ABSTRAK
Mahajir Taqarrub (12150026),
Aplikasi Buku Tamu Berbasis Mobile
Sistem penginputan
tamu pada event-event yang masih menggunakan cara manual yaitu dengan pengunjung
atau tamu menuliskan namanya di dalam
buku tamu tang telah disediakan sangat tidak efektif. Terlebih lagi pembuat
event terkadang merasa sulit dalam membaca tulisan yag telah pengunjung tulis
dikarenakan tidak semua pengunjung tulisannya bagus dan mudah dibaca. Fasilitas dan pelayanan terhadap user dalam aplikasi ini diharapkan dapat diberikan
manfaat secara maksimal sehingga
memudahkan user dalam peginputan data tamu, maka user tidak perlu lagi mengiputkan
data pengunjung secara manual. QR Code adalah suatu jenis kode matriks atau kode batang dua dimensi yang dikembangkan oleh Denso Wave, yang digunakan sebagai sistem yang dapat mengirimkan
data
pada saat user melakukan Scanning.
ABSTRACT
Mahajir Taqarrub (12150026), Mobile Based Guest Book Application
The guest inputing system for events
that still use the manual method by which visitors or guests write their names
in the guest book, has been provided is very ineffective. Moreover, event
creators sometimes find it difficult to read posts that have been written by
visitors because not all visitors are good and easy to read. Facilities and
services to users in this application are expected to be able to be maximally
benefited so as to facilitate user inputting guest data, so users no longer need
to manually tap visitor data. QR Code is a type of matrix code or
two-dimensional bar code developed by Denso Wave, which is used as a system
that can send data when a user scans.
Keywords: Android, Mobile, Event, Book,
QR Code, Guest
DAFTAR PUSTAKA
Alfa Satyaputra, M. S. E. (2014). Beginning Android
Programming with ADT Bundle. Retrieved from
https://books.google.co.id/books?id=jNxMDwAAQBAJ
Ardy, U., Desiana, J.,
& Rachmadi, M. (2018). Pengembangan aplikasi perencana wisata “plesir”
berbasis android dan ios. (x), 1–11.
Asnawati, F. H. U.
(2015). Rekayasa Perangkat Lunak. Retrieved from
https://books.google.co.id/books?id=4N1iDwAAQBAJ
Bahri, S., Suhada, S.,
& Hudin, J. M. (2019). TEKNOLOGI GLOBAL POSITIONING SISTEM ( GPS ) UNTUK
PELAPORAN DAN PENJEMPUTAN SAMPAH BERBASIS ANDROID. 4(1), 39–43.
Cheng, F. (2017). Build
Mobile Apps with Ionic 2 and Firebase: Hybrid Mobile App Development.
Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=3K7HDgAAQBAJ
Fitriani, E., Firmansyah,
D., Aryanti, R., Informasi, S. S., Informasi, S. S., Informasi, S. S., &
Informasi, S. S. (2018). Implementasi Model Waterfall Pada Sistem Informasi.
15(2), 137–144.
Fitrullah, A. (2016). LAYANAN
INFORMASI LOKASI EVENT MENGGUNAKAN LBS BERBASIS JQUERY MOBILE. 10(2),
1287–1296.
Gunawan, K., & Eka,
B. (2015). Implementation of Location Base Service on Tourism Places in West
Nusa Tenggara by using Smartphone. International Journal of Advanced
Computer Science and Applications, 6(8), 160–166.
https://doi.org/10.14569/ijacsa.2015.060822
Interaktif, A., Hewan,
P., & Pendidikan, U. (2016). Animasi interaktif pengenalan hewan untuk
pendidikan anak usia dini. XIII(2), 14–22.
Jaya, T. S. (2018). Pengujian
Aplikasi dengan Metode Blackbox Testing Boundary Value Analysi s. 03(02),
45–48.
