TUGAS AKHIR FARADILA SAFITRI

research
  • 22 Oct
  • 2025

TUGAS AKHIR FARADILA SAFITRI

Perkembangan e-commerce yang pesat telah mengubah pola konsumsi masyarakat,termasuk dalam pembelian produk fashion secara daring. Namun, persaingan antar penjual mendorong perlunya pemahaman mengenai faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian konsumen, khususnya ibu rumah tangga sebagai segmen yang potensial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi harga, diskon, dan online customer review terhadap keputusan pembelian produk fashion di marketplace, dengan studi kasus pada ibu rumah tangga di Kecamatan Cakung, Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik purposive sampling, melibatkan 100 responden yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu. Instrumen penelitian berupa kuesioner yang dianalisis menggunakan metode Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan bantuan software SmartPLS 3.2.9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, persepsi harga tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sementara diskon dan online customer review memiliki pengaruh signifikan. Secara simultan, ketiga variabel independen tersebut memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,634 yang menunjukkan bahwa model mampu menjelaskan lebih dari 63% variabilitas keputusan pembelian. Implikasi penelitian ini memberikan wawasan bagi pelaku usaha fashion online untuk lebih menekankan strategi diskon dan pengelolaan ulasan konsumen guna meningkatkan konversi pembelian

Unduhan

  • File_8.pdf

    File_8

    •   diunduh 4x | Ukuran 673 KB
  • File_3.pdf

    File_3

    •   diunduh 0x | Ukuran 938 KB
  • File_2.pdf

    File_2

    •   diunduh 0x | Ukuran 938 KB
  • File_4.pdf

    File_4

    •   diunduh 1x | Ukuran 1,046 KB
  • File_6.pdf

    File_6

    •   diunduh 2x | Ukuran 580 KB

 

  • File_6.pdf

    File_6

    •   diunduh 2x | Ukuran 593,552
  • File_5.pdf

    File_5

    •   diunduh 2x | Ukuran 1,503,831
  • File_7.pdf

    File_7

    •   diunduh 3x | Ukuran 2,561,725
  • Full Tugas Akhir.pdf

    Full Tugas Akhir

    •   diunduh 0x | Ukuran 7,114,007
  • File_1.pdf

    File_1

    •   diunduh 4x | Ukuran 1,589,782

REFERENSI

Adela Putri, K., Rialmi, Z., Suciati, R., Pembangunan Nasional Veteran Jakarta Jl Fatmawati Raya, U. R., Labu, P., Cilandak, K., Depok, K., & Khusus Ibukota Jakarta, D. (2022). Pengaruh Lingkungan Kerja, disiplin Kerja, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Personil Polri di Kantor Kepolisian Resor Sawahlunto. Jurnal IKRAITH-EKONOMIKA, 5(2), 116–127.

Adi, H. (2025). Pengguna Internet di Indonesia Meningkat Awal 2025. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/teknologi-telekomunikasi/statistik/67cea598efeab/pengguna-internet-di-indonesia-meningkat-awal-2025

Adistia, E., Ardana, Y., & Zumaroh, Z. (2025). Pengaruh Media Sosial Dan Diskon Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Generasi Z Di Industri Fashion Pada Mahasiswa Di Kota Metro. Jurnal Ekuilnomi, 7(2), 421–430. https://doi.org/10.36985/2av75w78

Alwafi, R. M. F. (2025). PERAN TRUST DALAM PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT DAN ONLINE CUSTOMER REVIEWS TERHADAP PURCHASE DECISIONS ERIGO STORE. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 9(1), 3454–3476. https://doi.org/10.31955/mea.v9i1.5679

Anisa, D. F., & Yulianto, A. E. (n.d.). Pengaruh Brand Image , Promotion, dan Online customer Review Tehadap Keputusan Pembelian Produk Mie Gacoan Cabang Manyar DI Platform Shopeefood.

