ABSTRAK
Ilman Hidaya
(11150241), Analisis Strategi Pemasaran Pada PT. Mampang Jaya Motor Dengan
Metode SWOT.
Pemasaran adalah suatu
proses kegiatan yang dipengarui oleh berbagai faktor sosial, budaya, politik,
ekonomi, dan manajerial. Akibat dari pengaruh berbagai faktor tersebut adalah
masing-masing individu maupun kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan
dengan menciptakan, menawarkan, dan menukarkan produk yang memiliki nilai
komoditas. PT. Mampang Jaya Motor merupakan Daeler Resmi Sepeda Motor Yamaha
selain menjadi dealer resmi Yamaha. PT. Mampang Jaya Prima memberikan pelayanan
lain seperti showroom, bengkel, service dan menyediakan suku cadang bagi sepeda
motor Yamaha terdapat pula perubahan lingkungan dan minat konsumen yang membuat
PT. Mampang Jaya Motor sadar akan kebutuhan serta keinginan Konsumen. Metode
pemasaran yang diterapkan oleh PT. Mampang Jaya Motor belum maksimal,
dikarenakan berbagai faktor. Dengan permasalahan yang ada dalam perusahaan,
maka penelitian ini menggunakan analisis bauran pemasaran P7 dan menggunakan
metode SWOT yang bertujuan untuk menentukan strategi yang tepat bagi
perusahaan, khususnya strategi pemasaran, sehingga diharapkan akan memperbaiki
strategi pemasaran di PT. Mampang Jaya Motor. Hasil penelitian ini menyimpulkan
bahwa posisi kuadran di dalam Diagram Cartesius perusahaan berada di Kuadran
III, yaitu terdapat peluang yang besar, tetapi menghadapi beberapa kendala
internal. Posisi ini juga menandakan sebuah organisasi yang lemah namun sangat
berpeluang
Kata kunci : peluang pasar, strategi pemasaran, bauran
pemasaran dan metode SWOT.
DAFTAR PUSTAKA
Assuari,
Sofjan. 2013. Strategic Marketing. Jakarta: PT Raja Grafindo
Persada.
Danang Sunyoto. 2015. Strategi
Pemasaran. Jakarta. CAPS.
Deni Darmawan. 2013. Sistem Informasi Manajemen.
Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Eti Rochaety, Faizal Ridwan.z, dan Tupi Setyowati.
2013. Sistem Informasi Manajemen Edisi 2. Jakarta. Mitra Wacana Media
Freddy Rangkuti. 2006. Analisis Swot Teknik Membeda
Kasus Bisnis. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Freddy Rangkuti. 2015. Analisis Swot Teknik Membeda
Kasus Bisnis. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Henry Simamora. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia.
Yogyakarta. Stie YKPN.
Jurnal Ahmad Ramadhan FE USU Departemen Manajemenen
januari 2013.
Jurnal Manajemen IKM, September 2010 (122-131) ISSN
2085-8481.
Jurnal Matrik Teknik Industri Universitas
Muhammaddiyah Gresik. Vol : XII, No: 2, Bulan: Maret, ISSN : 1693 – 5128).
Masyhuri, dan M.Zainuddin. 2008. Metodologi
Penelitia : Pendekatan Praktis dan Aplikatif. Bandung. Reflika Aditama.
Nurohman, Sabar. 2007. Pendekatan Project Based
Learning Sebagai Upaya Internalisasi Scientific method bagi mahasiswa calon
guru fisika.
Saragih, Yansen Marthen Irianto. 2009. Pengembangan
Daya Tarik Wisata Aternatif di Pulau
Mansimnam, Kecamatan ManokwariTimur, Papua Barat. Tesis Program Megister Pariwisata. Universitas
Udayana Denpasar.
Sugiyono. 2007. Metode penelitian Kuantitatif
Kulitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.
Sulistyo dan Basuki dkk. 2006. Perpustakaan dan
Informasi Dalam Konteks Budaya. Jakarta. FIB.