Perkembangan teknologi digital mendorong pelaku UMKM untuk memanfaatkan media online dalam pemasaran, termasuk pada sektor penjualan benih ikan. Toko Benih Ikan Bekasi menghadapi kendala dalam penyajian informasi produk, alur pemesanan yang tidak efisien, serta tampilan antarmuka yang kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk merancang antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) berbasis web yang lebih optimal dengan menerapkan metode Design Thinking, melalui lima tahapan: empathize, define, ideate, prototype, dan test. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan kuesioner kepada pemilik usaha dan calon pengguna. Hasil dari penelitian ini berupa prototipe website yang diuji menggunakan metode System Usability Scale (SUS) dengan skor rata-rata 82,75, yang termasuk dalam kategori “baik”. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan Design Thinking berhasil menciptakan desain yang sesuai dengan kebutuhan pengguna dan berpotensi meningkatkan efisiensi serta kenyamanan dalam proses pembelian benih ikan secara daring.
Full Laporan Tugas Akhir
[1] N. N. Arisa, M. Fahri, M. I. A. Putera, and M. G. L. Putra, “Perancangan Prototipe UI/UX Website CROWDE Menggunakan Metode Design Thinking,” Teknika, vol. 12, no. 1, pp. 18–26, Feb. 2023, doi: 10.34148/teknika.v12i1.549.
[2] D. Haryuda Putra, M. Asfi, and R. Fahrudin, “PERANCANGAN UI/UX MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING BERBASIS WEB PADA LAPORTEA COMPANY,” 2021.
[3] N. Kurnia Ningrum, I. W. Utomo, Z. Umami, U. Dian Nuswantoro Semarang Jl Imam Bonjol No, and P. Kidul Kota Semarang, “Rancang Bangun Design UI/ UX pada Aplikasi PANTAU menggunakan Pendekatan Design Thinking,” vol. 15, no. 2, pp. 422–433, 2022, [Online]. Available: http://journal.stekom.ac.id/index.php/elkom page422
[4] K. T. Mukti, R. E. Febrita, and I. W. Suardinata, “Perancangan UI/UX Pada Website Ruang Rindu Dengan Metode Design Thinking,” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, vol. 6, no. 3, pp. 495–403, Jul. 2024, doi: 10.47233/jteksis.v6i3.1375.
[5] C. Nisa’, R. S. Anugrah Prasetya, C. D. Rahmadewi, M. A. Nurdianto, M. H. Aziz, and H. Maulana, “Perancangan User Interface Pada Aplikasi E-Commerce Petshop Happypals Dengan Metode Desain Thinking,” Jurnal Ilmiah Informatika dan Ilmu Komputer (JIMA-ILKOM), vol. 3, no. 2, pp. 57–69, Sep. 2024, doi: 10.58602/jima-ilkom.v3i2.28.
[6] M. Syamsul and M. ’ Arif, “Perancangan UI/UX Website Informasi Wisata Wahana Alam Parung Menggunakan Metode Design Thinking.” [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/386554769
[7] A. Hudzaifah and R. Maulana, “Jurnal Informatika Terpadu PENERAPAN UI/UX DESIGN PADA WEBSITE PET CARE BERBASIS METODE DESIGN THINKING,” Jurnal Informatika Terpadu, vol. 11, no. 1, p. 2025, 2025, [Online]. Available: https://journal.nurulfikri.ac.id/index.php/JIT
[8] K. T. Mukti, R. E. Febrita, and I. W. Suardinata, “Perancangan UI/UX Pada Website Ruang Rindu Dengan Metode Design Thinking,” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, vol. 6, no. 3, pp. 495–403, Jul. 2024, doi: 10.47233/jteksis.v6i3.1375.
[9] I. K. P. M. M. Anugrah Nur Rahmanto, “PENERAPAN DESIGN THINKING DENGAN USABILITY TESTING MENGGUNAKAN SYSTEM USABILITY SCALE PADA ANTARMUKA APLIKASI ‘CURHAT,’” Jurnal Teknik Ilmu dan Aplikasi, 2023.
[10] “[4] Analisis User Experience terhadap User Interface”.
