Skripsi Myra Rahmadian

research
  • 22 Oct
  • 2025

Skripsi Myra Rahmadian

Bisnis kopi terus berkembang dan semakin banyak diminati oleh masyarakat, termasuk Tomoro Coffee Pondok Cabe. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah harga, promosi, dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 96 responden yang pernah membeli produk di gerai tersebut. Jumlah sampel dihitung menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10%. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling, yaitu konsumen yang kebetulan datang dan bersedia mengisi kuesioner. Data dianalisis menggunakan metode Partial Least Squares - Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan bantuan software SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel, harga, promosi, dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama. Nilai R-square sebesar 0,625 menunjukkan bahwa model ini mampu menjelaskan 62,5% variasi dalam keputusan pembelian konsumen. Dari ketiga faktor tersebut, promosi menjadi yang paling berpengaruh. Hasil ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran Tomoro Coffee perlu lebih fokus pada harga yang sesuai, promosi yang menarik, dan pelayanan yang baik agar konsumen tetap tertarik untuk membeli. Penelitian ini juga bisa menjadi bahan pertimbangan bagi pengusaha lain yang ingin memahami perilaku konsumen di bisnis kopi.

Unduhan

  • File_1 Cover.pdf

    File_1 Cover

    •   diunduh 46x | Ukuran 932 KB
  • File_5 Bab 4.pdf

    File_5 Bab 4

    •   diunduh 0x | Ukuran 235 KB
  • File_3 Bab 2.pdf

    File_3 Bab 2

    •   diunduh 0x | Ukuran 484 KB
  • File_7 Jurnal.pdf

    File_7 Jurnal

    •   diunduh 167x | Ukuran 449 KB

 

  • File_2 Bab 1.pdf

    File_2 Bab 1

    •   diunduh 0x | Ukuran 323,591
  • File_6 Lampiran.pdf

    File_6 Lampiran

    •   diunduh 24x | Ukuran 1,571,035
  • File_4 Bab 3.pdf

    File_4 Bab 3

    •   diunduh 0x | Ukuran 776,702
  • Full Tugas Akhir.pdf

    Full Tugas Akhir

    •   diunduh 1x | Ukuran 3,249,281

REFERENSI

Alfarizi, D. C. (2021). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Aplikasi KAI Acces (Akses Kereta Api Indonesia). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 10(2), 1–13.

Apriliansyah, R., & Putriwarganegara, T. L. (2024). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Donat Jeko di Kotabumi. Jurnal EMT KITA, 8(3), 1215–1229. https://doi.org/10.35870/emt.v8i3.2951

Arafah, Y. (2022). Keputusan Pembelian Produk. Penerbit PT Inovasi Pratama Internasional.

Arisandra, M. L., Kisno Saputra, R. A., & Khoiriyah, M. (2021). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Batik Tenun Ikat Di Cv. Silvi Mn Paradila Parengan Maduran Lamongan. Competence : Journal of Management Studies, 15(2), 124–133. https://doi.org/10.21107/kompetensi.v15i2.12511

Balhmar, M. A., & Khuzaini. (2022). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Di E-Commerce Shopee. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 1–19. https://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/4344

Brigham, E. F., & Ehrhardt, M. C. (2020). Financial Management: Theory & Practice (16th ed.). Cengage Learning.

Chandra, T., Chandra, S., & Hafni, L. (2020). Service Quality, Consumer Satisfaction, Dan Consumer Loyality : Tinjauan Teoritis. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Coffee, T. (n.d.). About Us. Tomoro Coffee Indonesia.

Dailami, Thandzir, M., Mikasari, D. A., & Rezeki, S. R. I. (2024). ANALISIS PENERAPAN SOP OLEH WAITER/WAITERSS DI RESTORAN ANAMBAS BEVERLY HOTEL BATAM. JURNAL MENATA, 3(1), 9–18.

Fahrurrozi, M. (2023). Entrepreneurship & Digitalisasi: Membangun Bisnis di Era 5.0. Universitas Hamzanwadi Press.

Febriyanti, A., & Sungkono. (2024). Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Barista Pada Kopi Dari Hati. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 1(2), 175–184.

Ghozali, I., & Kusumadewi, K. A. (2023). Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 4.0 Untuk Penelitian Empiris Edisi 1. In Badan Penerbit Universitas Diponegoro. (1st ed.). Yoga Pratama.

Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., Sarstedt, M., Danks, N. P., & Ray, S. (2021). Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Using R. Springer. https://doi.org/10.1007/978-3-030-80519-7_5

Hidayat, M. S. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi, Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Coffee Shop Di Kota Gresik. Performa, 6(4), 360–369. https://doi.org/10.37715/jp.v6i4.2558

Jandrianto Patandianan. (2024). Strategi Manajemen Pengelolaan Peluang Bisnis F&B Sebagai Upaya Mengatasi Permasalahan Ekonomi Keluarga dengan Pemanfaatan Teknologi Digital. Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa, 2(2), 199–216. https://doi.org/10.54066/jikma.v2i2.1710

Kotler, P., & Armstrong, G. (2021). Principles of Marketing (18th ed.). Pearson Education.

Kurniawan, A. R. (2021). Marketing 101 Segala Hal Tentang Marketing dan Sales. Penerbit Quadrant.

Lestari, A. F., Rohmah, N. S., Rambe, F., & Hudson, B. (2024). Literatur Review : Perspektif Konsumen Terhadap Harga Dalam Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Emina. SENMABIS – Seminar Nasional Manajemen Dan Bisnis, 1–12. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab

Lubis, B. F., Karenina, R., & Barus, I. (2025). Strategi Komunikasi Pemasaran Sasada Kopi dalam Membangun Daya Saing di Industri Coffeeshop. Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi Publik, Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 7(1), 89–97. https://doi.org/10.31289/jipikom.v7i1.5929

Mahmudan, A. (2022). Berapa Konsumsi Kopi Indonesia pada 2020/2021? DataIndonesia.Id. https://dataindonesia.id/agribisnis-kehutanan/detail/berapa-konsumsi-kopi-indonesia-pada-20202021

Nadja, R. A., Halimah, A. S., & Hikmawaty. (2023). PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PANGAN. Penerbit NEM.

