TIX ID merupakan sebuah penyedia layanan penjualan tiket bioskop online dan menjadi pihak ketiga untuk beberapa bioskop di Indonesia. Sebagai salah satu aplikasi pembelian tiket bioskop online, sangat diharuskan memiliki design User Interface atau UI yang user friendly. Jika dilihat dari penilaian yang sudah ada, banyak pengguna yang tidak mengerti dengan biaya tambahan dan mengapa ada biaya tambahan Sehingga dapat disimpulkan bahwa tampilan yang ada tidak memberikan informasi yang dibutuhkan. Padahal aplikasi pembelian tiket bioskop online ini sangat membantu karena hanya tinggal melakukan scan barcode, maka tiket yang sudah dibeli siap dicetak. Heuristic evaluation merupakan metode yang memberikan kemudahan usability dalam melakukan pencarian atau identifikasi beberapa masalah terhadap interface pada sebuah software. Metode ini biasanya digunakan untuk mencari tahu seberapa baik sebuah sistem dalam pengunaannya seperti efisiensi, efektivitas, dan kepuasan pengguna. Berdasarkan penjelasan diatas, maka penulis akan melakukan penelitian pada TIX ID menggunakan pengalaman pengguna pada penilaian di Play Store.
12190071 - MOCHAMAD CHEPY SUDERA
[1] R. D. Siahaan, “Implementasi Algoritma Zhu Takaoka Pada Aplikasi Sinopsis Film Bioskop Berbasis Mobile,” Terap. Inform. Nusant., vol. 1, no. 12, hal. 587–590, 2021.
[2] D. Yolanovia dan A. D. Indriyanti, “Evaluasi User Experience Aplikasi TIX ID Menggunakan Metode Heuristic Evaluation,” J. Emerg. Inf. Syst. Bus. Intellligence, vol. 02, no. 03, hal. 8–13, 2021.
[3] S. Auliaddina, A. A. Puteri, dan I. F. Anshori, “Perbandingan Analisa Usability Desain User Interface Pada Website Shopee Dan Bukalapak Menggunakan Metode
Heuristic Evaluation,” Technol. J. Ilm., vol. 12, no. 3, hal. 188, 2021, doi: 10.31602/tji.v12i3.5183.
[4] R. Resa dan K. R. N. Wardani, “User Interface Dan User Experience Website Bpkad Provinsi Sumatera Selatan Menggunakan Metode Heuristic Evaluation,” Zo. J. Sist. Inf., vol. 4, no. 2, hal. 88–99, 2022, doi: 10.31849/zn.v4i2.10972.
[5] F. Meirisah dan T. Sutabri, “Analisa Kasus Kejahatan Siber Dengan Menggunakan Visualisasi Data,” J. Inform. Teknol. dan Sains, vol. 5, no. 1, hal. 32–37, 2023, doi: 10.51401/jinteks.v5i1.2211.
[6] Heryanto, S. B. Sembiring, dan J. B. Togatorop, “Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar,” Curere, vol. 6, no. 1, hal. 45–54, 2022.
[7] M. I. W. Pradana dan G. K. Mahendra, “Analisis Dampak Covid-19 Terhadap Sektor Pariwisata Di Objek Wisata Goa Pindul Kabupaten Gunungkidul,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. February, hal. 2021, 2021, [Daring]. Tersedia pada: https://doi.org/10.1080/09638288.2019.1595750%0Ahttps://doi.org/10.1080/17518423.2017.1368728%0Ahttp://dx.doi.org/10.1080/17518423.2017.1368728%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ridd.2020.103766%0Ahttps://doi.org/10.1080/02640414.2019.1689076%0Ahttps://doi.org/
[8] P. Ropi, A. F. Wijaya, dan F. S. Papilaya, “Analisis Kinerja Pegawai Kantor Desa Dalam Memberikan Pelayanan Administrasi Kepada Masyarakat,” VISA J. Vis. Ideas, vol. 3, no. 1, hal. 60–68, 2022, doi: 10.47467/visa.v3i1.1237.
[9] I. A. Marie, W. Septiani, dan D. Sugiarto, Sistem Pendukung Keputusan Intelijen untuk Penanganan Ketidakpastian pada Rantai Pasok Industri. Yogyakarta: Nas Media Pustaka, 2023.
[10] A. Baijuri et al., Analisis Sistem Informasi. Padang: CV. Gita Lentera, 2023.
[11] R. Y. Cahyono, H. M. Wulandari, S. Hartati, dan E. Y. Anggraeni, Sistem Informasi Manajemen. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management, 2023.
[12] I. Rozak, “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Geografis Pemetaan Hama Tanaman Padi,” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 2, no. 3, hal. 375–381, 2021, doi: 10.33365/jatika.v2i3.1239.
[13] V. Tasril, A. Rizka, Munisa, dan S. D. Murni, Kecanduan Gadget dengan Pendekatan Lean UX. Pasaman Barat: CV. Azka Pustaka, 2023.
[14] E. Y. Anggraeni, A. P. Nanda, dan Suryono, Sistem Teknologi Informasi. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management, 2023.
[15] Y. W. S. Putra et al., Pengantar Aplikasi Mobile. Sukabumi: CV. Haura Utama, 2023.
[16] T. K. Ahsyar, Husna, dan Syaifullah, “Evaluasi Usability Sistem Informasi Akademik SIAM Menggunakan Metode Heuristic Evaluation,” Semin. Nas. Teknol. Informasi, Komun. dan Ind., vol. 11, no. November, hal. 163–170, 2019.
