Perkembangan teknologi digital mendorong kemunculan berbagai aplikasi penjualan voucer digital, salah satunya Qpon, yang memudahkan pengguna memperoleh penawaran harga menarik secara praktis. Namun, tingkat kepuasan pelanggan tidak hanya dipengaruhi oleh manfaat fungsional aplikasi, tetapi juga oleh kualitas pelayanan digital yang dirasakan dan persepsi harga yang ditawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan digital dan persepsi harga terhadap kepuasan pelanggan pengguna aplikasi Qpon, baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner daring kepada 148 responden yang merupakan pengguna aktif aplikasi Qpon dan telah melakukan pembelian voucer digital maksimal dua kali dalam tiga bulan terakhir. Analisis data dilakukan menggunakan metode Structural Equation Modeling–Partial Least Square (SEM-PLS) dengan perangkat lunak SmartPLS versi 3.29. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Persepsi harga juga terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Secara simultan, kedua variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan kontribusi sebesar 66% terhadap variasi kepuasan. Temuan ini menegaskan bahwa kombinasi kualitas pelayanan digital yang baik dan persepsi harga yang wajar menjadi faktor kunci dalam menciptakan pengalaman pelanggan yang memuaskan pada aplikasi Qpon.
Full Tugas Akhir
Abdillah, W., & Hartono, J. (2015). Partial Least Square (PLS): Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. ANDI.
Agung, R. A. K., Kurniawan, A. P., & Juru, P. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT . Borwita Citra Prima Maumere. 3(1).
Andriani, N., & Aisyah, S. (2024). The Influence of E-Service Quality , Price Perception , and Sales Promotion on Customer Loyalty Through Customer Satisfaction on the Gojek Application. 14(1), 59–75. https://doi.org/10.21927/jesi.3124.3483
Atikah, A., & Mulyono, D. (2021). Pengaruh Kualitas Jasa Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Cengkareng Golf Club. Bussman Journal : Indonesian Journal of Business and Management, 1(1), 22–32. https://doi.org/10.53363/buss.v1i1.3
BH Kusumawardani, & A Achsa. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen di Mie Gacoan Magelang. TRANSEKONOMIKA: AKUNTANSI, BISNIS DAN KEUANGAN. 3(1), 148-161.
Billyarta, G. W., & Sudarusman, E. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Elektronik (E-Servqual) Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Marketplace Shopee Di Sleman Diy. Optimal, 18(1), 41–62.
Chiguvi, D., Tadu, R., & Mugwati, M. (2024). Customer Experience Management in the Banking Sector and Its Relation to the SDGs. Journal of Lifestyle and SDGs Review, 5(2), e03772. https://doi.org/10.47172/2965-730x.sdgsreview.v5.n02.pe03772
Dewi Aprilia Nugraheni, Febryana Nawantoro, Rayhan Gunaningrat, & R. Taufiq Nur Muftiyanto. (2024). Pengaruh Cita Rasa, Kualitas Pelayanan, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Mie Gacoan. Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Kreatif, 2(1), 231–243. https://doi.org/10.59024/jumek.v2i1.312
Febryaningrum, V., Buana, A. V., Rohman, A. F., Rochmah, A. N., Soraya, A., & Suparta, I. M. (2024). Penggunaan Analisis Structural Equation Modelling (SEM) Dengan PLS Untuk Menguji Pengaruh Variabel Intervening Terhadap Hubungan Variabel Independen Dan Variabel Dependen. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 1(6), 258–266. https://doi.org/10.62017/jemb
Hasanah, Z. M., & Hargyatni, T. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Grabfood Di Kota Boyolali. Manajemen, 2(2), 115–124. https://doi.org/10.51903/manajemen.v2i2.173
Hatta Setiabudhi, S.E, M. A., Suwono, S.E, M. S., Yudi Agus Setiawan, S.S, M. ., & Syahrul Karim, M. S. (2025). Analisis Data Kuantitatif dengan Smart PLS 4. In I. P. H. H. Duari (Ed.), Ebooks.Borneonovelty.Com. https://ebooks.borneonovelty.com/media/publications/588838-analisis-data-kuantitatif-dengan-smartpl-29069ce4.pdf?
