 323, 2024, doi: 10.26418/jp.v10i2.79297.
[20] COBIT 2019, Governance and Management Objectives. 2019. [Online]. Available: https://netmarket.oss.aliyuncs.com/df5c71cb-f91a-4bf8-85a6-991e1c2c0a3e.pdf%0Ahttps://www.isaca.org/resources/cobit