Analisis Kualitas Aplikasi Dapodik Dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0 di SDN Cipinang Besar Utara 01

research
  • 04 Mar
  • 2025

Analisis Kualitas Aplikasi Dapodik Dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0 di SDN Cipinang Besar Utara 01

ABSTRAK

Satrio Wibowo ( 11230326 ) Analisis Kualitas Aplikasi Dapodik Dengan Menggunaka Metode Webqual 4.0 Di SDN Cipinang Besar Utara 01

 

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) memiliki peran penting dalam mendukung berbagai aspek pendidikan, termasuk perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. TIK memberikan kemudahan dalam pengolahan data, penyampaian informasi, dan komunikasi antara berbagai pihak yang terlibat dalam pendidikan. Dalam konteks pengelolaan data pendidikan, TIK dapat meningkatkan efisiensi dan akurasi pengumpulan, pengolahan, serta penyajian data, sehingga mendukung pengambilan keputusan yang lebih baik.

Data Pokok Pendidikan (Dapodik) adalah sistem pendataan skala nasional yang mencakup data sekolah, peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan. Dapodik dirancang untuk mendukung perencanaan dan pelaksanaan berbagai program pendidikan yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Kata Kunci : Dapodik, Kemendikbudristek, TIK

Unduhan

  • BAB II.pdf

    BAB II

    •   diunduh 10x | Ukuran 65 KB
  • BAB III.pdf

    BAB III

    •   diunduh 8x | Ukuran 138 KB
  • BAB IV.pdf

    BAB IV

    •   diunduh 12x | Ukuran 214 KB
  • FILE 1 UPLOAD.pdf

    FILE_1

    •   diunduh 12x | Ukuran 695 KB
  • BAB I.pdf

    FILE_2 BAB I

    •   diunduh 7x | Ukuran 130 KB

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan

  1. Siregar, B. (2023). Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan TIK, 2(2), 45-56.
  2. Rifai, A. (2024). Pengaruh Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Pendidikan Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 15-27.

Metode WebQual 4.0 untuk Evaluasi Kualitas Aplikasi Pendidikan

  1. Ghazali, I. (2015). Metode WebQual 4.0 untuk Analisis Evaluasi Kualitas Website Sistem Informasi Akademik. Jurnal Sistem Informasi, 10(2), 123-135.
  2. Siregar, B. (2023). Implementasi Metode WebQual 4.0 untuk Mengukur Kualitas Website Sistem Informasi Akademik Sekolah. Jurnal Teknologi Informasi, 8(1), 45-60.

Evaluasi Kualitas Aplikasi Dapodik Menggunakan Metode WebQual 4.0

  1. Palembang, I. G. (2015). Evaluasi Kualitas Website Akademik Menggunakan WebQual 4.0 dan Importance Performance Analysis. Jurnal Teknologi Informasi, 12(3), 78-90.
  2. Siregar, B. (2023). Analisis Kualitas Website Menggunakan Metode WebQual 4.0: Studi Kasus MyBest E-learning System UBSI. Jurnal Sistem Informasi, 14(2), 101-115.