[11] M. Joanessa, M. Klau, E. Rusdianto, and Y. D. Handarkho, “Perancangan User Interface dan User Experience pada Aplikasi Mobile E-Lintas dengan Menggunakan Metode User-Centered Design,” 2022. [Online]. Available: http://dishub.jogjaprov.go.id
[12] L. Masruroh Syah, I. Faqihuddin Hanif, H. Rahmawati, E. Novianti, and P. Saidatuzzahra, “JIP (Jurnal Informatika Polinema) PENERAPAN PRINSIP DESIGN THINKING PADA UI/UX APLIKASI MOBILE RENAS FASHION”.
[13] F. Saadillah and E. Halomoan Siregar, “Pengaruh User Experience terhadap Kepuasan Konsumen Generasi Z pada Sistem Pemesanan Mcdelivery Mobile Application di Jawa Barat Effects of User Experience on Z Generation towards Consumer Satisfaction in the McDelivery Mobile Application Ordering System in West Java,” Jurnal Manajemen dan Organisasi (JMO), vol. 10, no. 2, pp. 92–101, 2019.
[14] R. Novianto, “ANALISIS PENGARUH USER EXPERIENCE (UX) TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA DALAM SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN DIGITAL ANALYSIS OF THE INFLUENCE OF USER EXPERIENCE (UX) ON USER SATISFACTION IN A DIGITAL LIBRARY SYSTEM,” VARIABLE RESEARCH JOURNAL, vol. 01, 2024.
[15] Feri Sulianta, UX UI Design. 2025.
[16] M. B. Thoyyib and D. Hafidh Zulfikar, “Desain UI/UX Website Referral untuk Program Gerakan Funding Culture Menggunakan Figma,” 2023.
[17] A. Ergin and Y. Diker Coskun, “Design Thinking Scale Development: Assessing Reliability and Validity,” International Journal on Social and Education Sciences, vol. 6, no. 3, pp. 319–333, Aug. 2024, doi: 10.46328/ijonses.670.
[18] “Digital Leadership, Design Thinking,” https://www.digitalleadership.com/blog/design-thinking-process/.
[19] W. Andiani and A. Wahyui, “PERANCANGAN DESAIN UI/UX MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING PADA WEBSITE PT. VIRAMA KARYA (PERSERO),” 2024. [Online]. Available: http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/jasika
[20] C. G. T. Kenneth C. Laudon, E-Commerce 2020-2021: Business, Technology and Society, Global Edition. 2020.
[21] N. P. N. Anggraini, N. W. Rustiarini, and I. K. S. B. Satwam, “PEMANFAATAN WEBSITE SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH,” JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), vol. 7, no. 1, p. 381, Feb. 2023, doi: 10.31764/jmm.v7i1.12150.
[22] Ni Komang Sri Julyantari, I. G. A. V. Purnama, I. G. N. N. Bagiarta, P. P. G. P. Pertama, and M. Liandana, “Implementasi Website untuk Media Pemasaran Online dan Perbaikan Kemasan Produk,” Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, vol. 1, no. 1, pp. 26–33, May 2021, doi: 10.25008/abdiformatika.v1i1.134.
[23] A. D. Achmad, K. H. Rasyid, A. Azis, M. Taufik, and A. Sapan, “Pemanfaatan Marketplace dalam Pengembangan Bisnis Kuliner pada Kelurahan Mappasiale Kabupaten PANGKEP.” [Online]. Available: http://jurnal.adpertisi.or.id/index.php/JTCSA/
[24] N. Wahyuni, I. Ade, M. S. Saeful, and A. Gunawan, “PENGENALAN DAN PEMANFAATAN MARKETPLACE E-COMMERCE UNTUK PELAKU UKM WILAYAH CILEGON.”
[25] A. Lutfiyani, R. J. Sumantri, and T. Anggoro, “User Interface Design Techniques with Wireframing for Online Library Website Layout Design Using Figma.”
[26] U. Amelia, M. L. Hakiem, W. Saputra, R. Wisnu, and P. Pamungkas, “Scientica PERANCANGAN UI/UX PADA WEB E-COMMERCE ‘BUT FIRST COFFEE’ MENGGUNAKAN APLIKASI FIGMA.”
