Diki Wahyudi (11230224), ANALISA UI/UX APLIKASI STAFFED TIME PADA PAPAYA FRESH GALLERY MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING.
Di era digital saat ini, aplikasi menjadi salah satu sarana utama perusahaan dalam mengelola berbagai aspek operasionalnya, termasuk pengaturan jam kerja karyawan. Papaya Fresh Gallery menerapkan sistem kerja 5 hari kerja dalam seminggu dan diwajibkan untuk bekerja 8 jam per hari dan 40 jam perminggu. Permasalahan yang masih muncul dalam penggunaan aplikasi staffed time di papaya fresh gallery yaitu penghitungan aux tidak tercatat dalam aplikasi tersebut sehingga pengguna tidak mengetahui apakah aux yang digunakan berlebih atau tidak, tidak adanya pencatatan waktu kerja seharian, laporan waktu kerja mingguan, dan rekap penggunaan waktu aux pekerja yang digunakan. Tujuan penelitian ini adalah menambahkan fitur dan merancang ulang desain aplikasi menggunakan metode design thinking, berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan dengan metode system usability scale (SUS)tahapan penelitian dalam menggunakan metode Design Thinking dimulai dari Emphatize, Define, Ideate, Prototype, dan Test adalah lima langkah dalam metode yang digunakan. teknik pengumpulan data observasi, wawancara, kuesioner, studi pustaka. Penghitungan kuesioner menggunakan rumus SUS (System Usability Scale).penambahan fitur dari aplikasi staffed time yang akan memudahkan karyawan dalam memanfaatkan waktu kerja, fitur fitur yang akan di tambahkan seperti penambahan fitur mulai bekerja di pagi hari sekaligus menjadi absensi kedua selain fingerprint, penambahan laporan penggunaan aux harian, pembagian waktu aux pekerja sehingga penggunaan aux lebih terorganisir, penambahan fitur jadwal istirahat, penambahan fitur live monitoring kinerja karyawan oleh admin dan yang lainnya.Penelitian ini juga menyimpulkan bahwa perancangan desain UI/UX aplikasi Staffed Time dengan metode design thinking berhasil menghasilkan prototype yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. bahwa desain UI/UX aplikasi Staffed Time pada Papaya Fresh Gallery memperoleh skor SUS sebesar 71.
Kata Kunci: Analisa UI/UX Desktop, Design Thinking
44. 11230224_DIKI WAHYUDI
[1] V. A. Aditya and I. M. Sumartana, “Pengaruh Leverage dan Profitabilitas Terhadap Return Saham Pada PT. Semen Gresik Surticon Buana Perkasa Tbk. Denpasar,” J. Manaj. dan Bisnis Equilib., vol. 5, no. 1, pp. 51–64, 2019, doi: 10.47329/jurnal_mbe.v5i1.325.
[2] D. S. Bila and D. R. Indah, “Perancangan Ulang UI-UX Desain Website BKKBN Provinsi Sumatera Selatan dengan Metode Design Thinking,” KLIK Kaji. Ilm. Inform. dan Komput., vol. 3, no. 6, pp. 746–753, 2023, doi: 10.30865/klik.v3i6.870.
[3] C. Damayanti, A. Triayudi, and I. D. Sholihati, “Analisis UI/UX Untuk Perancangan Website Apotek dengan Metode Human Centered Design dan System Usability Scale,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 6, no. 1, p. 551, 2022, doi: 10.30865/mib.v6i1.3526.
[4] Ega Dwi Maharani and A. Rizani, “Pengaruh Modal, Tenaga Kerja, Jam Kerja Dan Lama Usaha Terhadap Pendapatan Konter Pulsa Di Kota Palangka Raya,” JEMBA J. Ekon. Pembangunan, Manaj. Bisnis, Akunt., vol. 3, no. 1, pp. 24–38, 2023, doi: 10.52300/jemba.v3i1.8769.
[5] M. S. Azis, L. Hakim, and Walim, “Perancangan Aplikasi Berbasis Desktop Dengan Microsoft Visual Basic (Studi Kasus: Aplikasi Absensi Anak Magang 1.0),” J. Responsif Ris. Sains dan Inform., vol. 2, no. 1, pp. 44–52, 2020, doi: 10.51977/jti.v2i1.170.
[6] A. F. Sallaby and I. Kanedi, “Perancangan Sistem Informasi Jadwal Dokter Menggunakan Framework Codeigniter,” J. Media Infotama, vol. 16, no. 1, pp. 48–53, 2020, doi: 10.37676/jmi.v16i1.1121.
[7] Jogiyanto, Konsep Dasar Sistem Informasi. 2017.
[8] H. Nurfauziah and D. Setiyawati, “SISTEM INFORMASI SEKOLAH BERBASIS WEB PADA MADRASAH DINIYAH AL-IZDIHAR,” vol. 8, no. 2, pp. 62–72, 2022.
[9] C. Novitasari, “Pengertian Metode Prototype,” Pelajarindo. com, vol. 15, 2020.
[10] A. S. Wijaya, “Prototyping Strategies,” 2019, [Online]. Available: https://sis.binus.ac.id/2019/04/09/prototyping-strategies/ (accessed July 17, 2023).
[11] S. Auliaddina, A. A. Puteri, and I. F. Anshori, “Perbandingan Analisa Usability Desain User Interface Pada Website Shopee Dan Bukalapak Menggunakan Metode Heuristic Evaluation,” Technol. J. Ilm., vol. 12, no. 3, p. 188, 2021, doi: 10.31602/tji.v12i3.5183.
[12] M. A. Muhyidin, M. A. Sulhan, and A. Sevtiana, “Perancangan Ui/Ux Aplikasi 49 My Cic Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Figma,” J. Digit, vol. 10, no. 2, p. 208, 2020, doi: 10.51920/jd.v10i2.171.
[13] Tiawan, N. S. Azwar, A. Fauzi, A. Zachry, and V. Virginia, “‘How To Be A UX/UI Designer?,’” BERNAS J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no, pp. 541–545, 2021, doi: 10.31949/jb.v2i2.863.
[14] and P. J. C. C. K. E. Bay Brix Nielsen, J. Daalhuizen, “‘Defining The Behavioural Design Space,’” Int. J. Des, vol. 15, p. no. 1, pp. 1–16, 2021.
[15] A. Nioga, K. C. Brata, and L. Fanani, “Evaluasi Usability Aplikasi Mobile KAI Access Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS) Dan Discovery Prototyping (Studi Kasus PT KAI),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 2, pp. 1396–1402, 2019, [Online]. Available: https://j- ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/4384
[16] SESINDO, Kajian Evaluasi Usability dan Utility pada Situs Web. SESINDO, 2015.
[17] M. Naufal, M. A.- Faruq, M. H. Aufan, U. Islam, and N. Walisongo, “Perancangan Ui / Ux Semarang Virtual Tourism,” vol. 4, no. 1, pp. 43–52, 2022.
[18] V. and William, Design Thinking Playbook. 2017.
[19] A. R. Ridwansyah, C. Dinata, N. Savitri, N. Rahmawati, N. Herdiana, and A. Rahman, “Perancangan UI / UX Pada Aplikasi Bapakkost Idemopet dengan Menggunakan Metode Design Thinking,” MDP Student Conf. 2022, vol. 1, no. 1, pp. 504–511, 2022.
[20] H. Agustin, “Sistem Informasi Manajemen dalam perspektif islam.” Rajawali Pers, 2019.
[21] M. J. Nugroho and D. H. Zulfikar, “Analisa Perancangan UI / UX Aplikasi Absensi dengan Metode Design Thinking pada PT . Pertamina Patra Niaga Sumbagsel,” no. November, pp. 226–239, 2023.
[22] D. Ismanto, M. Mawardah, and S. D. Purnamasari, “Penerapan UI/UX Untuk Pengembangan Sistem Rumah Sakit,” J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 2, 2024, [Online]. Available: https://doi.org/10.62951/karyanyata.v1i2.258
[23] M. T. Anggara, S. E. L. Ahluwalia, and ..., “Penerapan Disiplin Kerja Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Pada PT Sucofindo Bandar Lampung,” J. Strateg. …, no. 2, pp. 47–57, 2023, [Online]. Available: https://jim.teknokrat.ac.id/index.php/smart/article/view/3295