Nareswari, A. N., & Suryaningsih, A. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kecepatan Respons Terhadap Kepuasan Pelanggan di Restoran Marugame Udon.

Nur, V. P. (2025). Geber Ekspansi 1.000 Gerai Hingga Akhir 2025, Tomoro Coffee Fokus ke Kota Tier 2 & 3. Kontan.Co.Id.

Philip Kotler, Keller, K. L., & Chernev, A. (2021). Marketing Management (16th ed.). Pearson Education.

Piay, R. N., Tamengkel, L. F., & Manoppo, W. S. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Manado Icon Convention Center. Productivity, 2(3), 38–43.

Pujiwati, M., Dewi, R. S., & Hadi, S. P. (2023). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Konsumen Oasis Bubble Milktea and Dessert Di Kota Magelang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 12(3), 729–737. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab

Putri, F. N. R., Zed, E. Z., Sagita, M., & Nayla, U. N. (2024). Pemanfaatan Market Place GrabFood dan GoFood dalam Peningkatan Penjualan UMKM di Kecamatan Cikarang Barat. 2.

Rachmat, I., Ardiyanti, H., & Silitonga, K. M. (2024). Strategi Meningkatkan Minat Beli melalui Budaya Ngopi Sebagai Gaya Hidup: Studi Fenomenologi Pada Kopi Kenangan Signature Mal Senayan City – Jakarta. Jurnal Ekonomi : Journal of Economic, 15(01), 39–44. https://doi.org/10.47007/jeko.v15i01.7637

Ringle, C. M., Wende, S., & Becker, J.-M. (2024). SmartPLS 4. SmartPLS. https://www.smartpls.com/

Rostiana, K., Bawono, G. T., & Vieri, D. (2024). Peran Kualitas Pelayanan dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen : Studi Kasus pada McDonald’s. Ebisnis Manajemen, 2(4), 60–67.

santinocoffee.co.id. (2024). Data Konsumsi Kopi di Indonesia Terbaru. Santinocoffee.Co.Id. https://santinocoffee.co.id/data-konsumsi-kopi-di-indonesia-terbaru/

Setiawan, R., Wibisono, D., & Purwanegara, M. S. (2022). Defining Event Marketing as Engagement-Driven Marketing Communication. Gadjah Mada International Journal of Business, 24(2), 151–177. https://doi.org/10.22146/gamaijb.63788

Sugiyono, P. D. (2023). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D (5th ed.). Penerbit Alfabeta Bandung.

Sulistiyo, T. D., Nurbaeti, N., Mariati, S., Mumin, A. T., & Muhardiansyah, D. (2024). Pengaruh Lokasi Strategis dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pada RedDoorz near CBD Ciledug, Kota Tangerang, Provinsi Banten. Jurnal Bisnis Hospitaliti, 13(1), 1–11. https://doi.org/10.52352/jbh.v13i1.1420

Susanti, A., Triana Dewi, P. S., & Adnyana Putra, I. W. Y. (2021). Desain Interior Coffee Shop di Denpasar dan Loyalitas Konsumennya : Generasi Y dan Z. Waca Cipta Ruang, 7(1), 1–17. https://doi.org/10.34010/wcr.v7i1.4383

Syahputra, M. I., & Lilis Sugi Rahayu Ningsih. (2023). Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada CV.Satria Mobil Mojokerto. Jurnal Ilmiah Research and Development Student (JIS), 1(2), 104–119. https://doi.org/10.59024/jis.v1i2.332

Syarif, M. I., Suhairi, & Aisyah, S. (2025). Pengaruh Social Media Marketing , Event Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Customer Engagement. 30(01), 48–70.

Taqdirul Alim, Zufriah, D., & Muhammad Isnaini Fathoni. (2025). Pengaruh Kepuasan Pelanggan dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada E-Commerce Shopee. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Akuntansi, 12(1), 66–74. https://doi.org/10.54131/jbma.v12i1.215

Tijjang, B. (2023). Manajemen Pemasaran (M. Suardi (ed.); 1st ed.). Penerbit Azka Pustaka.

Tjiptono, F., & Diana, A. (2020). Pemasaran (F. Tjiptono (ed.)). Penerbit Andi.

Tolan, M. S., Pelleng, F., & Punuindoong, A. Y. (2021). Pengaruh Promosi terhadap Keputusan Pembelian di Online Shop Mita (Studi pada Masyarakat Kecamatan Wanea Kelurahan Karombasan Selatan Lingkungan IV Kota Manado). Productivity, 2(5), 360–364.

Trihastuti, A. E. (2020). Manajemen Pemasaran Plus++ (1st ed.). Penerbit Deepublish.

Uluwiyah, A. N. (2022). STRATEGI BAURAN PROMOSI (PROMOTIONAL MIX) dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat. In B. Kurniawan & S. Fatimah (Eds.), Multi Pustaka Utama. CV Multi Pustaka Utama.

Utama, A. P. (2023). Manajemen Pemasaran Konsep Dasar dan Ruang Lingkup (Nia Duniawati (ed.)). Penerbit Adab.

Wirtz, J., & Lovelock, C. (2021). Services Marketing People, Technology, Strategy, Ninth Edition. In Services Marketing: People, Technology, Strategy, Ninth Edition (Issue January). https://doi.org/10.1142/y0024