[17] T. Wahyuningrum, Buku Referensi Mengukur Usability Perangkat Lunak. Yogyakarta: Deepublish, 2021.
[18] A. P. Wardhanie dan K. Lebdaningrum, Prosiding Diseminasi Hasil Penelitian Dosen 2022 “Pariwisata Dalam Multi-Perspektif.” Jember: UPT Penerbitan Universitas Jember, 2022.
[19] D.- Lestari, N. Rohaniati, dan M. Rahmayu, “Analisis Evaluasi User Interface Dan User Experience Pada Aplikasi Majoo Dengan Metode Heuristic Evaluation (Studi Kasus : Speed Karunia Cipta),” Media J. Inform., vol. 14, no. 2, hal. 97, 2022, doi: 10.35194/mji.v14i2.2553.
[20] M. Damayanti, “Evaluasi Penggunaan Aplikasi TIX ID dengan Menggunakan Metode Usability Testing,” vol. 1, hal. 38–49, 2024.
[21] A. K. N. Linda, M. Y. Fathoni, dan R. R. H. Setyodewi, “Usability Evaluation of The Cinemas Indonesia CGV Application Using Heuristic Evaluation and Pieces Framework,” Sistemasi, vol. 12, no. 3, hal. 689, 2023, doi: 10.32520/stmsi.v12i3.2769.
[22] R. N. Islami, S. S. Hilabi, dan A. Hananto, “Analisis User Experience Aplikasi Traveloka dan Tiket.com Menggunakan Metode User Experience Quesionnaire,” Remik, vol. 7, no. 1, hal. 497–505, 2023, doi: 10.33395/remik.v7i1.12106.
[23] A. Noor dan E. L. Hadisaputro, “Analisis Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi TIX ID Menggunakan Metode User Experience Questionnaire,” J. Inf. Syst. Res., vol. 3, no. 4, hal. 672–677, 2022, doi: 10.47065/josh.v3i4.1881.
[24] M. S. Fadzana dan D. A. Diartono, “Pengaruh User Experience (UX) Design Terhadap Kemudahan Pengguna dalam Menggunakan Aplikasi TIX ID,” vol. 8, no. 3, 2024.
[25] W. Cahyani dan R. Sulistyowati, “PENGARUH SALES PROMOTION DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TIKET BIOSKOP MELALUI APLIKASI TIX ID (Studi pada Pengguna Aplikasi TIX ID di Surabaya),” J. Pendidik. Tata Niaga, vol. 9, no. 1, hal. 1055–1061, 2021, [Daring]. Tersedia pada: https://forms.gle/zeHfZKGyByYxLfKy5
[26] F. N. Ramadhayanti, Mulyadi, dan E. Rasywir, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi TIX ID Di Kota Jambi Menggunakan Metode EUCS,” J. Ilm. Media Sisfo, vol. 17, no. 1, hal. 143–151, 2023, doi: 10.33998/mediasisfo.2023.17.1.792.
[27] N. Izzah, “Pelatihan Membuat Dan Mengelola Website Sekolah,” J. Abdimas Bina Bangsa, vol. 1, no. 2, hal. 247–256, 2020, doi: 10.46306/jabb.v1i2.40.
[28] Maidiana, “Penelitian Survey,” ALACRITY J. Educ., vol. 1, no. 2, hal. 20–29, 2021, doi: 10.52121/alacrity.v1i2.23.
[29] D. H. Ismunarti, M. Zainuri, D. N. Sugianto, dan S. W. Saputra, “Pengujian Reliabilitas Instrumen Terhadap Variabel Kontinu Untuk Pengukuran Konsentrasi Klorofil- A Perairan,” Bul. Oseanografi Mar., vol. 9, no. 1, hal. 1–8, 2020, doi: 10.14710/buloma.v9i1.23924.
[30] S. K. Dewi dan A. Sudaryanto, “Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Pengetahuan , Sikap dan Perilaku Pencegahan Demam Berdarah,” Semin. Nas. Keperawatan Univ. Muhammadiyah Surakarta 2020, hal. 73–79, 2020.
[31] D. Resilia, R. Andryani, P. Studi Sistem Informasi, F. A. Ilmu Komputer Jalan Jenderal Yani No, dan S. Selatan, “Analisis Pengalaman Pengguna Aplikasi eDempo Pada Kantor Samsat UPTB PalembangI Menggunakan Heuristic Evaluation,” hal. 227–236, 2023.
[32] N. F. Amin, S. Garancang, K. Abunawas, M. Makassar, I. Negeri, dan A. Makassar, “Konsep Umum Populasi dan Sampel Pada Penelitian,” vol. 14, no.1, hal. 15–31, 2023.
[33] N. Suriani, Risnita, dan M. S. Jailani, “Konsep Populasi dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan,” J. IHSAN J. Pendidik. Islam, vol. 1, no. 2, hal. 24–36, 2023, doi: 10.61104/ihsan.v1i2.55.
[34] Irham Pakawaru, “Pengaruh Pengetahuan Muzakki Terhadap Kepatuhan Membayar Zakat Dan Zakat Sebagai Pengurang Pajak Merupakan Variabel Moderating Di Era Covid 19,” Tadayun J. Huk. Ekon. Syariah, vol. 2, no. 2, hal. 153–169, 2022, doi: 10.24239/tadayun.v2i2.27.
[35] Novianty dan A. H. Wijaya, “Analysis and Design of Promotional Information Systems for Part-Time Workers and Freelancers with Heuristic Evaluation Testing Method,” vol. 2, 2023.