Analisa UI/UX Aplikasi SIM ASN BKPSDM Karawang dengan Metode Design Thinking

research
  • 30 Jan
  • 2025

Analisa UI/UX Aplikasi SIM ASN BKPSDM Karawang dengan Metode Design Thinking

Joko Triyono (11230148), Analisa UI/UX Aplikasi SIM ASN BKPSDM Karawang dengan Metode Design Thinking

Pemanfaatan teknologi informasi dalam pemerintahan merupakan wujud nyata penyelenggaran E-Government. Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) sebagai organisasi perangkat daerah di lingkungan pemerintah Kabupaten Karawang sudah menerapkan sistem informasi manajemen kepegawaian (SIMPEG) berbasis digital yang diberi nama SIM ASN (Sistem Informasi Manajemen Aparatur Sipil Negara) BKPSDM Karawang. Akan tetapi sejak peluncuran SIM ASN ke publik yaitu saat pandemi covid tahun 2019 hingga saat ini, aplikasi SIM ASN BKPSDM Karawang belum pernah dilakukan analisa UI/UX, selain itu masih terdapat permasalahan yang sering dikeluhkan oleh pengguna saat mengoperasikan Aplikasi SIM ASN BKPSDM Karawang. Oleh karena itu, penulis mencoba untuk melakukan penelitian untuk menganalisa UI/UX Aplikasi SIM ASN BKPSDM Karawang. Penelitian ini menggunakan metode design thinking karena memiliki pendekatan yang lebih berfokus pada masalah pengguna, kolaboratif dan iteratif dengan tujuan menghasilkan solusi yang lebih inovatif, relevan dan memuaskan bagi pengguna. Hasil dari analisa tersebut berupa usability yang berpengaruh pada meningkatnya penggunaan aplikasi serta rekomendasi perbaikan berupa prototype yang telah diuji dengan System Usability Scale (SUS) dengan nilai 74,75 yang berarti baik.

Kata Kunci : SIM ASN BKPSDM Karawang, Analisa UI/UX, Design Thinking, Usability

Unduhan

 

REFERENSI

[1] Sadar, E-GOVERNMENT (KONSEP, IMPLEMENTASI DAN EVALUASI E- GOVERNMENT DI INDONESIA), 1st ed. Bandung: Widina Media Utama, 2023. [Online]. Available: https://repository.penerbitwidina.com/media/publications/565192-e- government-konsep-implementasi-dan-eva-f89b0e32.pdf

[2] M. Amri, D. Fara Waidah, and F. Tyas Adi, “Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Karimun,” J. TIKAR, vol. 4, no. 1, pp. 41–50, 2023, [Online]. Available: https://bpksdm.karimunkab.go.id/.

[3] R. F. Dewa, T. Suratno, P. Eko, and P. Utomo, “ANALISIS DAN PERANCANGAN UI / UX SISTEM RECALL DENGAN METODE DESIGN THINKING DAN REMOTE USABILITY TESTING ANALYSIS AND DESIGN UI / UX RECALL SYSTEM USING DESIGN THINKING AND REMOTE USABILITY TESTING,” vol. 12, no. 2, pp. 277–286, 2024, doi: 10.26418/justin.v12i2.74013.

[4] H. Adib, Perca-perca bahasa, 1st ed. Yogyakarta: Diva Press, 2021.

[5] A. Sanjaya, W. P. Mustika, and B. Rifai, “Analisa Design UI/UX Point Of Sales Berbasis Web Pada Raja Samudra Popok Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Manajamen Inform. Jayakarta, vol. 4, no. April, pp. 238–250, 2024, doi: https://doi.org/10.52362/jmijayakarta.v4i2.1061.

[6] H. Himawan and M. Yanu, Buku Ajar Interface User Experience, 1st ed. Yogyakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UPN Veteran Yogyakarta, 2020.

[7] M. B. Amin, TIK & Aplikasi Komputer Manajemen Pendidikan Islam, 1st ed. Pamekasan: iainmadura press, 2019. [Online]. Available: http://repository.iainmadura.ac.id/418/1/1.1 Naskah Buku.pdf

[8] K. Abdul Karim, Budianto Bangun, D. I. Iwan Purnama, Syaiful Zuhri Harahap, M. H. M. Marnis Nasution, and I. R. M. Rahmadani, Pengantar Teknologi Informasi, I. Labuhanbatu: Yayasan Labuhanbatu Berbagi Gemilang, 2020.

[9] Dana Publicover, Empathy at Scale, I. Publicover Press, 2020. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=Ru3KDwAAQBAJ&pg=PA22&dq=desi gn+thinking&hl=id&newbks=1&newbks_redir=0&sa=X&ved=2ahUKEwjbjr eu2YWGAxVX3TgGHcKnCeg4RhDoAXoECAQQAg#v=onepage&q=desig n thinking&f=false

[10] H. Y. Madawara, P. F. Tanaem, and D. H. Bangkalang, “Perancangan Ui/Ux Aplikasi Ktm Multifungsi Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Pendidik. Teknol. Inf., vol. 5, no. 2, pp. 111–125, 2022, doi: 10.37792/jukanti.v5i2.560.

[11] S. Purbaningrum and W. P. Mustika, “Analisa Desain UI/UX Aplikasi Pemesanan Gas Elpiji (APALJI) Berbasis Android Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Sos. Teknol., vol. 3, no. 10, pp. 862–870, 2023, [Online]. Available: https://sostech.greenvest.co.id/index.php/sostech/article/view/921%0Ahttps://s ostech.greenvest.co.id/index.php/sostech/article/download/921/1208

[12] S. Nurmaharani and Heriyanto, “Analisa Dan Perancangan Ui/Ux Aplikasi Penjualan Menggunakan Metode Design Thinking Pada Cv. Multi Ban Oto Servis Bekasi,” INFOTECH J., vol. 9, no. 1, pp. 46–53, 2023, doi: 10.31949/infotech.v9i1.4393.

[13] D. Ariska and S. Nurlela, “Analisis Dan Perancangan UI/UX Aplikasi Lazada Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Infortech, vol. 4, no. 2, pp. 86–91, 2022.

[14] I. Rochmawati, “Iwearup.Com User Interface Analysis,” Visualita, vol. 7, no. 2, pp. 31–44, 2019, doi: 10.33375/vslt.v7i2.1459.

[15] R. M. Candra, Novriyanto, and F. A. Firdausi, “Analisa dan Desain Kembali UI/UX Aplikasi Marketplace UMKM Digidesa menggunakan Metode Design Thinking,” Semin. Nas. Teknol. Informasi, Komun. dan Ind., no. November, pp. 2579–5406, 2021.

[16] S. Tazkiyah and A. Arifin, “Perancangan UI/UX pada Website Laboratorium Energy menggunakan Aplikasi Figma,” J. Teknol. Terpadu, vol. 8, no. 2, pp. 72–78, 2022, doi: 10.54914/jtt.v8i2.513.

[17] Naomi Ajamsaru, S. D. E. Paturusi, and V. Tulenan, “Analisis UI/UX Pada Website Program Studi Teknik Informatika Menggunakan Metode System Usability Scale,” J. Tek. Inform., vol. 19, no. 01, pp. 45–50, 2024, doi: 10.35793/jti.v19i01.51375.

[18] A. A. Andryadi and N. Hasri Fatonah, “Analisis User Experience Dan User Interface (Ui/Ux) Pada Website Menggunakan Metodegoogle Design Sprint,” J. Teknol. dan Bisnis, vol. 3, no. 2, pp. 137–144, 2021, doi: 10.37087/jtb.v3i2.61.

[19] M. Raschintasofi and H. Yani, “Perancangan UI/UX Aplikasi Learning Management System Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Manaj. Teknol. Dan Sist. Inf., vol. 3, no. 1, pp. 343–353, 2023, doi: 10.33998/jms.2023.3.1.753.

[20] M. J. Narizki, R. A. Widyanto, and N. A. Prabowo, “Perancangan UI/UX Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru Berbasis Perangkat Mobile dengan Metode Design Thinking,” J. Inf. Syst. Res., vol. 4, no. 4, pp. 1127–1135, 2023, doi: 10.47065/josh.v4i4.3652.