ABSTRAKSI
Sukmayadi Anugrah (11150055), Game Interaktif Bahaya Rokok Bagi Kesehatan Berbasis Android.
Teknologi saat ini sudah merambah dalam bidang pendidikan. Dengan media pembelajaran yang interaktif proses belajar akan lebih efektif dan efisien yang akan membantu pendidik atau guru dalam menyampaikaan materi pembelajaran pada siswa. Oleh karena itu dibutuhkan sarana dan prasarana yang memadai untuk menunjang pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang signifikan dengan menggunakan media pembelajaran game interaktif bahaya rokok dengan metode belajar teori yang ada dan apakah efektif digunakan sebagai media pembelajaran pada proses pembelajaran uji kompetensi MTs yang akan dihadapi oleh siswa pada semester akhir. Game berisi pengetahuan kesehatan yang di kemas dengan permainan agar siswa dapat bermain sambil belajar. Perangkat lunak yang digunakan untuk membuat animasi ini adalah Construct Ver. 2.
Kata Kunci : Mobile, Android, Kesehatan
DAFTAR PUSTAKA
Dillon, Teresa (2005) : Adventure Games for Learning and Storytelling. UK, Futurelab Prototype Context Paper, Adventure Author.
Fatta, Hanif Al. 2007. Perusahaan dan organisasi modern. Yogyakarta : Andi Offset, Triandini, Evi dan Gede Suardika, 2012. Step by step desain proyek menggunakan UML, Yogyakarta : Andi Offset.
Habidin, dkk. 2012. Pembangunan Media Pembelajaran Teknik Komputer Jaringan Kelas X Semester Ganjil Pada Sekolah Menengah Kejuruan Taruna Bangsa Pati Berbasis Multimedia Interaktif. ISSN:2088-0154 (online) Solo.http://www.ejournal.unsa.ac.id/index.php/speed/article/view/91.
(2 November 2013 ).
Nandiwardhana, Indrayasa, Sri yulianto dan Jasson Prestiliano. 2011. Pengembangan Physics Game “FIX dan FIT” Berbasis Android Smartphone menggunakan ActionScripct 3.0 dan Quick2D. Aiti:Jurnal Teknologi Informasi Vol. 8, No. 2 Agustus 2011:101-200.
Rachmadi, Eka. 2013. Jurnal Pembelajaran Bahasa Inggris dan Matematika untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Multimedia Indonesia Jurnal On Computer Science – Speed (IJCSS) 16 FTI UNSA Vol 10 No. 2-Mei 2013. Diambil dari : http://ijcss.unsa.ac.id
Rosa dan Shalahudin, 2013. Rekayasa Perangkat Lunak terstruktur dan berorientasi objek. Bandung:Informatika.
Safaat, Nazrudin. 2012. Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung : Informatika
Sukamto dan Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak, Bandung:informatika, 2013
Taru, Andi. 2010. Pemograman Game dengan Java dan GTGE, Yogyakarta:Andi Offset
Waryanto, Nur Hadi. 2005. Storyboard Dalam Media Pembelajaran Interaktif [http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/tmp/Storyboard%20dalam%20Media%20Pembelajaran%20Interaktif.pdf] akses pada 23 Januari 2017.