Iba, Z., & Wardhana, A. (2024). Skala Ordinal Dalam Penelitian Kuantitatif. In Operasionalisasi Variabel, Skala Pengukuran & Instrumen Penelitian Kuantitatif (Vol. 1, Issue July). https://www.researchgate.net/publication/382028627
Indrasari, M. (2019). PEMASARAN DAN KEPUASAN PELANGGAN. Unitomo Press. https://play.google.com/books/reader?id=PYfCDwAAQBAJ&pg=GBS.PR1&hl=id
Ivantan, Purwanti, & Zakri, M. (2024). Pengaruh Persepsi Harga dan E-Service Quality terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Tokopedia di Tangerang Selatan. Jurnal Arastirma, 4(2), 472–484. https://doi.org/10.32493/jaras.v4i2.38821
Julio, K., Longdong, B., Rogahang, J. J., & Walangitan, O. F. C. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Maesa Print Kawangkoan. Productivity, 3(1), 13–17.
Kaur, B., Kaur, J., Pandey, S. K., & Joshi, S. (2020). E-service Quality: Development and Validation of the Scale. Global Business Review, 1–19. https://doi.org/10.1177/0972150920920452
Laetitia, S. I., Alexandrina, E., & Ardianto, S. F. (2021). Pengaruh Kulaitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Tanamera Coffee Pacific Place. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(1), 1699–1721. https://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/issue/view/19
Leon, F. M., Suryaputri, R. V., & Purnamaningrum, T. K. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif Manajemen, Keuangan, dan Akuntansi.
Luthfiani, F., Yuhefizar, Y., & Josephine Sudiman. (2024). Pengaruh E-Service Quality dan E-Trust Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pengguna Aplikasi PLN Mobile Kota Padang Panjang. Akuntansi Dan Manajemen, 19(1), 27–42. https://doi.org/10.30630/jam.v19i1.263
Martiwi, R., Suharyadi, D., Nuryati, S., & Aryadi, H. (2024). The Influence Of E-Service Quality And Price Discount On Purchasing Decisions In TikTok Shop In Bogor. Jurnal Ekonomi, 13(2), 541–554. https://doi.org/10.54209/ekonomi.v13i02
Muldani, V., Nurjanah, N., & Casilam, C. (2024). Pengaruh E-Service Quality dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pelanggan Jasa Transportasi Online Gojek di Kota Depok). Journal of Tax and Business, 5(1), 11–18. https://doi.org/10.55336/jpb.v5i1.170
Naomi, L. F., Sartika, L., Gaol, L., Shia, R. T., Maya, R., & Kurnia, E. (2024). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI, HARGA PADA APLIKASI DANA TERHADAP KEPUASAAN KONSUMEN PADA MASYARAKART KOTA MEDAN. Indonesian Journal of Management and Accounting (IJMA).
Novyantri, R., & Setiawardani, M. (2021). The Effect Of E-Service Quality On Customer Loyalty With Customer Satisfaction As A Mediation Variable On Dana’s Digital Wallet (Study On Dana Users). International Journal Administration, Business and Organization (IJABO) |, 2(3), 49–58. https://ijabo.a3i.or.id
Octaviani, O. C., Rizan, M., & P, A. K. R. (2021). THE EFFECT OF E-SERVICE QUALITY AND PERCEIVED PRICE FAIRNESS ON CUSTOMER LOYALTY WHICH CUSTOMER SATISFACTION AS INTERVENING STUDY ON ONLINE SHOPPING SITE IN INDONESIA. 04(1).
Pandiangan, F., & Chairun Nisa, P. (2024). The Effect of Product Quality, Service Quality and Price Perception on Customer Satisfaction. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 12(3), 661–672. https://doi.org/10.37641/jimkes.v11i2.1750
Prasetya, A. P., Loviga, L. T., & Saleh, M. Z. (2024). E-Service Quality Pada Aplikasi Gojek Untuk Kepuasan Pelanggan. ORGANIZE Journal of Economics, Management and Finance, 3(2), 114–122. https://organize.pdfaii.org/Journalwebsite:https://organize.pdfaii.org/https://doi.org/10.58355/organize.v3i2.73pp.114-122
Pratama, I. P. D., Anggraini, N. P. N., & Jodi, I. W. G. A. S. (2024). Pengaruh Brand Image, Promosi, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Masyarakat Klungkung Dalam Era Digital Menggunakan Aplikasi Grabfood. Values, 5(1), 71–84.
