APLIKASI PENGENALAN AKSARA KOREA BERBASIS ANDROID

research
  • 25 Aug
  • 2020

APLIKASI PENGENALAN AKSARA KOREA BERBASIS ANDROID

Bahasa adalah kapasitas khusus yang ada pada manusia untuk memperoleh dan menggunakan sistem komunikasi yang kompleks dan sebuah bahasa adalah contoh spesifik dari sistem tersebut. Hal ini dapat dilihat dengan seiiring gencarnya serangan ekonomi dan Hallyu (Korean Wave) membuat bahasa Korea menjadi bahasa yang banyak diminati dan diperhitungkan. Salah satu bahasa yang memiliki peran penting dalam pergaulan internasional adalah bahasa Korea. Media pembelajaran bahasa Korea saat ini masih kurang interaktif sehingga kurang menarik perhatian dari masyarakat. Dengan masalah yang dihadapi, maka dibutuhkan sebuah aplikasi pembelajaran berbasis Android. Hal ini sangatlah penting karena dengan adanya sebuah aplikasi ini akan dapat membantu minat belajar masyarakat. Sehingga masyarakat akan dapat mengakses aplikasi ini kapan saja dan dimana saja.


Unduhan

 

REFERENSI

 

 

[1]    Adi Prayoga, A. G., Bayupati, I. P. A., & Wiranatha, A. A. K. A. C. (2015). Game Edukasi Mengenal Huruf Katakana dan Hiragana Berbasis Android. Lontar Komputer : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, 6(3), 150. https://doi.org/10.24843/LKJITI.2015.v06.i03.p02

 

[2]    Amiton, K. A. F., Haryana, K. S., & Ibhahim, R. N. (2013). Pengembangan Aplikasi Belajar Menulis Alfabet Dan Angka Untuk Perangkat Mobile Berbasis Android Dan Ios Menggunakan Framework Cocos2. Jurnal Computech & Bisnis, 7(1), 1–12. Retrieved from http://jurnal.stmik-mi.ac.id/index.php/jcb/article/view/94

 

[3]    Hanafri, M. I., Budiman, A., & Akbar, N. A. (2015). Game Edukasi Tebak Gambar Bahasa Jawa Menggunakan Adobe Flash CS6 Berbasis Android. Jurnal Sisfotek Global, 5(2), 50–53.

 

[4]    Harni Kusniyanti, N. S. P. S. (2016). Aplikasi Edukasi Budaya Toba Samosir Berbasis Android, 9(1), 9–18.

 

[5]    Hendini, A. (2016). PEMODELAN UML SISTEM INFORMASI MONITORING PENJUALAN DAN STOK BARANG (STUDI KASUS: DISTRO ZHEZHA PONTIANAK, IV(2), 107–116.

 

[6]    Maesaroh, S., & Malkiah, N. (2015). Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Inggris Pengenalan Huruf & Membaca Berbasis  Multimedia untuk Sekolah Dasar. Jurnal Sisfotek Global, 5(1). Retrieved from https://stmikglobal.ac.id/journal/index.php/sisfotek/article/view/71/73

 

[7]    Prabowo,  dkk. (2016). Efektivitas Aplikasi Berbasis Android Menggunakan Api Gesture Untuk Mengenal Aksara Korea, 17(2), 74–82.

 

[8]    Rahimi, N. M., Hussin, Z., & Normeza, W. (2014). Pembelajaran kosa kata bahasa arab secara aturan kluster semantik dan aturan kluster bebas. Jurnal Teknologi (Sciences and Engineering), 67(1), 33–38. https://doi.org/10.11113/jt.v67.2067

 

[9]    Romansyah, A., Lauryn, M. S., & Wahyudin. (2015). Perancangan Aplikasi Edukasi Pengenalan Bahasa Inggris Berbasis Android Pada TK AN – Nasir Tangerang. SIstem Komputer, 2(1), 105–126.

 

[10]  Setiawan, M., Lumenta, A. S. M., & Tulenan, V. (2016). Aplikasi Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Untuk Sekolah Dasar. E-Journal Teknik Elektro Dan Komputer, 5(4), 36–46.

 

[11] Septiawan, A. N., & Setiadi, T. (2013). Aplikasi Pengenalan Huruf Hangeul Berbasis  Multimedia Interaktif. Jurnal Sarjana Teknik Informatika, 1(1), 347–357.

[12]  Somya, R. & V. (2015). Pembuatan Media Pembelajaran Dasar Bahasa Korea Menggunakan AndEngine Berbasis Android. Jurnal Buana Informatika, 7(2), 105–114.

 

[13]  Supriyono, H., Sudarmilah, E., Fadlilah, U., Rahayu, E. T., Yani, J. A., Pos, T., … Tengah, J. (2015). Rancang Bangun Media Pembelajaran Bahasa dan Huruf Jawa Berbasis Adobe Flash CS6. The 2nd University Research Coloquium, 1–9. Retrieved from http://hdl.handle.net/11617/6851

 

[14]  Waskito, D. (2014). Media Pembelajaran Interaktif Matematika Bagi Sekolah Dasar Kelas 6 Berbasis Multimedia. Speed Journal - Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 11(3), 59–65.