Adidi (11135613), Perancangan Sistem Informasi Standarisasi VisualMerchandising dan Belanja Karyawan pada PT. Matahari Department Store Berbasis WEB.
Perkembangan dunia teknologi saat ini semakin pesat memasuki berbagai bidang, sehingga kini semakin banyak perusahaan yang berupaya meningkatkan usahanya terutama dalam bidang retail fashion yang berkaitan erat dengan teknologi informasi itu sendiri.Mengingat perkembangan tekhnologi saat ini, informasi mengenai visual merchandising sangatlah penting untuk diketahui oleh semua kalangan karyawan dalam suatu perusahaan retail fashion. Semua hal yang menyangkut trend, promo, mix and match sampai display harus sudah dikuasai sejak awal mereka bergabung dengan perusahaan tersebut. Dikarenakan persaingan industri fashion di Indonesia maupun internasional berkembang semakin pesat dan gerai online yang sedikit demi sedikit terus menggerus penjualan gerai-gerai offline.
Kata Kunci:Visual Merchandising, Retail Fashion, Trend, Promo, Mix and
Match,Display, Gerai Online, Gerai Offline.
Bell, J. & Ternus, K. (2012). Silent Selling 4th Ed. New York : Fairchild
Publications.
Bhalla, S. & Anuraag, S. (2010). Visual Merchandising. New Delhi : McGraw
Hill.
Colley A., & Burgess B. (2003). Gender Differences in Cognitive & Affective
Impulse Buying. Journal of Fashion Marketing and Management, 7(3), pp. 282-295. Fowler, Martin. (2005). UML Distilled Edisi 3, Yogyakarta : Andi.
Hastanti, R. P.,Bambang, E. P.& Indah, U. W. (2015). Sistem Penjualan Berbasis
Web (E-Commerce) Pada Tata Distro Kabupaten Pacitan. Jurnal Bianglala Informatika, Vol 3 No 2. September 2013. http://lppm3.bsi.ac.id/jurnal, ISSN: 2338-8145.
Jain, V., Sharma, A. , Narwal, P. (2012). Impact of Visual Merchandising on
Customer Behavior Towards Women’s Apparel. International Journal of Research in Management, 5 (2).
Jogiyanto. (2005). Analisis dan Desain Sistem Informasi : Pendekatan
terstruktur teori dan praktik aplikasi bisnis. Penerbit ANDI, Yogyakarta: xv + 887 hlm.
Jeffery L. Whitten, dkk. ( 2004). Metode Desain dan Analisis Sistem. Penerbit
Andi dan Mc Graw Hill Education, Yogyakarta: xix + 725 hlm. Kollat, D. T., &Willet, R. P. (1967).Customer Impulsive Purchasing Behavior. Journal of Marketing Research, 4(1), 21-31.
Levy, M. & Weitz, B. A. (2007). Retailing Management. 6th Edition. Boston:
McGraw Hill.
Metha, N. P. & Chugan, P. K. (2013). The Impact of Visual Merchandising on
Impulse Buying Behavior of Consumers: A Case from Central Mall of Ahmed abad India. Universal Jurnal of Management. 1(2): 76-82.
Rizky, Soetam. (2011). Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak. Jakarta :
Prestasi Pustaka.
Sudarsono, J. G. (2017). Pengaruh Visual Merchandising Terhadap Impulse
Buying Melalui Positive Emotion Pada Zara Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol 11 No 1. April 2017. doi: 10.9744/ pemasaran. 11.1.16-25, ISSN: 1907235X.
Sukarno, Muhammad. (2006). Membangun Website Dinamis Interaktif dengan
PHP MySQL. Penerbit Eksa Media, Bekasi.
Utami, C. W. (2010) Manajemen Ritel : Strategi dan Implementasi Operasional
Bisnis Ritel Modern di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.
Whitten. (2004). Metode Desain & Analisa Sistem. Yogyakarta : Andi