ABSTRAK
Yusuf Firmansyah
(11150621), Data Mining Pada Penjualan
Bahan Bangunan dengan Metode Apriori pada PT Moncerete International
Perusahaan manufaktur dan
bahan bangunan masih menjadi salah satu
industri terbesar di negara berkembang tanpa terkecuali di indonesia, seiring
pembangunan nasional penjualan bahan bahan bangunan dan manufaktur di indonesia
pun melesat dengan cepat karena banyak di perlukannya bahan bangunan untuk di
pergunakan, dan tanpa di sadari terjadi tumpukan dat penjualan bahan bangunan yang
terjual secara bersamaan sehingga menjadi suatu masalah dalam proses berjalan
nya perusahaan, dibutuhkan suatu metode agar didapatkan pengelolaan data terbaru, Algoritma
apriori merupakan pengambilan data dengan aturan assosiatif (association rule)
untuk menentukan hubungan assosiatif suatu kombinasi item melalui mekanisme
perhitungan support dan confidence dari suatu hubungan item,Dengan menggunakan
perhitungan algoritma apriori maka dapat ditentukan produk bahan bangunan yang
banyak terjual secara bersamaan yang bermanfaat dalam penyelesaian strategi
pemasaran agar lebih meningkatkan tingkat penjualan, dengan menghasilkan kesimpulan bahwa, bahan bangunan
yang paling banyak terjual adalah TF Buble Metalized, Thiner impla hitam, TF
Moven single, Truss Foil, Semen SCG 50KG, dengan diketahui produk yang paling
banyak terjual tersebut, sehingga perusahaan dapat meneliti apa kelebihan produk yang paling banyak terjual tersebut
dengan produk lainnya dan dapat menambah
persediaan bahan bangunan yang paling banyak terjual di PT Monceret
Interantionl
DAFTAR
PUSTAKA
Amrin. (2017).
Data Mining Dengan Algoritma Apriori untuk Penentuan Aturan Asosiasi Pola
Pembelian Pupuk. Paradigma, XIX, 74–79.
Badrul,
M. (2016). Algoritma Asosiasi Dengan Algoritma Apriori Untuk Analisa Data
Penjualan. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, XII(2), 121–129. Retrieved
from http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/index.php/pilar/article/view/169
Foster,
P., & Tom, F. (2013). Data Science For Business (1st ed.). O Reily
Media Inc. Retrieved from www.oreilly.com
Gunadi,
G., & Sensuse, D. I. (2016). Penerapan Metode Data Mining Market Basket
Analysis Terhadap Penjualan Buku Dengan Menggunakan Algoritma Apriori Dan
Frequent Pattern Growth ( FP-GROWTH ) : Telematika Mkom, 4(1),
118–132. https://doi.org/10.1108/DLO-11-2013-0083
Nofriansyah, D. (2014). Konsep Data Mining Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta:
DEEPUBLISH. Retrieved from www.deepublish.co.id
Purwati,
N., & Wibowo, H. (2012). Pemanfaatan Data Warehouse untuk menentukan
Penghargaan Dean List Akademik pada Alumni Neni. Jurnal Sistem Informasi
& Telematika, 6(2), 12–17.
Puspa,
S., & Sinaga. (2018). APLIKASI DATA MINING DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA
APRIORI UNTUK PENJUALAN PRODUK TERBESAR PADA CV. SAKURA PHOTO, 22(1),
34–38.
Rahmawati,
F., Merlina, N., Mandiri, N., Jl, J. ;, Damai, N., & Barat, W. J. (2018).
Metode Data Mining Terhadap Data Penjualan Sparepart Mesin Fotocopy Menggunakan
Algoritma Apriori. STMIK Nusa Mandiri Jakarta, d(1), 9–20.
Supriyatna,
A. (2016). Sistem Analisis Data Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Online
Analytical Processing ( Olap ) Data Warehouse. Pilar Nusa Mandiri, XII(1),
62–71.
Suyanto.
(2019). DATA MINING untuk klasifikasi dan klasterirasi data. bandung:
INFORMATIKA BANDUNG.
Tana,
M. P., Marisa, F., & Wijaya, I. D. (2018). Penerapan Metode Data Mining
Market Basket Analysis Terhadap Data Penjualan Produk Pada Toko Oase
Menggunakan Algoritma Apriori. Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 3(2),
17–22. https://doi.org/10.1177/0091270009337946
Vulandari,
R. (2017). DATA MINING Terori Aplikasi Rapidminer (1st ed.). surakarta:
GAVA MEDIA. Retrieved from WWW.GAVAMEDIA.NET
Wahyudi,
S. T. (2017). Statistika Ekonomi Kosep , Teori, dan Penerapan. Malang.
Widayu,
H., Darma, S., Silalahi, N., & Mesran. (2017). Data Mining Untuk
Memprediksi Jenis Transaksi Nasabah Pada Koperasi Simpan Pinjam Dengan
Algoritma C4.5. Issn 2548-8368, Vol 1, No(June), 7.
Widiadnyana,
P., Maricar, M. A., Arnawan, I. N., & Ariyani, S. (2017). Analysis of Data
Warehouse for Transactional Analysis Methods Online Analytical Processing (
OLAP ) at Company XYZ Silver. International Journal of Engineering and
Emerging Technology, 2(1), 72–75.
Iqbal, M., &
Muatin. (2017). Analisa Keranjang Belanja Konsumen Pada Data Penjualan Bulan
Ramadhan Menggunakan Algoritma Apriori ( Studi Kasus : Distro Coffepark Clothes
Pekanbaru ). Seminar Nasional Teknologi Informasi Komunikasi Dan Industri
(SNTIKI), 18–19.
Sandu,
S., & Ali, S. (2015). DASAR METADOLOGI PENELITAN. (Ayup, Ed.).
Seleman Yogyakarta: LITERASI MEDIA
Publishing.