IMPLEMENTASI DATA MINING PADA PENJUALAN BarBar WAREHOUSE MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA APRIORI

research
  • 27 Aug
  • 2020

IMPLEMENTASI DATA MINING PADA PENJUALAN BarBar WAREHOUSE MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA APRIORI

ABSTRAK

 

M.Hafiz (11152229), Implementasi Data Mining Pada Penjualan BarBar WAREHOUSE Menggunakan Metode Algoritma Apriori

 

 

Para pelaku bisnis terpaksa untuk selalu memikirkan strategi dan terobosan yang dapat menjamin keberlangsungan bisnis yang dijalankan. BarBar WAREHOUSE bergerak dibidang penjualan online (marketplace) fashion, kebutuhan bayi yaitu popok, dan juga sprei untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. analisis hasil dengan menggunakan Rapid Miner atau aplikasi data mining serta algoritma apriori untuk menghubungkan dengan data penjualan. Hasil perhitungan algoritma apriori di dapat dengan perhitunhgan manual maka akan lebih akurat dengan software Rapid Miner. Tahap dalam menganalisa data dengan algoritma apriori pada penjualan produk dengan menyeleksi dan membersihkan data-data yang akan dianalisis, kemudian dicari semua item kategori yang ada di dalam transaksi penjualan. Berdasarkan perhitungan secara manual dan dengan menggunakan Rapid Miner didapatkan hasil 90% sama antara perhitungan manual dengan menggunakan Rapid Miner dan hasil yang didapat pun juga sesuai dengan hasil penjualan dalam hal ini BarBar WAREHOUSE dapat memanfaatkan data mining algoritma apriori dengan perhitungan manual atau dengan menggunakan Rapid Miner untuk mengetahui produk kategori yang paling banyak terjual dan produk kategori yang saling berkaitan.

 

 

 


Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSATAKA

 

 

Alvonco, J. (2014). PRACTICAL COMMUNICATION SKILL. Jakarta: Elex Media Komputindo.

 

Amrin. (2017). Data Mining Dengan Algoritma Apriori Untuk Penentuan Aturan Asosiasi Pola Pembelian Pupuk. Paradigma, XIX(1), 74–79.

 

Ananda, S., & Rouf, I. (2011). Buku Pintar Menguasai Microsoft Excel. Jakarta: Mediakita.

 

Fatmawati. (2016). Perbandingan Algoritma Klasifikasi Data Mining Model C4.5 Dan Naive Bayes Untuk Prediksi Penyakit Diabetes. Jurnal Techno Nusa Mandiri, XIII(1), 50–59.

 

Hasugian, P. M. (2017). PENGUJIAN ALGORITMA APRIORI DENGAN APLIKASI WEKA DALAM PEMBENTUKAN ASOSIATION RULE. Jurnal Mantik Penusa, 1(2), 98–103.

 

Husin, A. I., & Mulyaningsih, F. (2015). Penerapan Metode Data Mining Analisis Terhadap Data Penjualan Pakaian Dengan Algoritma Apriori. Sniptek, 45–56.

 

Listriani, D., Setyaningrum, A. H., & M.A, F. E. (2016). Penerapan Metode Asosiasi Menggunakan Algoritma Apriori Pada Aplikasi Pola Belanja Konsumen ( Studi Kasus Toko Buku Gramedia Bintaro ). Jurnal Teknik Informatika Vol 9 No. 2, Universitas Islam Negeri Jakarta, 9(2), 120–127. Retrieved from http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/ti/article/view/5602/3619

 

Nofriansyah, D. (2014). Konsep Data Mining Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: deepublish.

 

Purnia, D. S., & Warnilah, A. I. (2017). Implementasi Data Mining Pada Penjualan Kacamata Menggunakan Algoritma Apriori. Ijcit, 2(2), 31–39.

 

Putria, N. E. (2018). Computer Based Information System Journal DATA MINING PENJUALAN TIKET PESAWAT MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI PADA TERMINAL TIKET BATAM TOUR & TRAVEL Narti Eka Putria. Universitas Putera Batam, Indonesia, 06(01), 29–39. https://doi.org/ISSN: 2337-8794

 

Rezkiani. (2016). IMPLEMENTASI DATA MINING DENGAN ALGORITMA APRIORI UNTUK MENENTUKAN MEREK SEPATU YANG DIMINATI PADA MAHASISWA PASCASARJANA KELAS 14.1A.01 STMIK NUSA MANDIRI JAKARTA. 49–56.

 

Sikumbang, E. D. (2018). Penerapan Data Mining Penjualan Sepatu Menggunakan Metode Algoritma Apriori. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI (JTK), 4(1), 156–161

Sugiyono, P. D. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

 

Yanto, R., & Khoiriah, R. (2015). Implementasi Data Mining dengan Metode Algoritma Apriori dalam Menentukan Pola Pembelian Obat. Creative Information Technology Journal, 2(2), 102–113. https://doi.org/10.24076/citec.2015v2i2.41

 

Yulianti, Utami, D. Y., & Hikmah, N. (2019). Implementasi Data Mining Menentukan Game Android Paling Diminati Dengan Algoritma Apriori. PARADIGMA, XXI(1), 29–34. https://doi.org/10.31294/p.v20i2