Komputer, W. (2014). Membangun
Aplikasi Mobile Cross Platform dengan PhoneGap. Retrieved from
https://books.google.co.id/books?id=hxdQDwAAQBAJ
Kopec, D. (2014). Dart
for Absolute Beginners. Retrieved from
https://books.google.co.id/books?id=EcvjAwAAQBAJ
Latif, Abdul;Mulyani,
Astriana;Rahmawati, Evi;Studi, P., Informasi, S., Tinggi, S., Jakarta, T.,
Belakang, L., & Jakarta. (2016). APLIKASI LOCATION - BASED SERVICE
PENCARIAN LOKASI. 271–274.
Lintuman, A., &
Kurniawan, A. (2016). Penggunaan Reed Solomon Codes dalam Mengoreksi
Kesalahan pada Barcode. 41–44.
Maarif, V., Widodo, A.
E., & Wibowo, D. Y. (2017). Aplikasi Tes IQ Berbasis Android. Ijse.Bsi.Ac.Id
IJSE – Indonesian Journal on Software Engineering ISSN, 3(2),
2461–2690.
Mainkar, P., &
Giordano, S. (2019). Google Flutter Mobile Development Quick Start Guide:
Get up and running with iOS and Android mobile app development. Retrieved
from https://books.google.co.id/books?id=hc6PDwAAQBAJ
Nawang, M., Kurniawati,
L., Duta, D., Akuntansi, K., Informasi, S., & Akuntansi, K. (2017). RANCANG
BANGUN SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA PERSEDIAAN BARANG BERBASIS DEKSTOP
DENGAN MODEL. 13(2), 233–238.
Nere, M., Cahya, D.,
Buani, P., Creative, L., & Internasional, C. A. (2018). PENERAPAN METODE
WATERFALL PADA SISTEM INFORMASI JASA LAUNDRY ( SIJALY ) JENSCHAX LAUNDY BEKASI.
15(2), 69–76.
Pengetahuan, J. I., &
Komputer, D. A. N. T. (2018). PENERAPAN METODE WATERFALL DALAM SISTEM
INFORMASI BANK. 3(2), 245–250.
Pengetahuan, J. I., &
Komputer, D. A. N. T. (2019). Pemodelan aplikasi dunia islam mengaji
berbasis android. 4(2), 197–202.
Qr, P., Sarana, C.,
Promosi, P., Informasi, D., Binatang, K., Android, B., … Sukabumi, A. B. S. I.
(2016). Penggunaan QR Code Sarana Penyampaian Promosi Dan Informasi Kebun
Binatang Berbasis Android Adiguna Wijaya 1) , A. Gunawan 2) Teknik Informatika,
STMIK Nusa Mandiri 1) , Manajemen Informatika, AMIK BSI Sukabumi 2). 4(1),
16–21.
Silvia, A. F., Haritman,
E., & Muladi, Y. (2014). RANCANG BANGUN AKSES KONTROL PINTU GERBANG
BERBASIS ARDUINO DAN ANDROID. 13(1), 1–10.
Studi, P., &
Informasi, S. (2015). SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PEMILIHAN HANDPHONE
MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS. XI(1), 90–99.
Studi, P., &
Informasi, S. (2017). UNTUK SISWA SD BERBASIS ANDROID STUDI KASUS PADA SDN
PONDOK PINANG 10 PAGI JAKARTA SELATAN. 13(1), 145–150.
T. Henny Febriana
Harumy, dkk. (2016). Belajar Dasar
Algoritma dan Pemograman C++/. Retrieved from
https://books.google.co.id/books?id=vBdADAAAQBAJ
Wati, R., Ernawati, S.,
& Informasi, S. (2018). PERANCANGAN APLIKASI KAMUS BAHASA JAWA-INDONESIA.
15(2), 93–98.
Wicker, S. B., &
Bhargava, V. K. (1999). Reed-Solomon Codes and Their Applications.
Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=yws55Rx1orEC