Arman Hj. Ahmad, Yuvasreetharan Muregesu, Ridzuan Masri, Mohd Farid Shamsudin, & Mohd Faizun Mohamad Yazid. (2023). Does Customer Perceived Value Sway Customer Satisfaction and Post Purchase Intentions? Evidence from Online Shopping in Malaysia. International Journal of Economics, Business and Innovation Research, 2(01), 1–16. https://doi.org/10.63922/ijebir.v2i01.47

Cahyono, Y. T., & Wibawani, I. D. (2021). Pengaruh Rating dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian Online pada marketplace Shopee. Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar.

Clarita, N. (2023). Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian di CFC Grande Karawaci. AKSIOMA : Jurnal Manajemen, 2(1), 37–53. https://doi.org/10.30822/aksioma.v2i1.2081

Darma, Y. (2020). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Pembelian Ulang. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 4(4), 133. https://doi.org/10.24912/jmbk.v4i4.8675

Dwi Amelia, R., Michael, & Mulyandi, R. (2021). Analisis Online Consumer Review Terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Kecantikan. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 2(2), 274–280. https://doi.org/10.36418/jist.v2i2.80

Enjelina, W., Sari, P., Kustiawan, I. P. A., Jaya, I., Rahayu, S., & Darmajaya, B. (2025). Pengaruh Diskon dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Cushion SKINTIFIC di Shopee. 128–140.

Faradita, P. A., Widjajanti, K., Manajemen, J., Ekonomi, F., & Semarang, U. (2023). Pengaruh Online Customer Review, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Tokopedia. Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 21(2), 543–554.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan penerbit universitas diponegoro.

Graciafernandy, M. A., & Almayani, R. N. (2023). Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating dan Online Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Shopee. POINT: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 5(1), 97–106. https://doi.org/10.46918/point.v5i1.1800

Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., Sarstedt, M., Danks, N. P., & Ray, S. (2021). Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Using R. Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-80519-7

Handayani, R. L., Wahyudin, A., & Kardoyo, K. (2023). Determinan Perilaku Konsumen dalam Pembelian Produk Fashion pada Marketplace. Business and Economic Analysis Journal, 3(1), 44–54. https://doi.org/10.15294/beaj.v3i1.43164

Hannaresa, C. A., & Hasanah, Y. N. (2023). Pengaruh Customer Review dan Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk di Shopee. Economics and Digital Business Review, 4(1), 720–726.

Harmadi, A., Purnamasari, W., & Patriya, E. (2022). A Study on the Role of Internal and External Factors in Consumer Buying Behaviour Through E-Marketplace. 10(1), 1–6. https://doi.org/10.11648/j.ijebo.20221001.11

Inayati, K. A., & Wijayanti, R. F. (2023). PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MARKETPLACE SHOPEE. Jurnal Aplikasi Bisnis, 9(1), 32–37. https://doi.org/10.33795/jab.v9i1.610

Indriani, N., & Akbar, M. F. (2022). Pengaruh Discount dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian pada Brand Papperdine Jeans di Marketplace Shopee. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 1(2), 72–76. 38+Amelia+Intan+Prasasti+Hal+723-726

Irawati, R., & Prasetyo, I. B. (2021). Pemanfaatan Platform E-Commerce Melalui Marketplace Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan dan Mempertahankan Bisnis di Masa Pandemi (Studi pada UMKM Makanan dan Minuman di Malang). Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 6(2), 114–133.

Juliyana, E., & Nuraflah, C. A. (2021). Peranan Internet Dalam Meningkatkan Citra Sma Swasta Budi Agung Medan. Peranan Internet Dalam Meningkatkan Citra Sma Swasta Budi Agung Medan, 3(1), 13.

Jumawan, J., Soesanto, E., Cahya, F., Putri, C. A., Permatasari, S. A., Setyakinasti, S., & Ottay, M. L. (2024). Pengaruh Online Consumer Review Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Shopee. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(6), 2854–2862. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i6.2964

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing (17th ed.). Pearson Education.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2020). Principles of Marketing. Pearson Education.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.

Leonardo, C., & Firdausy, C. M. (2025). PENGARUH CITRA MEREK , PERSEPSI HARGA , DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOPI JANJI JIWA. 07(02), 501–513.

