Tugas Akhir Chintiya

research
  • 22 Oct
  • 2025

Tugas Akhir Chintiya

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh diskon harga dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian produk Skintific di platform Shopee oleh konsumen di Kota Depok. Fenomena pesatnya perkembangan e-commerce, khususnya Shopee, memicu persaingan yang semakin ketat antar merek skincare baik ekni maupun internasional. Salah satu strategi yang banyak digunakan untuk menarik minat konsumen adalah pemberian diskon harga dan peningkatan kualitas layanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan eknik survei terhadap 100 responden yang pernah membeli produk Skintific melalui Shopee. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dan data dianalisis menggunakan regresi linear berganda melalui bantuan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diskon harga dan kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian secara parsial maupun simultan. Temuan ini menegaskan pentingnya kombinasi strategi harga dan pelayanan dalam menciptakan pengalaman belanja yang positif bagi konsumen di platform digital. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pelaku usaha dalam merancang strategi pemasaran produk kecantikan yang lebih efektif melalui e-commerce.

Unduhan

  • File_1.pdf

    File_1

    •   diunduh 2x | Ukuran 607 KB
  • File_3.pdf

    File_3

    •   diunduh 1x | Ukuran 338 KB
  • File_4.pdf

    File_4

    •   diunduh 1x | Ukuran 638 KB
  • File_6.pdf

    File_6

    •   diunduh 1x | Ukuran 1,208 KB

 

  • File_7.pdf

    File_7

    •   diunduh 2x | Ukuran 529,900
  • File_2.pdf

    File_2

    •   diunduh 1x | Ukuran 122,337
  • File_5.pdf

    File_5

    •   diunduh 1x | Ukuran 66,798
  • Full Tugas Akhir.pdf

    Full Tugas Akhir

    •   diunduh 2x | Ukuran 2,675,111

REFERENSI

Abd. Rohim Asnawi *, A. S. (2022). Pengukuran kepuasan layanan pendidikan menggunakan pendekatan HEISQUAL dalam meningkatkan kualitas layanan pendidikan tinggi. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 10.

Aditiya, N. Y., Evani, E. S., & Maghfiroh, S. (2023). Konsep Uji Asumsi Klasik Pada Regresi Linier Berganda. Jurnal Riset Akuntansi Soedirman, 2(2), 102–110. https://doi.org/10.32424/1.jras.2023.2.2.10792

Anwar, R. N., & Wardani, F. A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Produk Scarlett Di E-Commerce Shopee. NUSANTARA: Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(5), 1370–1379. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/index

Aryani, D. N., Hartutik, Desi Derina Yusda, Ni Desak Made Santi Diwyarthi, & Yanti Setianti. (2023). Pengaruh Promosi, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Marketplace Shopee. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 9(6), 2438–2443. https://doi.org/10.35870/jemsi.v9i6.1664

Benny Osta Nababan, Yesi Dewita Sari, Mujito, Wawan Hari Subagyo, M. (2023). Manajemen Pelayanan Publik Dan Bisnis.

Budianto, C., Hidayah, T., & Qomaruzzaman Ratu Edi, B. (2023). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Layanan, Citra Merek Dan Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di E-Commerce Shopee. JMBI : Jurnal Manajemen Bisnis Dan Informatika, 4(1), 66–80. https://doi.org/10.31967/prodimanajemen.v4i1.910

Cahyani, E., Nururrohmah, T., & Deka, C. F. (2024). The Role of Service Quality in Building Customer Satisfaction ( A Literarure Review ). 2(4).

Chitra, V., Sukarno, A., & Susanti, R. (2025). Pengaruh Kualitas Produk , Harga dan Ulasan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skintific di Kalangan Generasi Z ( Survei Pada Mahasiswa Universitas Slamet Riyadi Surakarta ). 2(2), 3128–3152.

Darma, B. (2021). STATISTIKA PENELITIAN MENGGUNAKAN SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). GUEPEDIA.

Dedi Susanto, Risnita, M. S. J. (2023). Teknik Pemeriksaan Keabsahan DataDalamPenelitian Ilmiah. Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1.

