PT PELABUHAN INDONESIA II yang bergerak dalam segmen penyelenggaraan terminal pelabuhan. Dalam kegiatan sehari-hari karyawan pelabuhan di haruskan untuk mengakses Aplikasi Web yaitu VMS (Vessel Management System) melalui jaringan internet. VMS sendiri adalah sistem yang digunakan untuk memonitoring dan membuat perencanaan pergerakan kapal dan barang di area pelabuhan. Layanan suatu website atau aplikasi perlu diukur untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna. Berdasarkan metode webqual yang terdiri dari 3 variabel yaitu kegunaan, kualitas informasi, dan kualitas interaksi terhadap kepuasan pengguna. Data yang digunakan adalah data primer, yaitu dengan menyebar kuesioner menggunakan skala likert dengan 34 pertanyaan kepada 128 responden. Data yang diperoleh dan diolah menggunakan SPSS dan dengan menggunakan teknik analisis Regresi Linier Berganda. Dan dari hasil seluruh uji yang telah dilakukan maka didapatkan kualitas informasi,kualitas interaksi mempengaruhi kepuasan pengguna website lalu kualitas kegunaan tidak mempengaruhi kepuasaan pengguna.
LEMBAR PENGESAHAN
LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI
LEMBAR HAK CIPTA
LEMBAR DAFTAR PUSTAKA
LEMBAR PERSEMBAHAN
LEMBAR JUDUL
LEMBAR DAFTAR ISI
LEMBAR KATA PENGANTAR
[1] M. R. Isthafana, “Analisis kualitas website Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur menggunakan metode webqual 4.0 modifikasi,” 2019, [Online]. Available: http://digilib.uinsby.ac.id/38592/.
[2] A. Sudradjat, Selviana, and W. Widiati, “Metode Webqual 4.0 Untuk Mengukur Kualitas Website Quick Online Booking PT. Pos Indonesia,” Inf. Syst. Educ. Prof., vol. 5, no. 1, pp. 21–30, 2020, [Online]. Available: http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/ISBI/article/view/1391.
[3] W. Abas, “Analisa Kepuasan Mahasiswa
Terhadap Website Universitas Negeri Yogyakarta (Uny),” Manajemen, pp.
1–6, 2013.
[4] Bilal Syahid, “Pengertian Website – Sejarah, Jenis, Manfaat, Unsur, Tahapan, Fungsi, Para Ahli”, GURUPENDIDIKAN.COM, 07 Juni 2021,[Online]. Tersedia: https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-website/.[Diakses: 15 Juli 2021]
[5] T. D. Susanto, A. I. Prasetyo, and H. M. Astuti, “Web usability evaluation on {BloobIS} website by using hallway usability testing method and {ISO}9241:11,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 974, p. 12043, Mar. 2018, doi: 10.1088/1742-6596/974/1/012043.
[6] J. Tarigan, “User Satisfaction Using Webqual Instrument: A Research on Stock Exchange of Thailand (SET),” J. Akunt. dan Keuang., vol. 10, Jan. 2009
[7] R. Jumardi, E. Nugroho, and I. Hidayah, “Analisis Kesuksesan Implementasi Sistem Informasi Skripsi Pada Program Studi Teknik Informatika Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’ YOGYAKARTA,” J. Inov. dan Kewirausahaan, 2015.
[8] P. Metode, W. Terhadap, A. Manik, I. Salamah, and E. Susanti, “Pengguna Website Politeknik Negeri Sriwijaya the Impact of Webqual 4 . 0 Method Towards User,” J. Elektro dan Telekomun. Terap., pp. 477–484, 2017.
[9] R. F. Budi, “Pengaruh Kualitas Web Terhadap Tingkat Kepuasan
Penggunaan Google Scholar ( Studi Pada Mahasiswa Unair Sebagai
Penunjang Kegiatan Akademis),” pp. 1–20.2013
[10] Siregar, Sofyan. 2016. Statistika Deskriptif untuk Penelitian Dilengkapi
Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: PT Raja Grafindo
Persada.
[11] Muhidin, Sambas Ali, dan Maman Abdurahman. 2017. Analisis Korelasi,
Regresi, dan Jalur Dalam Penelitian Dilengkapi dengan Aplikasi Program
SPSS. Bandung: CV Pustaka Setia.
[12] Qudratullah, Mohammad Farhan. 2013. Analisis Regresi Terapan: Teori, Contoh Kasus, dan Aplikasi dengan SPSS. Yogyakarta: ANDI.
[13] M. I. Idharuddin and D. R. Prehanto, “Analisis Kualitas Layanan Dan Perancangan Website PT . Pelabuhan Indonesia III Menggunakan Metode Webqual,” J. Emerg. Inf. Syst. Bus. Intell., vol. 02, no. 01, pp. 32–39, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/38385.
[14] Arikunto, S.2010. Prosedur penelitian:Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta:
Rineka Cipta
[15] Sugioyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.
Bandung:Alfabeta
[16] T. Husain dan Agus Budiantara, “Analisis End-User Computing Satisfaction
(EUCS) Dan WebQual 4.0 Terhadap Kepuasan Pengguna,”
Jatisi, Vol. 4 No. 2 Maret 2018[Online]. Available: