Analisis Data Mining Pada Strategi Penjualan Produk PT. Cipta Inti Sejahtera Menggunakan Metode K-Means Clustering

research
  • 10 Sep
  • 2020

Analisis Data Mining Pada Strategi Penjualan Produk PT. Cipta Inti Sejahtera Menggunakan Metode K-Means Clustering


Inggrid Dwi Gianti (11150373), Analisis Data Mining Pada Strategi Penjualan Produk PT. Cipta Inti Sejahtera Menggunakan Metode K-Means Clustering


PT. Cipta Inti Sejahtera adalah perusahaan yang bergerak di bidang Perangkat Elektronika, Alat Teknik atau Mekanikal atau Elektrikal, Suku Cadang & Perawatan yang didirikan pada bulan Juni 2016 oleh para praktisi yang berpengalaman di bidangnya masing-masing. Dalam hal penjualan produk, tingkat peminatan dari konsumen mengalami ketidakstabilan yang mengharuskan perusahaan untuk memiliki strategi penjualan pada produk dengan efektif, diantaranya dengan cara melakukan analisis data pada produk berdasarkan volume penjualan, jumlah suplay, dan jumlah transaksi dengan mengelompokkan produk-produk sesuai tingkatan. Metode K-Means adalah salah satu metode cluster analysis non hirarki yang berusaha untuk mempartisi objek yang ada kedalam satu atau lebih cluster atau kelompok, oleh karena itu metode ini sangat cocok digunakan untuk mengatasi permasalahan dalam mengelompokkan produk penjualan dan mengimplementasikan menggunakan software RapidMiner dengan hasil penelitian tingkatan peminat terhadap produk PT. Cipta Inti Sejahtera dari tertinggi, sedang, sampai terendah. Dengan nilai yang didapat cluster pertama 10 produk, cluster kedua 2 produk, cluster ketiga 1 produk. Sehingga perusahaan mengetahui keinginan konsumen dengan memiliki strategi penjualan produk yang efektif dalam distribusi produk .


 



Unduhan

  • 11150373.pdf

    Inggrid Dwi Gianti

    •   diunduh 298x | Ukuran 217 KB

 

REFERENSI