File Tugas Akhir Periode 1 2025

research
  • 24 Oct
  • 2025

File Tugas Akhir Periode 1 2025

Perkembangan teknologi digital telah mengubah perilaku konsumsi Generasi Z, di
mana TikTok tidak hanya menjadi platform hiburan, tetapi juga sarana pemasaran
melalui fitur TikTok Shop. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh
kemudahan penggunaan dan kesadaran merek terhadap minat beli Generasi Z pada
aplikasi TikTok. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif
dengan teknik analisis SEM-PLS terhadap 200 responden pengguna aktif TikTok.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemudahan penggunaan berpengaruh positif
dan signifikan terhadap minat beli, sedangkan kesadaran merek memberikan
pengaruh yang lebih kuat dan signifikan. Kedua variabel tersebut secara simultan
mampu menjelaskan 76,4% variabilitas minat beli pengguna. Temuan ini
mendukung teori Technology Acceptance Model (TAM) serta memperkuat literatur
terkait brand awareness dalam konteks bisnis digital. Penelitian ini memberikan
kontribusi praktis bagi pelaku bisnis dalam membangun pengalaman pengguna
yang optimal dan strategi branding yang efektif untuk meningkatkan minat beli di
platform e-commerce berbasis media sosial.

Unduhan

  • File 4.pdf

    File_4

    •   diunduh 2x | Ukuran 520 KB
  • File 1.pdf

    File_1

    •   diunduh 0x | Ukuran 1,258 KB
  • File 3.pdf

    File_3

    •   diunduh 1x | Ukuran 475 KB
  • File 2.pdf

    File_2

    •   diunduh 2x | Ukuran 524 KB
  • File 7.pdf

    File_7

    •   diunduh 1x | Ukuran 6,482 KB

 