Putri Anggraeni, A., Wartiningsih, E., & Sofa, N. (2024). Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Maxim Di Kota Depok. Jurnal Administrasi Profesional, 5(2), 78–87. https://doi.org/10.32722/jap.v5i2.7001
Rahayu, S., Limakrisna, N., & Purba, J. H. V. (2023). the Influence of Perceived Price and E-Service Quality on Customer Satisfaction and Their Impact on Customer Loyalty in Using Go-Jek Services in Dki Jakarta Province. International Journal of Economy, Education and Entrepreneurship (IJE3), 3(1), 132–151. https://doi.org/10.53067/ije3.v3i1.130
Riyanto, K., & Satinah. (2023). Pengaruh Penetapan Harga, Kualitas Produk, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. 01(01), 30–37.
Sari, S. S., Maulana, A., Shihab, M. S., & Wahab, Z. (2024). The Influence of Service Quality and Price Perception on Customer Satisfaction in Using Go-Food Services in Palembang. Internatinal Research Journal of Economics and Management Studies, 3(8), 82–89. https://doi.org/10.56472/25835238/IRJEMS-V3I8P111
Setiawan, R. A., Askolan, A., & Pauzy, D. M. (2023). PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN ULASAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE (Survei pada konsumen Erigo Official Shop Shopee.co.id di Kota Tasikmalaya). Jurnal Doktor Manajemen (JDM), 6(2), 188. https://doi.org/10.22441/jdm.v6i2.21900
Sudaryono, D. (2018). Metodologi Penelitian (1st ed.). PT RajaGrafindo Persada.
Sudjatmoko, A., Caesar, L. A. Y., Gumuljo, S. Y., & Jeremy, R. (2022). Effect of E-Service Quality, Customer Perceived Value, and Price on Customer Satisfaction in Healthcare Application. Proceedings of the 3rd South American International Industrial Engineering and Operations Management Conference.
Sugiyono. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (M. Dr. Ir. Sutopo, S.P.d (ed.); 6th ed.). CV ALFABETA.
Sujarweni, V. W. (2024). Metodologi Penelitian Bisnis Dan Ekonomi Pendekatan Kuantitatif. PUSTAKABARUPRESS.
Tandibua, B. R., & Nainggolan, B. M. (2023). Pengaruh Persepsi Harga,Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Di Air Asia Indonesia. Panorama Nusantara, 18(2), 1–14.
Taufiq-Hail, A. M., Yusof, S. A. B. M., Al Shamsi, I. R. H., Bino, E., Saleem, M., Mahmood, M., & Kamran, H. (2023). Investigating the impact of customer satisfaction, trust, and quality of services on the acceptance of delivery services companies and related applications in Omani context: A Predictive model assessment using PLSpredict. Cogent Business and Management, 10(2). https://doi.org/10.1080/23311975.2023.2224173
Tjiptono, & Chandra. (2019). Service, Quality & Customer Satisfaction (5th ed.). ANDI.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (Edisi 4) (4th ed.). ANDI.
Wahyono, A., & Ardiansyah, A. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Digital, Promosi, Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Shopeefood. Jurnal Manajemen, 6(1), 21–33. https://doi.org/10.54964/manajemen.v6i1.159
Whimphie Billyarta, G., & Sudarusman, E. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Elektronik (E-Servqual) Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Marketplace Shopee Di Sleman Diy. Optimal, 18(1), 41–62.
Wibowo, M. L., Setyabudi, D., & Manalu, S. R. (2024). PENGARUH EKSPEKTASI KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PRODUK LUXCRIME BLUR & COVER TWO WAY CAKE DI SHOPEE. 12(3), 902–911. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/45647
Wijaya, A. (2019). Metode Penelitian Menggunakan SmartPLS 3 (1st ed.).
Yanto, R. T. Y., & Anjasari, A. D. (2021). Pengaruh E-Service Quality Terhadap Kepuasan Pelanggan E-Commerce (Studi Kasus Pengguna Toko Online Shopee). Jurnal Bisnis Dan Pemasaran , 11(1), 1–13.