EVALUASI KUALITAS WEBSITE PADA SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN PURBALINGGA DENGAN METODE TAM (TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL) DAN IPA

research
  • 16 Dec
  • 2024

EVALUASI KUALITAS WEBSITE PADA SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN PURBALINGGA DENGAN METODE TAM (TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL) DAN IPA

ABSTRAK
Devita Restu Jayanti (11230213), “Evaluasi Kualitas Website Pada Sekretariat
Daerah Kabupaten Purbalingga Dengan Metode TAM (Technology Acceptance
Model) Dan IPA”.
Website Sekretariat Daerah (Sekda) Kabupaten Purbalingga yang merupakan salah
satu e-Government merupakan portal resmi yang menyediakan informasi terkait
administrasi pemerintahan, layanan publik, berita dan informasi terkini, serta
kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Purbalingga. Melalui
website Sekda Kabupaten Purbalingga, diharapkan masyarakat dapat lebih mudah
mendapatkan informasi yang dibutuhkan terkait dengan pemerintahan dan layanan
publik, serta meningkatkan transparansi dan partisipasi masyarakat dalam proses
pembangunan di Kabupaten Purbalingga. Website Sekda Kabupaten Purbalingga
sudah cukup lama dibuat tetapi sampai saat ini belum pernah ada yang mengukur
sejauh mana keunggulan dan kekurangn dari website tersebut. Penelitian yang telah
dilakukan tahun 2019 menjelaskan bahwa pengukuran atas kesuksesan penerapan
website pada suatu lembaga atau organisasi akan mengetahui kelebihan dan
kekurangan aplikasi tersebut yang akan berguna untuk pengembangan. Berdasarkan
latar belakang tersebut penulis tertarik untuk menganalisa website Sekretariat Daerah
Kabupaten Purbalingga dengan metode TAM (Technology Acceptance Model dan
IPA (Importance-Performance Analysis). Berdasarkan hasil pemetaan IPA bahwa
kuadran I yang merupakan prioritas utama peningkatan website Sekretariat Daerah
(Sekda) Kabupaten Purbalingga adalah mampu mengerjakan pekerjaan lebih cepat
dengan website Sekretariat Daerah (Sekda) Kabupaten Purbalingga dan dapat
meningkatkan produktivitas kerja dengan website Sekretariat Daerah (Sekda)
Kabupaten Purbalingga. Kedua item ini yang perlu dilakukan pengembangan.

Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

[1] D. Purwaningtias, M. Nasihin, and N. D. Arizona, E-Business; Konsep Dasar E-Business di Era Digital. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2020.

[2] N. Agustina and E. Sutinah, “Model Delone dan McLean Untuk Menguji Kesuksesan Aplikasi Mobile Penerimaan Mahasiswa Baru,” J. Nas. Inform. dan Teknol. Jar., vol. 3, no. 2, pp. 76–82, 2019.

[3] Purboyo, Lamzah, and A. Vitria, “Adopsi Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Perilaku Minat Generasi Milenial dalam Berinvestasi di Pasar Modal,” JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), vol. 0, no. 2, pp. 99–113, 2020.

[4] E. Fatmawati, “Technology Acceptance Model (TAM) Untuk Menganalisis Penerimaan Terhadap Siste Informasi Perpustakaan,” J. Iqra’, vol. 09, no. 01, pp. 1–13, 2015.

[5] C. J. Toha and M. Mulyati, “Analisis Technology Acceptance Model (TAM) pada Aplikasi Greatday,” Klik -Jurnal Ilmu Komput., vol. 3, no. 2, pp. 82–89, 2022.

[6] A. Mayjeksen and D. Pibriana, “Technology Acceptance Model (TAM) untuk Menganalisis Penerimaan Pengguna Terhadap Penggunaan Aplikasi Belanja Online XYZ,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 7, no. 3, pp. 580–592, 2020, doi: 10.35957/jatisi.v7i3.382.

[7] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D, 1st ed. Bandung: Alfabeta, 2019.

[8] J. Mumu, B. Tanujaya, R. Charitas, and I. Prahmana, “Likert Scale in Social Sciences Research: Problems and Difficulties,” FWU J. Soc. Sci., vol. 16, no. 4, pp. 89–101, 2022, doi: 10.51709/19951272/Winter2022/7.

[9] I. Carolina, R. Komarudin, and K. Ramanda, Statistika. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2021.

[10] U. Usmadi, “Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas),” Inov. Pendidik., vol. 7, no. 1, pp. 50–62, 2020, doi: 10.31869/ip.v7i1.2281.

[11] Hikmah and Muslimah, “Validitas dan Reliabilitas Tes Dalam Menunjang Hasil Belajar PAI,” Palangkaraya Int. Natl. Conf. Islam. Stud., vol. 1, no. 1, pp. 345– 356, 2021. 79

[12] M. M. Sanaky, L. M. Saleh, and H. D. Titaley, “Analisis Faktor-Faktor Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama Man 1 Tulehu Maluku Tengah,” J. Simetrik, vol. 11, no. 1, pp. 432–439, 2021, doi: 10.31959/js.v11i1.615.

[13] B. O. Nababan, “Panduan Pengolahan Data Service Quality (SQ), Customer Satisfaction Index (CSI) dan Index Performance Analysis (IPA) dengan Software Exel dan SPSS,” LPPM STIE Dewantara, Cibinong, Bogor, 2021. doi: 10.13140/RG.2.2.10743.96169.

[14] N. Subandi, B. O. Lubis, and B. Santoso, “Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) dan Importance Performance Analysis (IPA) untuk Menganalisa Kemudahan dan Kegunaan Aplikasi Solfina Pada PT . SKK di Jakarta,” vol. 7, no. 1, pp. 71–87, 2021.

[15] K. Widianto, T. Setiyorini, and A. Subrata, “Kemudahan Dan Kegunaan Layanan E-Wallet Berdasarkan Model TAM Dan IPA,” Inf. Syst. Educ. Prof., vol. 5, no. 2, pp. 111–120, 2021.

[16] A. N. W. Winaya, K. Setemen, and M. Wi. A. Kesiman, “Analisis
Keberterimaan Pengguna Taring Dukcapil Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM), Delone & Mclean dan Importance Performance Analysis (IPA),” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 9, no. 5, pp. 1091–1100, 2022, doi: 10.25126/jtiik.2022956255.

[17] A. U. Safitra, A. M. B. Aji, B. O. Lubis, and B. Santoso, “Evaluasi Mobile Banking dengan Pendekatan Use Questionnaire dan Importance Performance Analysis,” J. Teknlogi Inform. dan Komput. MH. Thamrin, vol. 8, no. 2, pp. 148–164, 2022.

[18] A. Mulyanto, Sumarsono, T. F. Niyartama, and A. K. Syaka, “Penerapan Technology Acceptance Model (TAM) dalam Pengujian Model Penerimaan Aplikasi MasjidLink,” Semesta Tek., vol. 23, no. 1, pp. 27–38, 2020, doi: 10.18196/st.231253.