ABSTRAK
Mutiara
Nur Pratiwi (11152044), Analisa Kepuasan Pengunjung Menggunakan Metode Decision Tree Di Perkampungan Budaya
Betawi Setu Babakan Jakarta
Pengelola objek wisata di Jakarta melakukan
berbagai upaya untuk memenangkan persaingan, antara lain dengan meningkatkan
kepuasan pengunjung wisata. Salah satu objek wisata yang berada di Jakarta
adalah Setu Babakan yang merupakan salah satu objek wisata menarik bagi
wisatawan yang ingin menikmati suasana khas pedesaan atau menyaksikan budaya
Betawi asli secara langsung. Di Setu Babakan pengunjung dapat melihat
pemandangan alam, menikmati kuliner khas betawi yang harganya relatif murah,
dan menyaksikan pagelaran seni budaya betawi. Selain itu, pihak pengelola Setu
Babakan juga menyediakan berbagai fasilitas seperti toilet, tempat ibadah,
tempat bermain anak, dan lain-lain guna menunjang aktivitas pengunjung. Untuk
berkunjung ke Setu Babakan, terdapat banyak kendaraan umum yang melewati
perkampungan ini dan biaya yang cukup murah. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis kepuasan pengunjung Setu Babakan dengan menggunakan atribut biaya,
fasilitas, aksesibilitas, dan pelayanan. Peneliti menggunakan metode decision tree algoritma C4.5. Dari
gambaran decision tree yang diolah
dengan RapidMiner dapat diketahui bahwa faktor kepuasan pengunjung adalah
fasilitas dan aksesibilitas. Setelah itu dilakukan ujicoba pada dataset
sebanyak 3 kali dari data kuesioner terhadap 50 orang pengunjung diperoleh
akurasi sebesar 100%. Hasil klasifikasi dengan algoritma C4.5 sebesar 100%
dianggap tepat digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan pengunjung terhadap
biaya, fasilitas, aksesibilitas, dan pelayanan.
x
ABSTRACT
Mutiara Nur Pratiwi (11152044), Analysis of Visitor Satisfaction using
the Decision Tree Method in Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan Jakarta
Tourist attraction managers in Jakarta make various efforts to
win the competition, among others by increasing tourist visitor satisfaction.
One of the attractions in Jakarta is Setu Babakan which is one of the
attractive tourist attractions for tourists who want to enjoy the typical
atmosphere of the countryside or witness native Betawi culture firsthand. In
Setu Babakan, visitors can see natural scenery, enjoy typical Betawi culinary
which is relatively cheap, and watch Betawi cultural arts performances. In
addition, the manager of Setu Babakan also provides various facilities such as
toilets, places of worship, children's playgrounds, and others to support
visitor activities. To visit Setu Babakan, there are many public vehicles that
pass through this village and the cost is quite cheap. This study aims to
analyze the visitors' satisfaction of Setu Babakan by using the attributes of
cost, facilities, accessibility, and service. Researchers use the decision tree
method C4.5 algorithm. From the decision tree image processed by RapidMiner it
can be seen that the factors of visitor satisfaction are facilities and
accessibility. After that the trial was performed on the dataset 3 times from
the questionnaire data on 50 visitors obtained an accuracy of 100%. The
classification results with the C4.5 algorithm of 100% are considered
appropriate to be used to measure the level of visitor satisfaction with costs,
facilities, accessibility, and services.
Keywords: Decision Tree, C4.5 Algorithm, Visitor Satisfaction
Skripsi_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Skripsi_DAFTAR ISI.pdf
DAFTAR PUSTAKA
Niswatin, R. K., & Wulanningrum, R.
(2017). PENERAPAN ALGORITMA DECISION TREE PADA PENENTUAN KEBERHASILAN AKADEMIK
MAHASISWA. Seminar Nasional
Teknologi Informasi Dan Multimedia 2017, 2–7.
Nofriansyah, D.
(2014). Konsep Data Mining Vs
Sistem Pendukung Keputusan.
Yogyakarta:
Deepublish.
Nofriansyah,
D., & Nurcahyo, G. W. (2015). Algoritma
Data Mining dan Pengujian.
Deepublish.
P, B. A. C. (2018). Prediksi
Kepuasan Mahasiswa Terhadap Tingkat Pelayanan Menggunakan Algoritma C4.5 (Decision
Tree ) (Studi Kasus : Fakultas Teknik Universitas Hamzanwadi ). Infotek : Jurnal Informatika Dan Teknologi,
1(1), 32– 39.
Rangkuti, F. (2013). Customer Service Satisfaction & Call
Center Berdasarkan ISO 9001.
Gramedia Pustaka Utama.
Shiddiq, A., Kumalasari Niswatin,
R., & Farida, I. N. (2018). Analisa Kepuasan Konsumen Menggunakan
Klasifikasi Decision Tree Di Restoran Dapur Solo (Cabang Kediri). Generation Journal, 2(1), 9–18.
Siregar, A. M., &
Puspabhuana, A. (2018). DATA MINING:
Pengolahan Data Menjadi Informasi
dengan RapidMiner. CV Kekata Group.
Sugara, B., Widyatmoko, D.,
Prakoso, B. S., & Saputro, D. M. (2018). Penerapan algoritma c4.5
untuk deteksi dini gangguan autisme pada anak. 2018(Sentika), 23–24.
Takalapeta, S. (2018). Penerapan Data Mining
Untuk Menganalisis Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode C4.5. Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 3(3), 34–38.