Tugas Akhir Periode I 2025

research
  • 22 Oct
  • 2025

Tugas Akhir Periode I 2025

Risda Novita Sari (24210049), Pengaruh Harga, Kepercayaan, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Kantor Notaris/PPAT Yayan Supiani, SH., M.Kn.

 

 

Permasalahan pertanahan di Indonesia masih menjadi isu serius, terutama akibat maraknya praktik mafia tanah yang merugikan masyarakat ekonomi lemah. Meskipun satgas anti mafia tanah telah menunjukkan kinerja positif, keterlibatan Notaris/PPAT sangat krusial dalam memastikan legalitas transaksi dan mencegah penyalahgunaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga, kepercayaan, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Kantor Notaris/PPAT Yayan Supiani, SH., M.Kn. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan pengolahan data menggunakan SPSS 26 dengan teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan simple random sampling dengan jumlah sampel 71 responden dengan tahap uji yang dilakukan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, uji linear berganda, uji t, uji f, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa secara parsial harga dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan kepercayaan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Secara simultan harga, kepercayaan, dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan.

 

Kata kunci: Harga, Kepercayaan, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

Risda Novita Sari (24210049), The Influence of Price, Trust, and Service Quality on Customer Satisfaction at the Notary/PPAT Office of Yayan Supiani, SH., M.Kn.

 

 

Land issues in Indonesia remain a serious problem, particularly due to the prevalence of land mafia practices that harm economically disadvantaged communities. Although the anti-land mafia task force has demonstrated positive performance, the involvement of notaries/PPATs is crucial in ensuring the legality of transactions and preventing abuse. The objective of this study is to determine the influence of price, trust, and service quality on customer satisfaction at Yayan Notary/PPAT Office Supiani, SH., M.Kn. This study employs a quantitative method and data analysis using SPSS 26 with a simple random sampling technique, involving 71 respondents. The testing stages conducted include validity testing, reliability testing, normality testing, multicollinearity testing, heteroskedasticity testing, normality, multicollinearity, heteroskedasticity, autocorrelation, multiple linear regression, t-test, F-test, and coefficient of determination. The results of this study reveal that, partially, price and service quality significantly influence customer satisfaction, while trust does not significantly influence customer satisfaction. Simultaneously, price, trust, and service quality affect customer satisfaction.

 

Keywords: Price, Trust, Service Quality, Customer Satisfaction

Unduhan

  • File_2.pdf

    File_2 : Bab 1

    •   diunduh 7x | Ukuran 133 KB
  • File_1.pdf

    File_1 : Cover

    •   diunduh 8x | Ukuran 665 KB
  • File_7.pdf

    File_7 : File artikel ilmiah dan link jurnalnya

    •   diunduh 9x | Ukuran 453 KB
  • File_4.pdf

    File_4 : Bab 3

    •   diunduh 6x | Ukuran 635 KB

 

  • File_6.pdf

    File_6 : Lampiran-Lampiran

    •   diunduh 8x | Ukuran 885,819
  • Full Laporan Tugas Akhir.pdf

    Full Tugas Akhir

    •   diunduh 1x | Ukuran 1,979,520
  • File_3.pdf

    File_3 : Bab 2

    •   diunduh 7x | Ukuran 269,265
  • File_5.pdf

    File_5 : Bab 4

    •   diunduh 6x | Ukuran 60,016

REFERENSI

Ariyanto, A., Ghozali, Z., Munyati, Ambarwati, R., Nelly, Revita, N., Firdaus, Sudirman, A., & Pratisila, M. (2024). Manajemen Layanan Pelanggan. In Widina Media Utama.

Budiyono, R., Sarbullah, S., & Kuswiyono, A. N. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Cherry Pet Shop Purwokerto. Jurnal Ilmiah Infokam, 18(1), 9–17. https://doi.org/10.53845/infokam.v18i1.313

Chandra, T., Chandra, S., & Hafni, L. (2020). Service Quality, Consumer Satisfaction, Dan Consumer Loyality : Tinjauan Teoritis. In CV IRDH.

Darno, & Yosepha, S. Y. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Tokopedia Di Jakarta Timur. Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen, 3(1), 39–50. https://jom.universitassuryadarma.ac.id/index.php/jimen/article/view/108

Darsana, I. M., Rahmadani, S., Salijah, E., Akbar, A. Y., Bahri, K. N., Amir, N. H., Jamil, S. H., Naingggolan, H. L., Anantadjaya, S. P., & Nugrogo, A. (2023). Strategi Pemasaran. In M. A. Wardana (Ed.), Infes Media. Intelektual Manifes Media.

Fawzi, M. G. H., Iskandar,  ahmad syarief, Erlangga, H., Nurjaya, & Sunarsi, D. (2022). Strategi Pemasaran Konsep, Teori dan Implementasi. In Pascal Books. http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/4973

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25.