Dr. I Wayan Widana, S.Pd., M. P., & Muliani, P. L. (2020). Uji Persyaratan Analisis. In PENGARUH PENGGUNAAN PASTA LABU KUNING (Cucurbita Moschata) UNTUK SUBSTITUSI TEPUNG TERIGU DENGAN PENAMBAHAN TEPUNG ANGKAK DALAM PEMBUATAN MIE KERING (Vol. 15, Issue 1). https://core.ac.uk/download/pdf/196255896.pdf

Dwijantoro, D. daN S. (2021). Terhadap Keputusan Pembelian Marketplace Shopee. Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Marketplace Shopee, 4(2), 172–178.

Fadhilah, R. E., & Nainggolan, B. M. (2024). Peran Kualitas Pelayanan, Kepercayaan dan Pengalaman Pelanggan terhadap Kepuasan Pelanggan. Inovasi, 11(1), 150–163. https://doi.org/10.32493/inovasi.v11i1.p150-163.40256

Ibnu Cahyo Ramadhan, & Tia Chisca Anggraeni. (2022). Pengaruh Promosi, Keamanan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Shopee. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(1), 01–11. https://doi.org/10.56127/jukim.v1i1.121

Iffah Zubaidah, M. J. L. (2022). Analisis Proses Pengambilan Keputusan KonsumenE-commerceShopee di LingkunganRT08/RW10 Sriamur Bekasi. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Teknologi, 6.

Indrawati, B. (22 C.E.). ANALISIS SERVQUAL PENGUKURAN TINGKAT KUALITAS LAYANAN DANKEPUASAN KONSUMEN DINAS KESEHATAN KOTA BEKASI. Ilmiah Bakti Farmasi, 1.

Ir.Nurmawati, M. . (2018). PERILAKU KONSUMEN & KEPUTUSAN PEMBELIAN. Media Nusa Creative.

Linda Rosalina, Rahmi Oktarina, Rahmiati, I. S. (2023). Buku Ajar Stastika. CV. MUHARIKA RUMAH ILMIAh.

Maharani, P. K., & Purnami, I. G. A. K. G. N. M. (2024). Impulse Bulying Fashion. CV. Intelektual Manifes Media.

Mutmainah, S. (2023). PENGARUH HARGA, KUALITAS PELAYANAN, DAN DISKON TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SHOPEEFOOD (Studi pada Mahasiswa FEBI UIN Walisongo Semarang Angk. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, VIII(I), 1–19.

Nadhira Meidiastri, Endang M. Sasmita, & B. S. (2025). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga Dan Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Skin Care Somethinc Pada Platform E-commerce Shopee.

Nurhayati, S.E., M.AB., C. (2023). Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen. https://www.google.co.id/books/edition/Keputusan_Pembelian_dan_Kepuasan_Konsume/3vLSEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Pengertian Keputusan Pembelian&pg=PA34&printsec=frontcover

Paraswati, S., & Riofita, H. (2024). Diskon sebagai Strategi Pemasaran. 8(2016), 46457–46461.

Paryanti2, S. dan A. B. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Grabfood (Studi Wilayah Kecamatan Setiabudi). Jurnal Ilmiah M-Progress, 12(1), 70–83. https://doi.org/10.35968/m-pu.v12i1.867

Philip Kotler, K. L. K. (2016). Marketing Management.

Rahayu, I. F., Oktaviah, Y., & Rachmawati, D. L. (2024). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Shopee Melalui Online Customer Review Sebagai Variabel Moderating di Kota Pasuruan. BISEI: Jurnal Bisnis Dan Ekonomi Islam, 5(2), 1–14.

Ramadhanti, S., & Yuli Prastyatini, S. L. (2023). Pengaruh Diskon Flash Sale Dan Biaya Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Moderasi. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 14(04), 1030–1039. https://doi.org/10.23887/jimat.v14i04.60984

Rindi Wulan Sari, Suryani, N. A. R. (2024). Pengaruh Diskon Harga Dan Paket Bonus Terhadap Pembelian Impulsif Pada Konsumen Youtfit StoreKendari. Jurnal Administrasi Bisnis, 9.

Rozi, I. A., & Khuzaini. (2021). Pengaruh Harga Keragaman Produk, Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Shopee. Jurnal Ilmu Dan Riset Manaemen, 10, 1–20.

Sa’adah, I. R. L., & Amalia, N. (2020). FAKTOR DISKON, BONUS PACK, DAN IN STORE DISPLAY SERTA PENGARUHNYA TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF. LPMM, KH.A. Wahab Hasbullah.