  • File 7.pdf

    File_7

    •   diunduh 1x | Ukuran 6,638,045
  • File 8.pdf

    File_8

    •   diunduh 2x | Ukuran 394,806
  • File 5.pdf

    File_5

    •   diunduh 1x | Ukuran 4,656,224
  • File 6.pdf

    File_6

    •   diunduh 1x | Ukuran 334,513
  • Full Tugas Akhir.pdf

    Full Tugas Akhir

    •   diunduh 0x | Ukuran 11,217,218

REFERENSI

Ade Setiawan. (2023). Skala Pengukuran Variabel: Memahami Konsep dan Jenisnya
dalam Statistika | Smartstat. https://www.smartstat.info/materi/statistika/dasar
dasar-statistika/skala-pengukuran-variabel.html
Adelia Azka Sofia. (2022). Analisis Pengaruh Loyalitas Merek Dan Preferensi Merek
Terhadap Niat Pembelian Ulang Smartphone Pada Generasi Z. Skripsi, 9, 356–363.
AENI, I. Q. (2024). PENGARUH CONTENT MARKETING DAN REVIEW PRODUK
PADA APLIKASI TIKTOK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
SCARLETT DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL
INTERVENING. Ekonomi Dan Bisnis, 15(1), 37–48.
Agha Afkar, M., & Junior, P. (2023). Model Bisnis TikTok Shop dan Implikasinya
terhadap Ekonomi Digital di Indonesia. Journal of Law and Economics, 2(1), 41
51. https://doi.org/10.56347/JLE.V2I1.180
ALIF, F. (2024). PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN DI TIKTOK SHOP
TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI FAMYS HIJAB KOTA PEKANBARU.
Andirwan, A., Asmilita, V., Zhafran, M., Syaiful, A., & Beddu, M. (2023). Strategi
Pemasaran Digital: Inovasi untuk Maksimalkan Penjualan Produk Konsumen di Era
Digital. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Amsir, 2(1), 155–166.
https://doi.org/10.62861/JIMAT
Andriyanti, E., & Farida, S. N. (2022). Pengaruh Viral Marketing Shopee Affiliate,
Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Shopee Indonesia
(Studi Pada Generasi Z Pengguna Tiktok Di Sidoarjo). Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan
Bisnis Universitas Multi Data Palembang, 11(2), 228–241.
Annisa, F., Fadli, R., Suherman, N., Farida, I., & Prawira, A. (2024). Analisis Pengaruh
69
Strategi Pemasaran melalui TikTok terhadap Minat Beli Konsumen: Studi Literatur.
Jurnal Bisnis Mahasiswa, 4(1), 14–24. https://doi.org/10.60036/JBM.V4I1.ART2
Ariandi, M. A., Mubarak, M. Z., & Fahlvi, F. (2023). Pengaruh Media Sosial Terhadap
Mentalitas Gen Z di Masa Work From Home Provinsi Aceh. Talenta Conference
Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA), 6(1), 227–230.
https://doi.org/10.32734/LWSA.V6I1.1706
Br Barus, E., Pardede, K. M., Ananda Putri Br Manjorang, J., Pelita Nusantara, S., &
Utara, S. (2024). Transformasi Digital: Teknologi Cloud Computing dalam Efisiensi
Akuntansi. Jurnal Sains Dan Teknologi, 5(3), 904–911.
https://doi.org/10.55338/SAINTEK.V5I3.2862
CNBC Indonesia. (2023). Toko TikTok Makin Ramai, Shopee dan Lazada Kena
Getahnya. Www.Cnbcindonesia.Com.
https://www.cnbcindonesia.com/tech/20230526130259-37-440882/toko-tiktok
makin-ramai-shopee-dan-lazada-kena-getahnya
Ekawati, S., Daksa, F. A., Azzuhdi, A. N., & Sudiwijaya, E. (2025). Representasi
Perempuan dan Budaya Konsumen dalam Iklan Shopee 9.9 2024. Jurnal Audiens,
6(1), 118–130. https://doi.org/10.18196/JAS.V6I1.566
Febriyanti, Y., Suryasuciramadhan, A., Zulfikar, M., Nurhasanah, S., & Amalia, D. U.
(2024). Penggunaan Media Sosial TikTok Produk The Originote Sebagai
Komunikasi Pemasaran Online. Professional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi
Publik, 11(1), 341-350–341–350.
https://doi.org/10.37676/PROFESSIONAL.V11I1.6133
Frahyanti, F. (2024). Analisis Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Konsumen Memilih
Belanja Online Store Daripada Offline Store. https://e
journal.uingusdur.ac.id/sahmiyya/article/view/1794
70
Fuadi, F., Fachri, A., & Amelia, F. (2024). Pengaruh Direct Marketing terhadap
Keputusan Pembelian pada Live Streaming Tiktok dengan Kepercayaan sebagai
Variabel Moderasi dalam Perspektif Bisnis Islam (Study pada Generasi Z Pengguna
Aplikasi Tiktok di Kota Bandar Lampung). Journal of Islamic Economics and
Finance, 2(2), 171–197. https://doi.org/10.59841/jureksi.v2i2.1137
Gratia, G. P., Merah, E. L. K., Triyanti, M. D., Paringa, T., & Primasari, C. H. (2022).
Fenomena Racun Tik-Tok Terhadap Budaya Konsumerisme Mahasiswa di Masa
Pandemi COVID-19. KONSTELASI: Konvergensi Teknologi Dan Sistem Informasi,
2(1), 193–200. https://doi.org/10.24002/konstelasi.v2i1.5272
Havidz, I. L. H., Wiratih, H. W. R., Aima, M. H., Dewi, M. P., & Retnowati, R. (2021).
Sosialisasi Inovasi Pembayaran Digital WeChat Pay ke Generasi Z Universitas Esa
Unggul dan President University. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian Kepada
Masyarakat, 4(1), 21–27. https://doi.org/10.31334/JKS.V4I1.1629
Hidayat, M. A. (2023). Self Disclosure Generasi Z pada Media Sosial TikTok.
Ichwan, R. P. (2022). Kebijakan Pelarangan Media Tiktok Sebagai Bentuk Sekuritisasi di
Amerika Serikat di Masa Kepemimpinan Donald Trump pada Tahun 2020.
https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/52883
IDN Research Institute. (2024). Indonesia Gen Z. IDN Research Institute, 102.
https://cdn.idntimes.com/content-documents/indonesia-gen-z-report-2024.pdf
Ilahi, D. R., Octaviani, V., & Sari, S. (2023). Pengaruh Kenikmatan Yang Dirasakan,
Kegunaan Yang Dirasakan Dan Niat Merekomendasikan Terhadap Minat Beli
Perempuan Millenial Pengguna Tik Tok Di Kota Bengkulu. Professional: Jurnal
Komunikasi Dan Administrasi Publik, 10(2), 825–838.
https://doi.org/10.37676/professional.v10i2.5291
Iraka, I. (2025). The Influence of Tiktok Shop on Lifestyle and Consumer Culture Among
71
Students of Journalism. AT-TAWASUL, 4(1), 32–41.
https://doi.org/10.51192/JA.V4I1.1400
Joel, D., & Fakih, Y. (2024). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT
BELI PADA APLIKASI TIKTOK SHOP. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 18(1), 23
37. https://doi.org/10.53916/JEB.V18I1.81
Juliana, H. (2023a). Pengaruh Siaran Langsung Dan Manfaat Yang Dirasakan Terhadap
Niat Beli Melalui Kepercayaan Konsumen Pada Aplikasi Tiktok Shop. SINOMIKA
Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi Dan Akuntansi, 1(6), 1517–1538.
https://doi.org/10.54443/SINOMIKA.V1I6.754
Juliana, H. (2023b). Pengaruh Siaran Langsung Dan Manfaat Yang Dirasakan Terhadap
Niat Beli Melalui Kepercayaan Konsumen Pada Aplikasi Tiktok Shop. SINOMIKA
Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi Dan Akuntansi, 1(6), 1517–1538.
https://doi.org/10.54443/sinomika.v1i6.754
Julius, F. (2024). Menggali Potensi TikTok Shop: Peluang E-commerce Besar di
Indonesia Tahun 2025 - Entertainment - Lifestyle - Technology.
Asianewsroom.Com. https://asianewsroom.com/2024/10/peluang-bisnis-online
tiktok-shop-ke-depan-data-dan-fakta/
Junaida, & Riofita, H. (2024). PENGGUNAAN LIVE STREAMING TIKTOK DALAM
MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN. Inovasi Ekonomi Dan Bisnis,
6(2). https://journalpedia.com/1/index.php/ieb/article/view/1332
Katadata. (2024). Transaksi TikTok Shop Naik 4 Kali Lipat, Tertinggi di Asia Tenggara -
E-commerce Katadata.co.id. Katadata.Co.Id. https://katadata.co.id/digital/e
commerce/6694f0510d669/transaksi-tiktok-shop-naik-4-kali-lipat-tertinggi-di-asia
tenggara
