Pembangunan Aplikasi Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Karies Pada Gigi Manusia

research
  • 12 Apr
  • 2018

Pembangunan Aplikasi Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Karies Pada Gigi Manusia

Gigi merupakan bagian dari alat pengunyahan pada sistem pencernaan dalam tubuh manusia, Penyakit gigi yang sering diderita oleh hampir semua penduduk Indonesia ialah karies gigi. Karies Gigi juga menjadi permasalah utama Pada kesehatan gigi dan mulut. Karies gigi merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh demineralisasi email dan dentin yang erat hubungannya dengan konsumsi makanan yang kariogenik. Terjadinya karies gigi akibat peran dari bakteri penyebab karies yang terdapat pada golongan Streptokokus mulut yang secara kolektif disebut Streptokokus mutans. Karies gigi merupakan penyakit yang disebabkan oleh demineralisasi email dan dentin. Gangguan pada Karies Gigi sering terjadi karena berbagai faktor penyebab, antara lain karna bakteri, makanan dan minuman yang banyak mengadung gula, kebersihan gigi dan mulut dan lain-lain Pengetahuan tentang penyakit Karies pada Gigi Manusia sangat dibutuhkan untuk mengatasi masalah tersebut secara cepat dan tepat. Sebagian orang menganggap sepele ketika Gigi mereka dalam keadaan tidak bersih sehingga tanpa disadari bisa sangat berbahaya Pada Kesehatan Gigi nya, Untuk itu pengobatannya tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Dengan demikian, akhirnya timbul pemikiran bagaimana cara mengatasi penyakit dan merawat Karies Gigi tanpa harus mendatangi atau konsultasi langsung dengan dokter spesialis. Perkembangan teknologi informasi dan komputer serta internet yang sudah cukup dikenal penggunaannya oleh masyarakat. dapat digunakan untuk membantu ide baik ini.Sehingga membuat penulis ingin ikut membantu dengan membuat aplikasi sistem pakar yang dapat melakukan diagnosa penyakit kulit yang juga dapat menampilkan informasi lain yang diperlukan. Dengan kemudahan aplikasi sistem pakar ini dapat digunakan sebagai pedoman untuk mendekteksi dengan mudah penyakit karies dan jenis penyakit karies serta pencegahan nya yang terjadi pada gigi manusia.

Unduhan

  • 50-131-1-PB.pdf

    PEMBANGUNAN APLIKASI SISTEM PAKAR DIAGNOSIS PENYAKIT KARIES PADA GIGI MANUSIA

    •   diunduh 630x | Ukuran 384 KB

 

REFERENSI

[1] Nurlaela, Fetty. (2013). Sistem Pakar untuk mendeteksi penyakit gigi pada manusia, Volume 10 No 4 (ISSN : 1979-9330).
[2] Worotitjan, Indry. Mintjelungan, Christy N.Gunawan,Paulina.(2013).Jurnal e-Gigi. Pengalaman Karies Gigi Serta Pola Makan dan Minum Pada Anak Sekolah Dasar di Desa Kiawi Kecamatan Kawangkoan Utara, Volume 1.
[3] Nurzaman, Destiani Dini, Dhamiri Dhami Johar. (2012). Pembangunan Aplikasi Sistem Pakar untuk Diagnosis Penyakit Gigi dan Mulut Pada Manusia. Jurnal Algoritma, Vol. 09 No. 12 2012 (ISSN : 2302-7339).
[4] Purnia, Dini Silvi. (2014). Sistem Pakar Berbasis Web Untuk Diagnosa Penyakit Karies Pada Gigi Manusia Studi Kasus: Rumah Sakit Umum Daerah Tasikmalaya