Saputri, F. S., & Sukresna, I. M. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Website, Kemudahan Penggunaan Website, Keamanan Website, dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 23(02), 2022, p.1-17, 23(02), 1–17.

Setianingsih. (2022). Pengaruh kualitas produk, harga, dan citra merek. Prosiding Ekonoi Kreatif Diera Digital, 1(Citra Merek), 1. https://doi.org/10.32877/eb.v7i2.1600

Setyaagustina, K., Rahmania, Joni, M., Abdul Kholik, W. D., & Suhitasari. (2022). Pengaruh Potongan Harga (Diskon), Gratis Ongkir Dan Sistem Cod Terhadap Minat Berbelanja Online Di Aplikasi Shopee Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Economina, 1(3), 596–607. https://doi.org/10.55681/economina.v1i3.149

Sidauruk, I. Y., Aqmala, E. D., Haziroh, A. L., & Ulfa, A. K. (2024). Peran Kualitas Produk, Harga, Influencer Marketing Dan Online Consumer Review Terhadapkeputusanpembelian Skincare Skintific. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 10523–10534.

Sukmawati, B. S. N., & Cut Irna Setiawati. (2021). Analisis Persepsi Harga, Promosi, Kualitas Layanan, Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Marketplace Shopee. EProceedings of Management, 8(4), 3354–3363.

Sundari, W. S., & Wahyuningtyas, Y. F. (2023). The Effect Of Price Discounts, Free Shipping And Ease Of Payment On Consumer Satisfaction Of Shopefood Users In Yogyakarta. Jurnal Tambora, 7(3), 1–9.

Susilawati, E., Prastiwi, E. H., & Kartika, Y. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Diskon, dan Customer Experience terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Fashion Shopee. JAMIN : Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 5(1), 1. https://doi.org/10.47201/jamin.v5i1.131

Syarifuddin, & Ibnu, A. S. (2022). Page 1 of 129. http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/4022/1/BUKU METODE RISET PRAKTIS.pdf

Tambunan, T. U. (2023). Pengaruh Fasilitas, Pelayanan, Harga Dan Pembelian Diskon Terhadap Kepuasan Pelangan (Studi Kasus Pada Warnet @N-Kom Net). Jurnal Ekonomi Mnajemen Dan Akutansi, 9.

Usmadi. (2021). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji HomogenitasDan Uji Hipotesis). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62.

Warningrum, S. L. (2023). Pengaruh Promosi Produk Dan Harga Terhadap KeputusanPembelian Skincare Skintific Pada Mahasiswa Universitas 17 Agustus1945 Surabaya. 2023, 1.

Wibowo, G. R., & Devilia, S. (2021). Pengaruh Diskon Harga Terhadap Pembelian Impulsif Secara Online Pada Pengguna Aplikasi Shopee. Journal Angewandte Chemie International Edition, 8(2), 1252–1271.

Winurma, G., & Hapsari, W. D. (2024). Pengaruh Minat Konsumen dan Harga Produk terhadap Pengambilan Keputusan Konsumen dalam Pembelian Produk. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 6, 438–442. https://doi.org/10.37034/infeb.v6i2.895

Yenni Arfah, SE., M. A. (2022). Keputusan Pembelian Produk. PT. Inovasi Pratama Internasional.

Yohana Walangitan, B., Dotulong, L. O., & Poluan, J. G. (2022). Pengaruh Diskon Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Konsumen Untuk Menggunakan Transportasi Online (Studi Pada Konsumen Maxim Di Kota Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(4), 511–521.

Yosef Tonce, SE., MM Yoseph Darius Purnama Rangga, SE., M. (2022). Minat dan keputusan pembelian : Tinjauan melalui persepsi harga & kualitas Produk (konsep dan studi kasus) (M. Kodri (ed.)). https://www.google.co.id/books/edition/MINAT_DAN_KEPUTUSAN_PEMBELIAN_TINJAUAN_M/96NxEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Keputusan Pembelian&pg=PR2&printsec=frontcover

Yudha, E. P., Zahira, G., & Gabero, D. S. (2024). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Di Shopee Analysis of Factors That Influence Purchasing Decisions At Shopee. Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH, 11(1), 240–250. https://jurnal.unigal.ac.id/agroinfogaluh/article/view/11893