Taksi online salah
satu inovasi dalam mendukung salah satu dimensi pada konsep smart city, yaitu smart mobility. Fenomena taksi online yang menyebarluas di Jakarta
adalah Go-Car, Grab Car dan My Bluebird. Banyaknya aplikasi taksi online tidak jarang membuat calon customer bingung harus memilih salah
satu dari aplikasi tersebut sesuai dengan keunggulan dari masing-masing taksi
berbasis online. Menerapkan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dalam
menentukan pilihan taksi online dikawasan
SCBD untuk mengetahui minat masyarakat terhadap bisnis jasa taksi online manakah yang lebih unggul. Dalam
proses pengambilan keputusan yang melibatkan banyak kriteria dan alternatif
pilihan, metode AHP sangat cocok digunakan karena metode ini memperlihatkan
perbandingan antara kriteria yang satu dengan yang lainnya dan dengan
menggunakan metode AHP, perancangan dan pembuatan model pemilihan taksi online
dapat dilakukan dengan menentukan prioritas utama dari beberapa kriteria serta
alternatif yang ada. Dari hasil perhitungan Microsoft
Excel dapat kita lihat setelah diurutkan berdasarkan prioritas menyatakan
bahwa pengambilan keputusan pemilihan taksi online
di kawasan SCBD Jakarta, My Bluebird lebih banyak dipilih oleh
pelanggan/customer yaitu sebanyak 0,367 atau 37%. Yang kedua Go-Car sebanyak
0,332 atau 33% dan yang ketiga Grab Car sebanyak 0,301 atau 30%.
Arisusanty, D. J., Arkeman, Y., Rahardjo, S., & Soeboer,
D. A. (2018). Oleh : Staf Pengajar
Program Studi Teknologi Perikanan Laut , Sekolah Pascasarjana Institut, II(1),
57–67.
Bahwiyanti, J., & Sugiannor. (2018). STRATEGI
PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA CV. PARIS BANJARBARU
Jaya,
(marketing mix), 58–68.
Burhanuddin, R. A., Worang, F. G., & Tulung, J.
E. (2018). Manado, Proses Analisa Hirarki Dalam Memilih Transportasi Online Di,
6(2), 748–758.
Haryanto, E. (2013). KUALITAS LAYANAN, FASILITAS DAN
HARGA PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA JASA LAYANAN PADA KANTOR SAMSAT
MANADO. Haryanto, Edy, 1(3), 750–760.
Irawan, D., & Mantik, A. (2015). SISTEM PENUNJANG
KEPUTUSAN PENERIMAAN SISWA BARU MENGGUNAKAN METODE AHP DI
SMA PGRI PRINGSEWU. Journal of Visual Languages & Computing,
1, 287–301.
Kwanto, R., & Arliansyah, J. (2016). Analisis
Pemilihan Moda Transportasi Umum Antara Transportasi Umum Konvensional Dan
Transportasi Umum Online Di Kota Palembang, 4247.
Mardawa, I. M. D., Sudarsana, I. K., & Mahardika,
I. G. N. A. W. (2018). PENGGUNAAN BANTEN DAUN DI PURA DADIA ALANGKAJENG DI
KELURAHAN LELATENG KABUPATEN JEMBRANA (Kajian Nilai
Pendidikan
Agama Hindu), 47–51.
Mulyawan, A., & Sidharta, I. (2013). ANALISIS
DESKRIPTIF PEMASARAN JASA DI STMIK MARDIRA INDONESIA BANDUNG, 7(1), 42–55.
Novantara, P. (2018). Sistem Penunjang Keputusan
Peserta Kursus UPTD BLK Kab . Kuningan dengan Metode Profile Matching Berbasis
Web, 3, 41–49.
Pamudi, & Suryani, E. (2018). Penerapan Sistem
Dinamik dalam Intelligent Transport Systems ( ITS ) untuk Meningkatkan
Efektifitas , Efisiensi , dan Safety ( Study Kasus Dinas Perhubungan Kota
Surabaya ), 3(1), 19–25.
https://doi.org/10.25139/ojsinf.v3i1.570
Pariana, I. K., Sumadi, I. K., & Wiwin, I. W.
(2018). RITUAL AGAMA HINDU SEBAGAI ATRAKSI BUDAYA TAMBAHAN DI KAWASAN WISATA
MANDALA SUCI WENARA WANA KECAMATAN UBUD, 484–488.
Pratama, M. G.,
Wibawa, B. M., & Kunaifi, A. (2017). Analisis Deskriptif Konsumen dan Mitra
Pengemudi pada Jasa Transportasi Online Ride Sharing, 6(2), 2–5.
Purwanto, H. (2016). PEMILIHAN APLIKASI TRANSPORTASI OJEK
ONLINE DENGAN, 219–224.
Selang, C. A. D. (2013). ISSN 2303-1174 Christian A.D Selang,
Pengaruh Bauran Pemasaran..., 1(3),
71–80.
Sestri, E., & Husnayetti. (2018). PENGGUNAAN
METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS ( AHP ) DALAM ANALISIS FAKTOR- FAKTOR YANG
MEMPENGARUHI PENGGUNAAN TRANSPORTASI ON-LINE, 31–36.
Sinun, A.,
Nurmalasari, Nurajizah, S., & Atmaja, I. (2018). Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Handphone Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 11(1), 90–99. Retrieved from http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/index.php/pilar/article/download/14
1/128