Khoyrunnisa, R., Hidayati, N., & Athia, I. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Tiktok
72
Dan Brand Awareness Terhadap Minat Beli Produk Kecantikan Implora Di Malang.
E – Jurnal Riset Manajemen, 122–130. www.fe.unisma.ac.id
Kumparan. (2024). Perilaku Konsumen Generasi Z di Era Digital, Seperti Apa? |
kumparan.com. Kumparan.Com. https://kumparan.com/pengetahuan
umum/perilaku-konsumen-generasi-z-di-era-digital-seperti-apa-235f076ndbh/1
Layly, E. A. Y. N., & Rafida, V. (2023). Pengaruh Iklan Online Dan Electronic Word of
Mouth (Ewom) Terhadap Minat Pembelian Tas Di Déliwafa Store Dengan Harga
Sebagai Variabel Moderasi Pada Aplikasi Tiktok (Generasi Z Di Kota Surabaya).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 11(2), 269–276.
Lesmana, T. (2023). ANALISIS PERILAKU KONSUMEN GENERASI MILENIAL
DALAM BERBELANJA ONLINE. Jurnal EBI, 5(2), 46–56.
https://doi.org/10.52061/EBI.V5I2.175
Mahendra Ardiansyah, W. (2023). Peran Teknologi dalam Transformasi Ekonomi dan
Bisnis di Era Digital. https://journal.sabajayapublisher.com/index.php/jmeb
Malini, H. (2021). Gaya Konsumsi dan Perilaku Konsumen Generasi Z di Warung Kopi.
Prosiding Seminar Nasional SATIESP, 978–602.
Marpaung, I. R., & Lubis, F. A. (2022). Pengaruh Iklan, Sistem COD, dan Promo Gratis
Ongkir Terhadap Keputusan Pembelian Pada TikTokShop (Studi Kasus Pada
Mahasiswa UIN Sumatera Utara). JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis
Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 9(3), 1477–1491.
https://doi.org/10.35794/jmbi.v9i3.44292
Meliala, R. A. S. (2024). Dampak Saluran Integrasi Terhadap Loyalitas Melalui
Pengalaman Berbelanja Generasi Z Di Aplikasi Tiktok Pada Kota Medan.
Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14.
http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng
73
8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2
008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PE
MBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Millenia, D. (2022). Pengaruh citra perusahaan, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap
kepuasan pelanggan pada platform Tiktok Shop. Ekonomi Indonesia, 1–10.
Muhammad, A., Dharta, F. Y., & Kusumaningrum, R. (2024). PENGARUH
KOMUNIKASI PERSUASIF HOST LIVE SHOPPING TIKTOK SHOP
AEROSTREET TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN FOLLOWERS. In
Linimasa : Jurnal Ilmu Komunikasi (Vol. 7, Issue 1, pp. 1–13).
https://journal.unpas.ac.id/index.php/linimasa/article/view/8991
Muhammad Azmin, Rahmat Rahmat, R. S. (2024). Jual Beli Online Melalui Tik Tok
Shop Menurut Perspektif Qawaid Fiqhiyah. Journal of Sharia Economy and Islamic
Tourism, 4(1), 22–28. https://doi.org/10.31764/JSEIT.V4I1.27969
Munir, A., & Mubarak, A. (2025). ANALISIS IMPLEMENTASI TEKNOLOGI
ARTIFICIAL INTELLIGENCE PADA SISTEM REKOMENDASI KONTEN
TIKTOK: STUDI KASUS PERSONALISASI FOR YOU PAGE. JURNAL SAINS
& TEKNOLOGI, 1(01). https://ojs.univsm.ac.id/index.php/univsm/article/view/41
Nabilah, S. H. (2024). PENGARUH BRAND AWARENESS DAN COUNTRY OF ORIGIN
TERHADAP MINAT BELI PRODUK SKINCARE ( SKINTIFIC ).
Napitupulu, H. T. (2024). ANALISIS FAKTOR PENERIMAAN APLIKASI E
COMMERCE TIKTOK SHOP DENGAN METODE TECHNOLOGY
ACCEPTANCE MODEL (TAM).
Ngongo, & Lena. (2024). Pengaruh Kemudahan dan Kepercyaan terhadap Minat beli
pada Aplikasi Tiktokshop. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 03(5), 603–610.
https://bajangjournal.com/index.php/Juremi/article/view/7569/5882
74
Ngongo, O. A., Varah, S., & Lena, V. (2024). PENGARUH KEMUDAHAN DAN
KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT BELI PADA APLIKASI TIKTOK SHOP.
Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 3(5), 603–610.
https://bajangjournal.com/index.php/Juremi/article/view/7569
Noviani, D., Agama Islam Al-Qur, I., Al-Ittifaqiah Ogan Ilir Indralaya, an, & Selatan, S.
(2023). Sosialisasi Urgensi Pendidikan Karakter Terhadap Remaja Millenial
Generasi Z di Era Society 5.0. ADM : Jurnal Abdi Dosen Dan Mahasiswa, 1(2),
119–124. https://doi.org/10.61930/JURNALADM.V1I2.208
Nurhayati, P. (2024). Pengaruh kualitas produk, harga, citra merek, dan promosi
terhadap minat beli belanja online pada mahasiswa nusa putra di aplikasi tiktok
shop.
Nurhikmah, S. (2023). Panduan Lengkap TikTok Shop untuk Bisnis E-commerce.
Golocad.Com. https://golocad.com/id/insights/tiktok-shop-untuk-bisnis-e
commerce/
Nurmalasari, N., & Masitoh, I. (2020). MANAJEMEN STRATEGIK PEMASARAN
PENDIDIKAN BERBASIS MEDIA SOSIAL. Journal of Management Review,
4(3), 543–548. https://doi.org/10.25157/MR.V4I3.4524
Pertiwi, S. (2022). Konsumsi Media Sosial Tik Tok pada Mahasiswa Universitas
Sriwijaya Kampus Indralaya. Jurnal Empirika, 6(2), 122–138.
https://doi.org/10.47753/je.v6i2.109
Populix. (2021). Riset Populix: Tren Belanja Online Masyarakat Indonesia.
Info.Populix.Co. https://info.populix.co/articles/tren-belanja-online-masyarakat
indonesia/
Rachmawati, I. R. (2023). Aksesibilitas Belanja Online Di Era Society 5.0. https://e
journal.uingusdur.ac.id/sahmiyya/article/view/886
75
Rafki, R., Prawirosumarto, S., Lusiana, L., Sari, S., Oktarina, Y., & Nofriadi, N. (2023).
PENGARUH KENYAMANAN DAN KOMPATIBILITAS YANG DIRASAKAN
PADA ADOPSI BELANJA ONLINE DIANTARA GENERASI X:
PENDEKATAN TAM. Dinamika: Jurnal Manajemen Sosial Ekonomi, 3(2), 177
184. https://doi.org/10.51903/DINAMIKA.V3I2.401
Ramadhan, R. S., Voutama, A., & Hannie, H. (2023). RANCANG BANGUN SISTEM
INFORMASI PENJUALAN HYBRID BERBASIS WEBSITE (STUDI KASUS
TOKO RIZKI PLASTIK). JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 7(2),
1227–1235. https://doi.org/10.36040/JATI.V7I2.6669
Rika Widianita, D. (2023). PERUBAHAN PERILAKU KONSUMEN GENERASI
MILENIAL DAN GENERASI Z TERHADAP PEMBELIAN CONSUMER
GOODS PADA ERA DIGITAL DI DESA BETON. AT-TAWASSUTH: Jurnal
Ekonomi Islam, VIII(I), 1–19.
Riswanto, A. (2024). Ekonomi Bisnis Digital: Dinamika Ekonomi Bisnis di Era Digital.
https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=KCvuEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=P
P3&dq=sangat+tinggi+mengingat+transformasi+cepat+dalam+cara+konsumen+ber
interaksi+dengan+media+sosial+dan+e
commerce.&ots=MHZrTRWdAp&sig=cP4_vyU5jx25lxz4U0_UG1GY
YY&redir_esc=y#v=onepag
Safitri, A. A. (2021). Penerapan Teori Penetrasi Sosial pada Media Sosial: Pengaruh
Pengungkapan Jati Diri melalui TikTok terhadap Penilaian Sosial. Jurnal Teknologi
Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.47233/JTEKSIS.V3I1.180
Sampoerna University. (2022). Teknik Pengumpulan Data: Arti, Proses, dan Jenis Data.
https://www.sampoernauniversity.ac.id/id/news/teknik-pengumpulan-data-arti
proses-dan-jenis-data
76
Sari, W., Nurhasanah, N., & Derajat, S. P. (2025). PENGARUH DISKON DAN
PROMOSI TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DI APLIKASI SHOPEE.
KRAKATAU (Indonesian of Multidisciplinary Journals), 3(1), 44–50.
http://jurnal.desantapublisher.com/index.php/krakatau/article/view/384
Sarman. (2024). Analisis Budaya Komsumerisme Belanja Online Pada Masyarakat.
Inovasi Makro Ekonomi (IME), 6(3).
https://journalpedia.com/1/index.php/ime/article/view/2095
Septiana, E., & Damanuri, A. (2024a). PERUBAHAN PERILAKU KONSUMEN
GENERASI MILENIAL DAN GENERASI Z TERHADAP PEMBELIAN
