TUGAS AKHIR - ASNI ZALUKHU

research
  • 21 Oct
  • 2025

TUGAS AKHIR - ASNI ZALUKHU

Perkembangan teknologi informasi telah mendorong transformasi digital dalam
berbagai sektor, termasuk ritel jam tangan. Website Liga Arloji digunakan sebagai
sarana promosi dan transaksi online yang harus dievaluasi dari sisi kepuasan
pengguna. Pada penelitian ini terdapat permasalahan yaitu belum diketahuinya
tingkat kepuasan pada website Liga Arloji dan juga atribut apa saja yang paling
mempengaruhi kepuasan pengguna pada metode tersebut. Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisis tingkat kepuasan pengguna terhadap website Liga Arloji
menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS) yang terdiri dari
lima dimensi: content, accuracy, format, ease of use, dan timeliness. Metode
penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penyebaran kuesioner
kepada 68 responden. Data diolah menggunakan rumus EUCS serta diuji validitas
dan reliabilitasnya melalui aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
seluruh dimensi EUCS memperoleh nilai yang termasuk dalam kategori puas hingga
sangat puas. Dimensi content memperoleh skor rata-rata 4,19, accuracy sebesar 4,13,
format sebesar 4,18, ease of use sebesar 4,15, dan timeliness memperoleh skor
tertinggi sebesar 4,22. Temuan ini menunjukkan bahwa pengguna merasa sangat puas
terhadap informasi yang tepat waktu dan konten yang disajikan, serta cukup puas
terhadap keandalan dan akurasi sistem. Penelitian ini memberikan rekomendasi
perbaikan seperti peningkatan akurasi data dan keandalan sistem. Hasil ini
diharapkan dapat menjadi acuan dalam pengembangan website berbasis e-commerce.

Unduhan

  • File_5.pdf

    File_5

    •   diunduh 18x | Ukuran 762 KB
  • File_1.pdf

    FIle_1

    •   diunduh 12x | Ukuran 1,032 KB
  • File_4.pdf

    File_4

    •   diunduh 9x | Ukuran 383 KB
  • File_6.pdf

    File_6

    •   diunduh 8x | Ukuran 100 KB
  • Full Tugas Akhir.pdf

    Full Tugas Akhir

    •   diunduh 1x | Ukuran 2,898 KB

 

  • Full Tugas Akhir.pdf

    Full Tugas Akhir

    •   diunduh 1x | Ukuran 2,967,243
  • File_3.pdf

    FIle_3

    •   diunduh 10x | Ukuran 298,374
  • File_2.pdf

    FIle_2

    •   diunduh 9x | Ukuran 121,810
  • File_7.pdf

    File_7

    •   diunduh 9x | Ukuran 1,814,824
  • File_8.pdf

    File_8

    •   diunduh 18x | Ukuran 1,113,840

REFERENSI

[1]      C. Lela, K. Kharimah, M. Hilmi, M. Muzdhalifah, and G. Pratama, “Analisis Dampak Penggunaan Internet Terhadap Pertumbuhan Ekonomi,” J. Apl. Ilmu Ekon., vol. 2, no. 2, pp. 40–48, 2023.

[2]      Z. A. Golo, S. Subinarto, and E. Garmelia, “Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Puskesmas Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) di Puskesmas,” J. Rekam Medis dan Inf. Kesehat., vol. 4, no. 1, pp. 52–56, 2021, doi: 10.31983/jrmik.v4i1.6789.

[3]      N. Amalia and W. Hapsoro, “Analisa Pengaruh Kepuasan Pengguna Terhadap Kualitas Sistem Informasi Akademik dengan Metode EUCS ( End User Computing Statisfaction ),” IC-Tech, vol. XVI, no. 1, pp. 16–21, 2021.

[4]      N. Pramudibyo, “Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Aplikasi Redbus Dengan Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (Eucs),” J. Inform. dan Tek. Elektro Terap., vol. 12, no. 2, pp. 1–12, 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i2.4133.

[5]      A. S. Ariska and M. Rudi Sanjaya, “Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Sistem Informasi Akademik (Siakad) Berbasis Website Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction (EUCS),” Indones. J. Comput. Sci., vol. 12, no. 6, 2024, doi: 10.33022/ijcs.v12i6.3583.

[6]      M. N. Amin, E. Saputra, M. L. Hamzah, and M. Rahmawita, “Penerapan Metode EUCS terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akademik,” J. Teknol. Sist. Inf. dan Apl., vol. 7, no. 3, pp. 1013–1020, 2024, doi: 10.32493/jtsi.v7i3.41296.

[7]      A. Saputra and D. Kurniadi, “Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi E-Campus Di Iain Bukittinggi Menggunakan Metode Eucs,” Voteteknika (Vocational Tek. Elektron. dan Inform., vol. 7, no. 3, p. 58, 2023, doi: 10.24036/voteteknika.v7i3.105157.

[8]      Maulidiya and Sugiyono, “Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Saku Mahasiswa Dengan,” DiJITAC, vol. 2, no. 1, pp. 165–182, 2021.