Hasan, S. (2020). Kunci Sukses Kepuasan Pelanggan (Upaya Membangun BUMD). 202.

Hasbi, H. S., & Apriliani, R. A. E. P. (2021). Pengaruh Promosi, Harga, Kulitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen. Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE), 2(2), 365–371. https://doi.org/10.32500/jebe.v2i2.1753

Hermanto. (2019). Faktor Pelayanan, Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. cv. Jakad Publishing.

Hidayat, R., Piliang, A., Safrizal, & Sugianto. (2022). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Cititel Sisingamangaraja Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(05), 131–136. https://doi.org/10.56127/jukim.v1i05.523

Hukmana, S. Y. (2025). Kapolri: 935 Tersangka Mafiia Tanah Ditangkap Sepanjang 2024. MetroTvNews. https://www.metrotvnews.com/read/KZmCdEpo-kapolri-935-tersangka-mafia-tanah-ditangkap-sepanjang-2024#:~:text=Tercatat ada 1.547 perkara ditangani,tahun 2023 yaitu 4.203 laporan.&text=tersebut menurun 1.654 perkara atau,tahun 2023 sebanyak 2.445 perkara.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. In Unitomo Press. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Kasinem. (2020). Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Bukit Serelo Lahat. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 17(4), 329. https://doi.org/10.31851/jmwe.v17i4.5096

Kasmir. (2017). Customer Services Excellent (1st ed.).

Muhti, V. V. (2025). Mafia Tanah Jadi Isu Sistematik, Bamsoet: Perli Upaya Komprehensif. DetikNews. https://news.detik.com/berita/d-7801620/mafia-tanah-jadi-isu-sistemik-bamsoet-perlu-upaya-komprehensif

Ovidani, Z., & Hidayat, W. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Hotel Dafam Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(2), 167–174. https://doi.org/10.14710/jiab.2020.27277

Pahmi. (2024). Kualitas Produk Dan Harga Mempengaruhi Minat Beli Masyarakat. https://www.google.co.id/books/edition/KUALITAS_PRODUK_DAN_HARGA_MEMPENGARUHI_M/H9T9EAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Purnomo, E. C. (2024). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada produk LPG 3KG di Toko Putri Sampit. Jurnal Penerapan Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 9(1), 78–88.

Rembet, V. N., Mananeke, L., & Loindong, S. S. (2020). Pengaruh Service Performance, Kepercayaan, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Sulutgo Cabang Beo Effect of Service Influence, Trust, and Location of Customer Satisfaction of Bank Sulutgo Branch of Beo. Jurnal EMBA, 8(3), 332–343.

Rifa’i, K. (2023a). Kepuasan Konsumen. In UIN KHAS PRESS.

Rifa’i, K. (2023b). Kepuasan Konsumen. In UIN KHAS PRESS. http://repo.darmajaya.ac.id/2870/5/BAB II.pdf

Safitri, N. A. (2023). Manajemen Pemasaran.

Solikha, S., & Suprapta, I. (2020). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus pada PT. GO-JEK). Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen, 10(1), 67–81. https://doi.org/10.37932/j.e.v10i1.91

Sudaryana, Y. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Kantor Pos Indonesia (Persero) Kota Tangerang. Journal of Management Review, 4(1), 447–455.

Sudirman, A., Halim, F., & Pinem, R. J. (2020). Kepercayaan Sebagai Pemediasi Dampak Citra Merek dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Gojek. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(3), 66. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i3.4822

Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Suryani, D., Ermansyah, & Al Sukri, S. (2020). Pengaruh Perceived Ease Of Use, Perceived Usefulness Dan Trust Terhadap Kepuasan Pelanggan Gojek. Indonesian Journal of Business Economics and Management, 1(2021), 11–19.

Taufik, E. . (2023). Konsep Inti Manajemen Pemasaran (D. Tesniyadi (ed.); Pertama). Media Edukasi Indonesia.

Vikaliana, R., Pujianto, A., Mulyati, A., Fika, R., Ronaldo, R., Reza, H. K., Ngii, E., Dwikotjo, F., Suharni, & Ulfa, L. (2022). Ragam Penelitian dengan SPSS. In Tahta Media Group.

Wardhana, A. (2024). Consumer Behavior In The Digital Era 4.0 Edisi Indonesia. In Kepercayaan Pelanggan.

Widjaja, Y. R., & Araufi, A. (2020). Persepsi Nilai dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan CV Putra Wangi Sumedang Tour and Travel. Jurnal Sain Manajemen, 2(1), 65–71. dajkhdfakjdfaskjdf

Zahriyah, A., Suprianik, Parmono, A., & Mustofa. (2021). Ekonometrika Tekhnik dan Aplikasi dengan SPPS. In Ekonomisk Tidskrift (Vol. 50, Issue 2). https://doi.org/10.2307/343848