Lestari, N., & Patrikha, F. D. (2022). Pengaruh Harga Dan Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Wanita Di Online Marketplace (Studi Kasus Pada Konsumen Di Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 10(1), 1635–1642. https://doi.org/10.26740/jptn.v10n1.p1635-1642

Lestari, W., Lukitaningsih, A., & Hutami, L. T. H. (2022). Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, dan Price Consciousness terhadap Keputusan Pembelian. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(6), 2358–2368. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i6.2306

Mokodompit, H. Y., Lapian, S. L. H. V. J., & Roring, F. (2022). Pengaruh Online Customer Rating, Sistem Pembayaran Cash on Delivery Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Di Tiktok Shop (Studi Pada Mahasiswa Dan Alumni Equil Choir Feb Unsrat). Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(3), 975. https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.43393

Mu’nis, H., & Komaladewi, R. (2020). Analisis komparatif online customer review dan survey customer review marketing mix. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 15(3), 138–148. https://doi.org/10.21067/jem.v15i3.4476

Priyatin, A., & Farisi, H. (2023). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Trust dan Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shope. Embiss, 4(November), 60–73.

Ramadhani, F. B., Untari, D. T., & Andrian. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga Dan Promosi TerhadapKeputusan Pembelian Di Shanii Konveksi. Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen Dan Bisnis (JEKOMBIS), 3(2), 01–16.

Riska, C. F., Natalia, J. L. F., Nabilah, I., & Kholipah, P. D. (2022). Pengaruh Diskon Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna E-Commerce Shopee. JISMA: Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, Dan Akuntansi, 1(3), 363–368.

Rivai, J., & Zulfitri. (2021). The Role of Purchasing Decisions Mediating Product Quality, Price Perception, and Brand Image on Customer Satisfaction of Kopi Janji Jiwa. Journal of Business and Management Studies, 3(2), 31–42. https://doi.org/10.32996/jbms.2021.3.2.4

Setiadi, N. J. (2021). Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer pada Era Digital. Prenada Media.

Shahirah, R. A. (2023). Pengaruh Review Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Di Online Shop. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(3), 626–630. https://doi.org/10.60126/maras.v1i3.119

Siti Noor Aisyah, & Syaiko Rosyidi. (2023). PENGARUH PERSEPSI HARGA, CUSTOMER REVIEW, CUSTOMER RATING DAN PROMOSI FLASH SALE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI SHOPEE. Jurnal Kompetitif, 12(1), 48–60. https://doi.org/10.52333/kompetitif.v12i1.83

Solomon, M. R. (2017). Consumer Behavior: Buying, Having, and Being (12th ed.). Pearson Education.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Alfabeta.

Tirta, E. B. E. (2025). Ini Bukti Baru Warga RI Makin Malas Beli Baju, Industri Tekstil Jeblok. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/research/20250205162300-128-608253/ini-bukti-baru-warga-ri-makin-malas-beli-baju-industri-tekstil-jeblok

Tjiptono, F. (2016). Pemasaran: Esensi dan Aplikasi. Andi Offset.

Triana,  gema, Widyawati, N., Wijonarko, G., & Kalangi, M. H. E. (2024). Pengaruh Promosi, Loyalty Program, dan Online Customer Review sebagai Variabel Intervening terhadap Keputusan Pembelian Parfum Freshchubs di Shopee. 01(02). http://repositori.stiamak.ac.id

Waruwu, M., Pu`at, S. N., Utami, P. R., Yanti, E., & Rusydiana, M. (2025). Metode Penelitian Kuantitatif: Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 917–932. https://doi.org/10.29303/jipp.v10i1.3057

Yonatan, A. Z. (2025). Jumlah Kunjungan ke Situs E-Commerce Indonesia Melemah. GoodStart. https://goodstats.id/article/jumlah-kunjungan-ke-situs-e-commerce-indonesia-melemah-Xza8b

Zed, E. Z., Ratnaningsih, Y. R., & Kartini, T. M. (2023). Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Di E-Commerce pada Mahasiswa Universitas Pelita Bangsa Cikarang. Mirai Management, 1(1), 14–23.