ABSTRAK
M.Hafiz (11152229), Implementasi Data Mining Pada
Penjualan BarBar WAREHOUSE Menggunakan Metode Algoritma Apriori
Para pelaku bisnis terpaksa untuk selalu
memikirkan strategi dan terobosan yang dapat menjamin keberlangsungan bisnis
yang dijalankan. BarBar WAREHOUSE bergerak dibidang penjualan online
(marketplace) fashion, kebutuhan bayi
yaitu popok, dan juga sprei untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. analisis hasil
dengan menggunakan Rapid Miner atau aplikasi data mining serta
algoritma apriori untuk menghubungkan dengan data penjualan. Hasil perhitungan
algoritma apriori di dapat dengan perhitunhgan manual maka akan lebih akurat
dengan software Rapid Miner. Tahap dalam menganalisa data dengan
algoritma apriori pada penjualan produk dengan menyeleksi dan membersihkan
data-data yang akan dianalisis, kemudian dicari semua item kategori yang ada di
dalam transaksi penjualan. Berdasarkan perhitungan secara manual dan dengan
menggunakan Rapid Miner didapatkan hasil 90% sama antara perhitungan
manual dengan menggunakan Rapid Miner dan hasil yang didapat pun juga
sesuai dengan hasil penjualan dalam hal ini BarBar WAREHOUSE dapat
memanfaatkan data mining algoritma apriori dengan perhitungan manual atau
dengan menggunakan Rapid Miner untuk mengetahui produk kategori yang
paling banyak terjual dan produk kategori yang saling berkaitan.
Lembar Judul
Abstrak
Daftar Pustaka
Daftar Isi
DAFTAR PUSATAKA
Alvonco,
J. (2014). PRACTICAL COMMUNICATION SKILL. Jakarta: Elex Media
Komputindo.
Amrin. (2017). Data Mining
Dengan Algoritma Apriori Untuk Penentuan Aturan Asosiasi Pola Pembelian Pupuk. Paradigma,
XIX(1), 74–79.
Ananda, S., & Rouf, I.
(2011). Buku Pintar Menguasai Microsoft Excel. Jakarta: Mediakita.
Fatmawati. (2016).
Perbandingan Algoritma Klasifikasi Data Mining Model C4.5 Dan Naive Bayes Untuk
Prediksi Penyakit Diabetes. Jurnal Techno Nusa Mandiri, XIII(1),
50–59.
Hasugian, P. M. (2017).
PENGUJIAN ALGORITMA APRIORI DENGAN APLIKASI WEKA DALAM PEMBENTUKAN ASOSIATION
RULE. Jurnal Mantik Penusa, 1(2), 98–103.
Husin, A. I., &
Mulyaningsih, F. (2015). Penerapan Metode Data Mining Analisis Terhadap Data
Penjualan Pakaian Dengan Algoritma Apriori. Sniptek, 45–56.
Listriani, D.,
Setyaningrum, A. H., & M.A, F. E. (2016). Penerapan Metode Asosiasi
Menggunakan Algoritma Apriori Pada Aplikasi Pola Belanja Konsumen ( Studi Kasus
Toko Buku Gramedia Bintaro ). Jurnal Teknik Informatika Vol 9 No. 2,
Universitas Islam Negeri Jakarta, 9(2), 120–127. Retrieved from
http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/ti/article/view/5602/3619
Nofriansyah, D. (2014). Konsep
Data Mining Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: deepublish.
Purnia, D. S., &
Warnilah, A. I. (2017). Implementasi Data Mining Pada Penjualan Kacamata
Menggunakan Algoritma Apriori. Ijcit, 2(2), 31–39.
Putria, N. E. (2018).
Computer Based Information System Journal DATA MINING PENJUALAN TIKET PESAWAT
MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI PADA TERMINAL TIKET BATAM TOUR & TRAVEL Narti
Eka Putria. Universitas Putera Batam, Indonesia, 06(01), 29–39.
https://doi.org/ISSN: 2337-8794
Rezkiani. (2016). IMPLEMENTASI
DATA MINING DENGAN ALGORITMA APRIORI UNTUK MENENTUKAN MEREK SEPATU YANG
DIMINATI PADA MAHASISWA PASCASARJANA KELAS 14.1A.01 STMIK NUSA MANDIRI JAKARTA.
49–56.
Sikumbang, E. D. (2018).
Penerapan Data Mining Penjualan Sepatu Menggunakan Metode Algoritma Apriori. Jurnal
Teknik Komputer AMIK BSI (JTK), 4(1), 156–161
Sugiyono, P. D. (2016). Metode
Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Yanto, R., & Khoiriah,
R. (2015). Implementasi Data Mining dengan Metode Algoritma Apriori dalam
Menentukan Pola Pembelian Obat. Creative Information Technology Journal,
2(2), 102–113. https://doi.org/10.24076/citec.2015v2i2.41
Yulianti, Utami, D. Y.,
& Hikmah, N. (2019). Implementasi Data Mining Menentukan Game Android
Paling Diminati Dengan Algoritma Apriori. PARADIGMA, XXI(1),
29–34. https://doi.org/10.31294/p.v20i2