[9]      E. Istianah and W. Yustanti, “Analisis Kepuasan Pengguna pada Aplikasi Jenius dengan Menggunakan Metode EUCS (End-User Computing Satisfaction) berdasarkan Perspektif Pengguna,” J. Emerg. Inf. Syst. Bus. Intell., vol. 3, no. 4, pp. 36–44, 2022, [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/47882

[10]    A. M. Nurdin et al., Pengantar Teknologi Informasi. Banten: Sada Kurnia Pustaka, 2024. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Pengantar_Teknologi_Informasi/u78ZEQAAQBAJ?hl=id&gbpv=0&kptab=overview

[11]    S. M. Hendra and N. L. P. D. C. A. Astari, “Pelestarian Budaya Bali Melalui Website,” Sidoarjo: Uwais Inspirasi Indonesia, 2024, p. 80. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Pelestarian_Budaya_Bali_Melalui_Website/uc_5EAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1

[12]    H. Dikdik and I. Arraniri, “Experiental Marketing & Kualitas Produk dalam Kepuasan Pelanggan Generasi Milenial,” Cirebon: Penerbit Insania, 2021, p. 42. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Experiental_Marketing_Kualitas_Produk_da/Kb5IEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

[13]    D. P. Sari et al., “Introduksi Aplikasi Komputer Statistik,” Padang: CV. Gita Lentera, 2023, p. 45. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Introduksi_Aplikasi_Komputer_Statistik/oCzoEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1

[14]    A. Budianto, “E-Bisnis Konsep Dan Implementasi Praktis,” Sleman: Deepublish, 2023, p. 1. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/E_Bisnis_Konsep_Dan_Implementasi_Praktis/JlM7EQAAQBAJ?hl=id&gbpv=1

[15]    A. Supratiknya, “Metodologi Penelitian Kuantitatif & Kualitatif dalam Psikologi,” Yogyakarta: universitas Sanata Dharma, 2022, p. 73. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Metodologi_Penelitian_Kuantitatif_Kualit/Hul4EAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pengertian+survei&pg=PA73&printsec=frontcover

[16]    M. F. Arib, M. S. Rahayu, R. A. Sidorj, and M. W. Afgani, “Experimental Research Dalam Penelitian Pendidikan,” Innov. J. Soc. Sci. Res., vol. 4, no. 1, pp. 5497–5511, 2024, [Online]. Available: https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/8468

[17]    I. M. L. M. Jaya, “Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Teori, Penerapan, dan Riset Nyata,” Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia, 2020, p. 6. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Metode_Penelitian_Kuantitatif_dan_Kualit/yz8KEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=penelitian+kualitatif+dan+kuantitatif&printsec=frontcover

[18]    M. Satria and S. Handoyo, “Perlindungan Hukum Terhadap Data Pribadi Pengguna Layanan Pinjaman Online Dalam Aplikasi Kreditpedia,” J. Facto, vol. 8, no. 2, pp. 108–121, 2022, [Online]. Available: https://jurnal.pascasarjana.uniba-bpn.ac.id/index.php/jurnaldefacto/article/view/113

[19]    T. Novaldy and A. Mahpudin, “Penerapan Aplikasi dengan Menggunakan Barcode dan Aplikasi untuk Laporan Presensi Kepada Orang Tua,” ICT Learn., vol. 5, no. 1, pp. 1–9, 2021.

[20]    I. Aprileny, I. Imalia, and J. A. Emrawati, “Pengaruh Harga, Fasilitas dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian (Studi kasus pembelian rumah di GRAND NUSA INDAH blok j, cileungsi pada PT. KENTANIX SUPRA INTERNASIONAL) Imelda,” Ikraith Ekon., vol. 4, no. 3, pp. 243–252, 2021, [Online]. Available: http://repository.stei.ac.id/id/eprint/2409

[21]    M. A. Zakariah and V. Afriani, “ANALISIS STATISTIK DENGAN SPSS UNTUK PENELITIAN KUANTITATIF,” Kolaka: Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka, 2021, p. 59. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/ANALISIS_STATISTIK_DENGAN_SPSS_UNTUK_PEN/4Vs3EAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=ANALISIS+STATISTIK+DENGAN+SPSS+UNTUK+PENELITIAN+KUANTITATIF&pg=PA105&printsec=frontcover

[22]    Abdul Wahab, “Sampling dalam Penelitian Kesehatan,” J. Pendidik. dan Teknol. Kesehat., vol. 4, no. 1, pp. 38–45, 2021, doi: 10.56467/jptk.v4i1.23.

[23]    D. C. Muria Pratama and K. D. Hartomo, “Implementasi End User Computing Satisfaction (EUCS) Dalam Pengukuran Kepuasan Pengguna Situs Web Badan Pertanahan Nasional,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 8, no. 4, pp. 2330–2340, 2022, doi: 10.35957/jatisi.v8i4.1263.

[24]    M. Z. Yang and J. I. Sihotang, “Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap User Interface Aplikasi E-Commerce Shopee Menggunakan Metode EUCS di Jakarta Barat,” Informatics Digit. Expert, vol. 4, no. 2, pp. 53–60, 2023, doi: 10.36423/index.v4i2.1110.

[25]    A. Zalukhu and S. Nurlela, “Analisis Kepuasan Pengguna Website Liga Arloji Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS),” Jakarta, 2025.

[26]    B. S. Arisoemaryo et al., “Analisis tingkat kepuasan pengguna aplikasi JMO dimana dalam penelitian ini penulis menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS),” J. Responsif, vol. 4, no. 1, pp. 110–117, 2022, [Online]. Available: https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jti/article/view/724

[27]    IPB University, “LAMPIRAN Lampiran 1. Tabel R-Hitung Tabel R-Hitung,” pp. 55–71, 2023, [Online]. Available: https://repository.ipb.ac.id/jspui/bitstream/123456789/106605/5/Lampiran.pdf