ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana harga dan kualitas pelayanan
mempengaruhi kepuasan pelanggan pengguna ojek online di area Margonda, Depok.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh semakin banyaknya pesaing dalam layanan
transportasi berbasis aplikasi, sehingga memahami faktor-faktor yang memengaruhi
kepuasan pelanggan menjadi penting agar bisnis bisa terus berjalan. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif dengan pengumpulan data primer melalui
kuesioner kepada pengguna layanan Gojek. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis
menggunakan beberapa metode seperti uji validitas, reliabilitas, regresi linier berganda,
uji t untuk pengaruh parsial, uji F untuk pengaruh secara simultan, dan koefisien
determinasi (R²) untuk melihat seberapa besar pengaruh variabel-variabel tersebut
terhadap kepuasan pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga dan kualitas
pelayanan memengaruhi kepuasan pelanggan secara positif dan signifikan, baik secara
parsial maupun bersamaan. Angka koefisien determinasi (R²) menunjukkan bahwa
kedua variabel tersebut berkontribusi cukup besar dalam menjelaskan tingkat kepuasan
pelanggan. Oleh karena itu, perusahaan penyedia layanan ojek online dianjurkan untuk
terus meningkatkan kualitas pelayanan serta menetapkan harga yang tepat agar dapat
mempertahankan dan meningkatkan kepuasan pelanggan.
Kata Kunci: Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Ojek Online, Gojek.
ABSTRACT
This research aims to analyze the effect of price and service quality on customer
satisfaction of online motorcycle taxi services in the Margonda area, Depok. The
background of this study is the increasing competition in app-based transportation
services, making it essential to understand the factors that influence customer
satisfaction for business sustainability. This study adopts an associative quantitative
approach using survey methods, collecting data through questionnaires from Gojek
service users. The data were analyzed using validity and reliability tests, multiple linear
regression analysis, t-test for partial, F-test for simultaneous, and the coefficient of
determination (R²). The results showed that both price and service quality have a
positive and significant effect on customer satisfaction, both partially and
simultaneously. The coefficient of determination (R²) indicates that the contribution of
price and service quality in explaining customer satisfaction is quite substantial.
Therefore, online motorcycle taxi service providers are advised to continuously improve
service quality and apply appropriate pricing strategies to maintain and enhance
customer satisfaction.
Keywords: Price, Service Quality, Customer Satisfaction, Online Motorcycle Taxi,
Gojek.
File_7 Artikel Ilmiah
Full Tugas Akhir
ABDILLAH, M. I. (2022). Budaya Organisasi di ojek online (GOJEK). June).
Andhini, NF (2017)’Jasa Transportasi
Gojek
…,
June.
https://www.researchgate.net/profile/SentotWahjono2/publication/361107627_
BUDAYA_ORGANISASI_di_ojek_online_GOJEK/links/629d70d7416ec50b
db0f74e9/BUDAYA-ORGANISASI-di-ojek-online- GOJEK.pdf
Adolph, R. (2016). Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bisnis
Jasa Transportasi GOJEK.
Amalia. (2016). Problematika Peran Ganda Perempuan Sebagai Ibu Rumah Tangga
dan Pengemudi Ojek Online Di Kota Depok.
Anggraini, F., & Budiarti, A. (2020). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas
Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan
Pada Konsumen Gojek. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(3), 86–94.
https://doi.org/10.26740/jupe.v8n3.p86-94
Firdausi, N. I. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan
Konsumen GO – FOOD Pada PT. GOJEK.
Kaos GL Dergisi, 8(75), 147–154.
Ilmiah, J., Dan, E., & Wijaya, K. (2024). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap
Kesadaran Merek Gojek Pada Pengguna Stasiun Kai Depok Baru. 2(11),
291– 300.
Kevin, K., Wdayatmoko, W., & Pribadi, M. A. (2019). Pengaruh Fungsi Iklan Dan
Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Gojek. Prologia, 3(1), 169.
https://doi.org/10.24912/pr.v3i1.6235
Nasution, A. E., & Syahputra, I. (2022). Building Customer Satisfaction Through
Promotion And Service Quality To Gojek Service Users In Medan. Journal of
International Conference Proceedings, 5(2), 545–551.
https://doi.org/10.32535/jicp.v5i2.1717
Oktarini, R. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan
Pelanggan Pengguna Jasa Aplikasi Gojek Di Kota Tangerang. Jurnal
Sekretari
Universitas
https://doi.org/10.32493/skr.v6i2.5541
Pamulang,
6(2),
248.
47
Parasuraman et al, 1988, 1991, 1994). (2013). The Impact of Corporate Social
Responsibility, Service Quality and Customer-company Identification on
Customers. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 99, 304–313.
https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.10.498
PT Goto, G. T. T. (2023). Transformation For Progress Transformasi
Untuk Kemajusn 2023 Laporan Tahunan Annual Report. Laporan Tahunan GOTO,
22.
Purnama, L., Suyani, T., & Hardipamungkas, N. E. (2020). Pengaruh Citra Merek,
Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Online Gojek Di
Kota Tangerang. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 2(1), 45.
https://doi.org/10.31599/jmu.v2i1.739
Solikhah, M. (2022). Makalah Perilaku Organisasi Struktur Organisasi Di Gojek.
Researchgate.Net, June. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.16796.56961
Dimensi,
https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/jurnaldms
Sri Handayani, L., & Syarifudin, A. (2022). the Effect of Service Quality, Price and
Relationship Marketing on Consumer Satisfaction on Gojek Transportation
Service.
11,
298–313.
Tech in Asia, 2022. (2023). PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk dan Entitas Anaknya and
its subsidiaries Laporan Keuangan Konsolidasian as of 31 December 2023
and for the Year then Ended. December, 1–161.
Ungusari, E. (2015). PT. Go-Jek Indonesia adalah perusahaan layanan ojek online. Nhk,
151, 10–17.
Wahjono, S. (2022). Struktur Organisasi PT GOJEK INDONESIA. Research Gate,
June, 1. http://anadhifa.blogspot.com/2017/04/struktur-organisasi-pt-gojek-
indonesia.html