SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PEMILIHAN TAKSI ONLINE DI JAKARTA DENGAN METODE ANALYTIC HIERARCHY PROSESS

research
  • 01 Sep
  • 2020

SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PEMILIHAN TAKSI ONLINE DI JAKARTA DENGAN METODE ANALYTIC HIERARCHY PROSESS

ABSTRAK

 

 

Jupri Gunawan (11180028), Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Taksi Online di Jakarta dengan Metode Analytic Hierarchy Prosess

 

Taksi online salah satu inovasi dalam mendukung salah satu dimensi pada konsep smart city, yaitu smart mobility. Fenomena taksi online yang menyebarluas di Jakarta adalah Go-Car, Grab Car dan My Bluebird. Banyaknya aplikasi taksi online tidak jarang membuat calon customer bingung harus memilih salah satu dari aplikasi tersebut sesuai dengan keunggulan dari masing-masing taksi berbasis online. Menerapkan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dalam menentukan pilihan taksi online dikawasan SCBD untuk mengetahui minat masyarakat terhadap bisnis jasa taksi online manakah yang lebih unggul. Dalam proses pengambilan keputusan yang melibatkan banyak kriteria dan alternatif pilihan, metode AHP sangat cocok digunakan karena metode ini memperlihatkan perbandingan antara kriteria yang satu dengan yang lainnya dan dengan menggunakan metode AHP, perancangan dan pembuatan model pemilihan taksi online dapat dilakukan dengan menentukan prioritas utama dari beberapa kriteria serta alternatif yang ada. Dari hasil perhitungan Microsoft Excel dapat kita lihat setelah diurutkan berdasarkan prioritas menyatakan bahwa pengambilan keputusan pemilihan taksi online di kawasan SCBD Jakarta, My Bluebird lebih banyak dipilih oleh pelanggan/customer yaitu sebanyak 0,367 atau 37%. Yang kedua Go-Car sebanyak 0,332 atau 33% dan yang ketiga Grab Car sebanyak 0,301 atau 30%.

 

 


Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

 

 

 

Arisusanty, D. J., Arkeman, Y., Rahardjo, S., & Soeboer, D. A. (2018). Oleh : Staf Pengajar Program Studi Teknologi Perikanan Laut , Sekolah Pascasarjana Institut, II(1), 57–67.

 

Bahwiyanti, J., & Sugiannor. (2018). STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA CV. PARIS BANJARBARU

Jaya, (marketing mix), 58–68.

 

Burhanuddin, R. A., Worang, F. G., & Tulung, J. E. (2018). Manado, Proses Analisa Hirarki Dalam Memilih Transportasi Online Di, 6(2), 748–758.

 

Haryanto, E. (2013). KUALITAS LAYANAN, FASILITAS DAN HARGA PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA JASA LAYANAN PADA KANTOR SAMSAT MANADO. Haryanto, Edy, 1(3), 750–760.

 

Irawan, D., & Mantik, A. (2015). SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PENERIMAAN SISWA BARU MENGGUNAKAN METODE AHP DI

SMA PGRI PRINGSEWU. Journal of Visual Languages & Computing, 1, 287–301.

 

Kwanto, R., & Arliansyah, J. (2016). Analisis Pemilihan Moda Transportasi Umum Antara Transportasi Umum Konvensional Dan Transportasi Umum Online Di Kota Palembang, 4247.

 

Mardawa, I. M. D., Sudarsana, I. K., & Mahardika, I. G. N. A. W. (2018). PENGGUNAAN BANTEN DAUN DI PURA DADIA ALANGKAJENG DI KELURAHAN LELATENG KABUPATEN JEMBRANA (Kajian Nilai

Pendidikan Agama Hindu), 47–51.

 

Mulyawan, A., & Sidharta, I. (2013). ANALISIS DESKRIPTIF PEMASARAN JASA DI STMIK MARDIRA INDONESIA BANDUNG, 7(1), 42–55.

 

Novantara, P. (2018). Sistem Penunjang Keputusan Peserta Kursus UPTD BLK Kab . Kuningan dengan Metode Profile Matching Berbasis Web, 3, 41–49.

 

Pamudi, & Suryani, E. (2018). Penerapan Sistem Dinamik dalam Intelligent Transport Systems ( ITS ) untuk Meningkatkan Efektifitas , Efisiensi , dan Safety ( Study Kasus Dinas Perhubungan Kota Surabaya ), 3(1), 19–25. https://doi.org/10.25139/ojsinf.v3i1.570

 

Pariana, I. K., Sumadi, I. K., & Wiwin, I. W. (2018). RITUAL AGAMA HINDU SEBAGAI ATRAKSI BUDAYA TAMBAHAN DI KAWASAN WISATA MANDALA SUCI WENARA WANA KECAMATAN UBUD, 484–488.


 

Pratama, M. G., Wibawa, B. M., & Kunaifi, A. (2017). Analisis Deskriptif Konsumen dan Mitra Pengemudi pada Jasa Transportasi Online Ride Sharing, 6(2), 2–5.

Purwanto,   H.   (2016).    PEMILIHAN   APLIKASI   TRANSPORTASI   OJEK ONLINE DENGAN, 219–224.

 

Selang, C. A. D. (2013). ISSN 2303-1174 Christian A.D Selang, Pengaruh Bauran Pemasaran..., 1(3), 71–80.

 

Sestri, E., & Husnayetti. (2018). PENGGUNAAN METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS ( AHP ) DALAM ANALISIS FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN TRANSPORTASI ON-LINE, 31–36.

 

Sinun, A., Nurmalasari, Nurajizah, S., & Atmaja, I. (2018). Sistem Penunjang Keputusan     Pemilihan                     Handphone  Menggunakan                           Metode    Analytical Hierarchy Process. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 11(1), 90–99. Retrieved from http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/index.php/pilar/article/download/14 1/128