CONSUMER GOODS PADA ERA DIGITAL DI DESA BETON. IJMA
(Indonesian Journal of Management and Accounting), 5(2), 248–261.
https://doi.org/10.21927/IJMA.2024.5(2).248-261
Septiana, E., & Damanuri, A. (2024b). Perubahan Perilaku Konsumen Generasi Milenial
Dan Generasi Z Terhadap Pembelian Consumer Goods Pada Era Digital Di Desa
Beton. IJMA (Indonesian Journal of Management and Accounting, 5(2), 248–261.
https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/IJMA/index
Sholikah, M. U., & Arifin, S. (2024). PERAN TIKTOKSHOP DALAM STRATEGI
PEMASARAN TOKO ALYATTIRE DI ERA E-COMMERCE. Jurnal Ekonomi
Manajemen, 28(12). https://oaj.jurnalhst.com/index.php/jekma/article/view/6703
Siti Salima Salsabila, T. P. H. (2023). Analisis Pengaruh Aplikasi Tiktok Sebagai Media
Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen. Bisnis Dan Akuntansi, 2(5), 765–776.
http://bajangjournal.com/index.php/JEMBA
Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.
Sugiyono. (2023). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D.
Sulistianti, R. A., & Sugiarta, N. (2022). Konstruksi Sosial Konsumen Online Shop Di
77
Media Sosial Tiktok (Studi Fenomenologi Tentang Konstruksi Sosial Konsumen
Generasi Z Pada Online Shop Smilegoddess Di Media Sosial Tiktok). JISIP (Jurnal
Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 6(1), 3456–3466.
https://doi.org/10.58258/jisip.v6i1.2861
Syarifah, T., Efendi, Z., & Produk, R. (2024). PENGARUH BRAND AMBASSADOR
DAN RATING PRODUK TERHADAP MINAT BELI PRODUK SKINCARE DI
PLATFORM E- COMMERCE SHOPEE PADA GENERASI Z. 7, 12098–12102.
Thoriq, A. H. (2024). Analisis Pemanfaatan Aplikasi TikTok Sebagai Sumber
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Utamanyu, R. A., & Darmastuti, R. (2022). BUDAYA BELANJA ONLINE GENERASI
Z DAN GENERASI MILENIAL DI JAWA TENGAH (Studi Kasus Produk
Kecantikan di Online Shop Beauty by ASAME). Scriptura, 12(1), 58–71.
https://doi.org/10.9744/SCRIPTURA.12.1.58-71
Wahani Virgiyanti, J., Tyas Untari, D., & Bhayangkara Jakarta Raya, U. (2025).
PENGARUH CONTENT MARKETING DAN TAGLINE PRODUK
GLAD2GLOW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI APLIKASI
TIKTOK (STUDI KASUS GENERASI Z DI KOTA BEKASI). IJESM Indonesian
Journal of Economics and Strategic Management, 3(1).
https://doi.org/10.69718/IJESM.V3I1.93
Widiyawati, Y., Ningsih, C. D. S., Lestari, F., & Pramita, G. (2022). Analisis Pengaruh
Belanja Online Terhadap Perilaku Perjalanan Belanja Dimasa Pandemi Covid-19.
JICE (Journal of Infrastructural in Civil Engineering), 3(02), 25.
https://doi.org/10.33365/jice.v3i02.2151
Windiana, A., & Nurwahid, A. F. (2025). STRATEGI PEMASARAN TOKO ODY.SUB
MELALUI PLATFORM DIGITAL (Analisis Marketing Mix 4P pada Instagram,
78
Shopee, dan TikTok). 9, 308–317.
Zahra, Z., Ayunda P, R., & Naben, M. N. (2023). Analisis “Predatory pricing” TikTok
Shop di Tengah Pemanfaatan Media Sosial Bagi UMKM Indonesia. Prosiding
Seminar Nasional, 31, 1022–1030.
Zulfa, N., Millah, N., Nuratin, N., & Novitasari, K. (2024). Konsep Maqashid Syariah
dalam Praktik Strategi Pemasaran Tiktok dengan Landasan Etika Bisnis Islam.
Journal of Accounting, Management, Economics, and Business (ANALYSIS), 2(1),
69–85. https://doi.org/10.56855/ANALYSIS.V2I1.928
Zunan Setiawan. (2024). Buku Ajar Perilaku Konsumen.
https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=beL4EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=P
A34&dq=pelaku+bisnis+dapat+menyesuaikan+penawaran+mereka+untuk+memenu
hi+kebutuhan+dan+preferensi++gen+z&ots=GDYnn0VsVH&sig=0iMXWvGBddw
upOtb30TLF2phk4w&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false