SUSANTI (11230070), Analisis dan Perancangan Desain UI/UX Aplikasi Mobile Disporapar Menggunakan Metode Design Thinking.
Kemajuan pariwisata dan ekonomi kreatif di Kalimantan barat sangat diperlukan kemajuan teknologi untuk memperkenalkan lebih luas destinasi dan pariwisata yang ada di Kalimantan barat. Disporapar DISPORAPAR ( Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata ) adalah sebuah kantor urusan pemerintahan di bidang pemuda dan olahraga berdasarkan asas otonomi daerah dan tugas pembantuan. Dinas Pemuda, Olah Raga dan Pariwisata mempunyai tugas membantu Walikota dalam melaksanakan urusan pemerintah di Bidang Pembudayaan Olahraga, Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Bidang Pengembangan dan Pemasaran Pariwisata, Bidang Pengembangan Ekonomi Kreatif, dan Bidang Sumber Daya Manusia Kepemudaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Disporapar tidak lepas dari tugas dan fungsinya untuk terus mengembangkan destinasi dan pariwisata yang ada di Kalimantan barat ini. Dengan website disporapar saat ini tentu saja sangat membantu dalam memberikan informasi kepada Masyarakat. Untuk itu disporapar ingin terus meng upgrate data-data yang menjadi sebuah informasi untuk Masyarakat. Dengan dibangunnya sebuah aplikasi mobile untuk membangun sebuah tampilan baru dari disporapar tentu saja sangat mudah untuk membagikan informasi- informasi denistinasi dan pariwisata yang ada di Provinsi Kalimantan Barat. Dengan metode design thingking dalam menganalisis aplikasi ini, pengembangan tampilan desain akan lebih terlihat berbeda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa motif yang mendasari pengguna dalam menggunakan aplikasi mobile disporapar adalah motif informasi dan kepuasan informasi yang banyak diperoleh. Pada tahapan akhir metode ini untuk melihat hasil dari total nilai skornya. Dari pengolahan data pada skor akhir memperoleh nilai 79,05, dan disimpulkan bahwa rancangan tersebut sudah acceptable, grade C, dan good.
Kata Kunci : Aplikasi Mobile Disporapar, Metode Design Thinking, UI/UX
[1] F. Azizi and N. N. Anggalih, “PERANCANGAN UI/UX DIGITAL INNOVATION SUSTAINABLE TOURISM MOBILE APPS DESA KEMIREN BANYUWANGI.” [Online]. 2022, Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/desgrafia/
[2] R. Komalasari, P. Pramesti, and B. Harto, “Teknologi Informasi E-Tourism Sebagai Strategi Digital Marketing Pariwisata,” Altasia J. Pariwisata Indones., vol. 2, no. 2, pp. 163–170, 2020, doi: 10.37253/altasia.v2i2.559.
[3] D. Haryuda, M. Asfi, and R. Fahrudin, “Perancangan UI/UX Menggunakan Metode Design Thinking Berbasis Web Pada Laportea Company,” J. Ilm. Teknol. Infomasi Terap., vol. 8, no. 1, pp. 111–117, 2021, doi: 10.33197/jitter.vol8.iss1.2021.730.
[4] M. I. FAIZAL, V. N. INTAN, and R. FIRMANSYAH, “Analisis Sistem Informasi Manajemen Bagi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19,” JEMSI (Jurnal Ekon. Manajemen, dan Akuntansi), vol. 7, no. 1, pp. 9–16, 2021, doi: 10.35870/jemsi.v7i1.512.
[5] S. Pakpahan and A. Fa, “Sistem Informasi Pengelolaan Dana Desa Pada Desa Hilizoliga Berbasis Web,” vol. 05, 2020.
[6] P. B. B. E-commerce, “Penggunaan Aplikasi,” vol. 1, no. 2, pp. 81–88.
[7] E. C. Shirvanadi and M. Idris, “Perancangan ulang UI/UX situs e-learning aminkom center metode design thinking (studi kasus: amikom center),” Automata, vol. 2, pp. 1–8, 2021, [Online]. Available: https://journal.uii.ac.id/AUTOMATA/article/view/19438/11541
[8] N. F. Amin, S. Garancang, K. Abunawas, M. Makassar, I. Negeri, and A. Makassar, “PENDAHULUAN Penelitian merupakan proses kreatif untuk mengungkapkan suatu gejala melalui cara tersendiri sehingga diperoleh suatu informasi . Pada dasarnya , informasi tersebut merupakan jawaban atas masalah-masalah yang dipertanyakan sebelumnya . Oleh ka,” vol. 14, no. 1, pp. 15–31, 2023.
[9] A. S. Refiani and A. Mustikasari, “ANALISIS PENGARUH SOSIAL MEDIA MARKETING MELALUI INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN STUDI PADA THIS ! BY ALIFAH RATU TAHUN 2020 Program Studi D3 Manajemen Pemasaran Universitas Telkom 2020,” vol. 6, no. 2, pp. 2753–2758, 2020.
[10] J. M. Dumalang, C. E. J. . Montolalu, and D. Lapihu, “Perancangan UI/UX Aplikasi Penjualan Makanan berbasis Mobile pada UMKM di Kota Manado menggunakan metode Design Thinking,” J. Ilm. Inform. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 2, pp. 41–52, 2023, doi: 10.58602/jima-ilkom.v2i2.19.
[11] H. Y. Madawara, P. F. Tanaem, and D. H. Bangkalang, “Perancangan Ui/Ux Aplikasi Ktm Multifungsi Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Pendidik. Teknol. Inf., vol. 5, no. 2, pp. 111–125, 2022, doi: 10.37792/jukanti.v5i2.560.
[12] U. I. Ux, D. Aplikasi, C. S. Surachman, M. R. Andriyanto, C. Rahmawati, and P. Sukmasetya, “Implementation of Design Thinking Methods in UI / UX Design for Dagang . in Applications,” pp. 157–169, 2019.
[13] Mh. Abdurrohman, D. Setiawan, L. Trisnawati, U. Suska Riau, and U. Abdurrab, “Model Rancangan Aplikasi Promosi Usaha Rempah Menggunakan Design Thinking,” JOISIE J. Inf. Syst. Informatics Eng., vol. 5, no. 1, pp. 29–36, 2021.
[14] I. Engineering et al., “PERANCANGAN UI / UX APLIKASI OGAN LOPIAN DISKOMINFO,” vol. 7, no. 1, pp. 55–70, 2023.
[15] M. F. Ardiansyah and P. Rosyani, “Perancangan UI / UX Aplikasi Pengolahan Limbah Anorganik Menggunakan Metode Design Thinking,” vol. 1, no. 4, pp. 839–853, 2023.
[16] D. Ariska and S. Nurlela, “Analisis Dan Perancangan UI/UX Aplikasi Lazada Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Infortech, vol. 4, no. 2, pp. 86–91, 2022.
[17] N. Komariah and N. Lutfiyana, “Perancangan Ui Menggunakan Metode Design Thinking Pada Sensus Upt Pajak Wilayah Ciomas Berbasis Mobile,” Inf. Syst. Educ. Prof. J. Inf. Syst., vol. 8, no. 2, p. 207, 2023, doi: 10.51211/isbi.v8i2.2662.