ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA PT. MAMPANG JAYA MOTOR DENGAN METODE SWOT

research
  • 19 Jul
  • 2018

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA PT. MAMPANG JAYA MOTOR DENGAN METODE SWOT

ABSTRAK

 

Ilman Hidaya (11150241), Analisis Strategi Pemasaran Pada PT. Mampang Jaya Motor Dengan Metode SWOT.

 

Pemasaran adalah suatu proses kegiatan yang dipengarui oleh berbagai faktor sosial, budaya, politik, ekonomi, dan manajerial. Akibat dari pengaruh berbagai faktor tersebut adalah masing-masing individu maupun kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan dengan menciptakan, menawarkan, dan menukarkan produk yang memiliki nilai komoditas. PT. Mampang Jaya Motor merupakan Daeler Resmi Sepeda Motor Yamaha selain menjadi dealer resmi Yamaha. PT. Mampang Jaya Prima memberikan pelayanan lain seperti showroom, bengkel, service dan menyediakan suku cadang bagi sepeda motor Yamaha terdapat pula perubahan lingkungan dan minat konsumen yang membuat PT. Mampang Jaya Motor sadar akan kebutuhan serta keinginan Konsumen. Metode pemasaran yang diterapkan oleh PT. Mampang Jaya Motor belum maksimal, dikarenakan berbagai faktor. Dengan permasalahan yang ada dalam perusahaan, maka penelitian ini menggunakan analisis bauran pemasaran P7 dan menggunakan metode SWOT yang bertujuan untuk menentukan strategi yang tepat bagi perusahaan, khususnya strategi pemasaran, sehingga diharapkan akan memperbaiki strategi pemasaran di PT. Mampang Jaya Motor. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa posisi kuadran di dalam Diagram Cartesius perusahaan berada di Kuadran III, yaitu terdapat peluang yang besar, tetapi menghadapi beberapa kendala internal. Posisi ini juga menandakan sebuah organisasi yang lemah namun sangat berpeluang

 

 

Kata kunci :  peluang pasar, strategi pemasaran, bauran pemasaran dan metode  SWOT.

Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

 

Assuari, Sofjan. 2013. Strategic Marketing. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Danang Sunyoto. 2015. Strategi Pemasaran. Jakarta. CAPS.

Deni Darmawan. 2013. Sistem Informasi Manajemen. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Eti Rochaety, Faizal Ridwan.z, dan Tupi Setyowati. 2013. Sistem Informasi Manajemen Edisi 2. Jakarta. Mitra Wacana Media

Freddy Rangkuti. 2006. Analisis Swot Teknik Membeda Kasus Bisnis. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Freddy Rangkuti. 2015. Analisis Swot Teknik Membeda Kasus Bisnis. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Henry Simamora. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta. Stie YKPN.

Jurnal Ahmad Ramadhan FE USU Departemen Manajemenen januari 2013.

Jurnal Manajemen IKM, September 2010 (122-131) ISSN 2085-8481.

Jurnal Matrik Teknik Industri Universitas Muhammaddiyah Gresik. Vol : XII, No: 2, Bulan: Maret, ISSN : 1693 – 5128).

Masyhuri, dan M.Zainuddin. 2008. Metodologi Penelitia : Pendekatan Praktis dan Aplikatif. Bandung. Reflika Aditama.

Nurohman, Sabar. 2007. Pendekatan Project Based Learning Sebagai Upaya Internalisasi Scientific method bagi mahasiswa calon guru fisika.

Saragih, Yansen Marthen Irianto. 2009. Pengembangan Daya Tarik Wisata  Aternatif di Pulau Mansimnam, Kecamatan ManokwariTimur, Papua Barat. Tesis  Program Megister Pariwisata. Universitas Udayana Denpasar.

Sugiyono. 2007. Metode penelitian Kuantitatif Kulitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Sulistyo dan Basuki dkk. 2006. Perpustakaan dan Informasi Dalam Konteks Budaya. Jakarta. FIB.