[27] S. Febriani, T. Sutabri, M. Megawaty, and L. A. Abdillah, “Perancangan UI/UX Aplikasi Sistem Informasi Layanan Administrasi dalam Perspektif Psikologi Menggunakan Metode Prototype,” Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer, vol. 9, no. 2, pp. 1088–1103, Sep. 2023, doi: 10.37012/jtik.v9i2.1714.
[28] D. Haryuda Putra, M. Asfi, and R. Fahrudin, “PERANCANGAN UI/UX MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING BERBASIS WEB PADA LAPORTEA COMPANY,” 2021.
[29] A. I. Kurniawan, A. R. Ardi, D. Deni, S. C. Susilowati, and A. Voutama, “Perancangan UI/UX Website Pemesanan Tiket Bus iBus Menggunakan Figma dengan Metode Design Thinking,” JOINS (Journal of Information System), vol. 10, no. 1, pp. 14–22, Jun. 2025, doi: 10.33633/joins.v10i1.12572.
[30] Y. Pangestiaji, P. Hendradi, and P. Sukmasetya, “Perancangan UI / UX Website Teknik Informatika UNIMMA Menggunakan Metode Design Thinking Designing The UI / UX of The UNIMMA Informatics Engineering Using the Design Thinking Method,” Journal of Computing Engineering, System and Science) e-ISSN, vol. 9, no. 1, pp. 325–335, 2024, doi: 10.24114/cess.v7i1.
[31] P. Ananta et al., “Perancangan Antarmuka Website E-commerce UMKM Pertenunan Pelangi Dengan Metode Design Thinking,” Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 10, no. 4, pp. 453–466, 2023, [Online]. Available: http://jurnal.mdp.ac.id
[32] N. Fajrina, S. Rangkuti, H. Wulandari, and R. R. Putra, “Perancangan UI/UX Aplikasi Mobile Penjualan Kue dan Roti Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: UMKM Ghonim Kue),” Jurnal Nasional Teknologi Komputer, vol. 5, no. 3, 2025.
[33] Y. Oktafamero et al., “DESAIN UI/UX APLIKASI PENJUALAN UMKM SABLON MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING,” 2019.
[34] W. Fitri Hidayat et al., “Penerapan Model Design Thinking Pada Perancangan Aplikasi Informasi Desa Wisata Kabupaten Bantul,” 2024. [Online]. Available: http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/co-science
[35] N. Drašković, “EMPATHY IN ACTION: A QUALITATIVE STUDY OF THE INTERSECTIONS OF DESIGN THINKING AND MARKETING,” Market-Trziste, vol. 36, no. 1, pp. 83–98, 2024, doi: 10.22598/mt/2024.36.1.83.
[36] W. Andiani and A. Wahyui, “PERANCANGAN DESAIN UI/UX MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING PADA WEBSITE PT. VIRAMA KARYA (PERSERO),” 2024. [Online]. Available: http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/jasika
[37] P. Q. H. Mahardika and A. Luthfiarta, “Application of Design Thinking Method in Designing the User Interface Prototype for the Website of the Informatics Engineering Study Program at Dian Nuswantoro University,” Journal La Multiapp, vol. 5, no. 4, pp. 521–529, Sep. 2024, doi: 10.37899/journallamultiapp.v5i4.1501.
[38] A. Y. Priyono, G. Aryotejo, and S. Adhy, “Penerapan Metode Design Thinking untuk Perancangan Prototype Lost and Found,” 2023.
[39] S. Alfarabi and M. Faisal, “Perancangan UI/UX Pada Aplikasi Berbasis Mobile TravelTrails Menggunakan Metode Design Thinking,” Jurnal Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 5, no. 1, 2024, [Online]. Available: http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/reputasi
[40] J. H. Imin, M. Fajar, and Hasniati, “Perancangan UI/UX Website Search Buddy Menggunakan Pendekatan Design Thinking,” Jurnal Ilmiah Media Sisfo, vol. 18, no. 1, pp. 89–98, Apr. 2024, doi: 10.33998/mediasisfo.2024.18.1.1642.
[41] Edi Susilo, “Cara Menggunakan System Usability Scale (SUS) Pada Evaluasi Usability,” https://www.edisusilo.com/cara-menggunakan-system-usability-scale/.