Website PT Gasindo Andalan Sukses berfungsi sebagai media komunikasi dan layanan digital, namun masih ditemukan kendala pada aspek navigasi dan keterbatasan elemen visual yang membuat pengguna harus mengingat fungsi tertentu. Kondisi ini berpotensi menurunkan kenyamanan serta efektivitas pengalaman pengguna. Penelitian ini bertujuan menganalisis kualitas antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) website menggunakan metode Heuristic Evaluation dengan sepuluh prinsip usability Jakob Nielsen. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 41 responden dari kalangan internal dan eksternal perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek User Control and Freedom memperoleh skor tertinggi (81,40) yang mencerminkan kemudahan kontrol navigasi, sedangkan aspek Recognition Rather Than Recall memperoleh skor terendah (58,23) yang menandakan kurangnya elemen bantu pengenalan fungsi. Secara keseluruhan, kualitas UI/UX website tergolong baik, namun diperlukan perbaikan pada fitur navigasi dan informasi visual untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih optimal.
File_7 Lampiran
[1] Normah and F. Sihaloho, “Perancangan User Interface (UI) dan User Experince (UX) Aplikasi Pendistribution Alat-alat Kesehatan pada PT. Rekamileniumindo Selaras Jakarta Barat,” Indones. J. Softw. Eng., vol. 9, no. 1, pp. 33–38, 2023.
[2] Y. Firmansyah, R. Maulana, and N. Fatin, “SISTEM INFORMASI PENGADUAN WARGA BERBASIS WEBSITE ( STUDI KASUS : KELURAHAN SIANTAN TENGAH , PONTIANAK UTARA ),” vol. XIX, no. April, pp. 397–404, 2020.
[3] A. I. N. Yahya and D. R. Prehanto, “Analisis User Interface dan User Experience Menggunakan Metode Heuristic Evaluation pada Aplikasi My FirstMedia,” JEISBI (Journal Emerg. Inf. Syst. Bus. Intell., vol. 03, no. 03, pp. 61–70, 2022.
[4] Y. Septiani, E. Aribbe, and R. Diansyah, “ANALISIS KUALITAS LAYANAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS ABDURRAB TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA MENGGUNAKAN METODE SEVQUAL (Studi Kasus : Mahasiswa Universitas Abdurrab Pekanbaru),” J. Teknol. Dan Open Source, vol. 3, no. 1, pp. 131–143, 2020, doi: 10.36378/jtos.v3i1.560.
[5] S. J. Tjandra and E. C. Yuwono, “Perbandingan teori dan praktik perancangan desain grafis pada proyek internship di studio grafis,” J. DKV Adiwarna, vol. 1, no. 0, p. 11, 2022, [Online]. Available: https://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/12276
[6] R. I. Rosita and J. Fahana, “Analisis dan Desain User Interface (UI) dan User Experience (UX) Aplikasi Borneojek Menggunakan Metode Evaluasi Heuristik,” JSTIE (Jurnal Sarj. Tek. Inform., vol. 10, no. 2, p. 88, 2022, doi: 10.12928/jstie.v10i2.23545.
[7] S. Widuri, “Analisis Interaksi Pengguna dalam Desain User Interface dan User Experience yang Lebih Baik Menggunakan Metode Heuristik,” vol. 3, no. 4, 2024.
[8] N. D. Pradana, S. H. Wijoyo, and A. R. Perdanakusuma, “Evaluasi Usability dan Rekomendasi Perbaikan pada Aplikasi E-Kinerja Kabupaten Kediri menggunakan Metode Heuristic Evaluation,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 4, no. 4, pp. 1265–1272, 2020, [Online]. Available: https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/7219
[9] S. T. Agustini, A. Yuliyanto, U. N. Mandiri, and P. Korespondensi, “Analisa Usability pada Aplikasi Tiket . com Menggunakan Heuristic Evalution Method,” vol. 7, no. 4, pp. 1928–1941, 2023.
[10] M. Syarqim Mahfudz, F. Agusti, S. Az Zahra, and B. Rahma Dhini, “Heuristic Evaluation Analysis Using the 10 Nielsen Rule Usability Method on the Kai Access Application,” Proceeding Int. Conf. Sci. Heal. Technol., pp. 325–337, 2022, doi: 10.47701/icohetech.v3i1.2154.
[11] Suciati Rahayu Widyastuti, “Pengembangan Skala Likert Untuk Mengukur Sikap Terhadap Penerapan Penilaian Autentik Siswa Sekolah Menengah Pertama,” Jendela ASWAJA, vol. 3, no. 02, pp. 57–75, 2022, doi: 10.52188/ja.v3i02.393.
[12] M. Triani, “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMSI GAS DI INDONESIA,” 2021.
[13] S. A. Nugroho, Y. Siyamto, F. Anindyahadi, and M. Dewantara, “Rancang Bangun Thermohygrometer dengan Sensor Pemantauan Gas Medik Berbasis Internet Of Things ( IoT ),” vol. 3, 2025.
[14] A. R. A. S. Ramadhani, “Rancang Bangun Sistem Informasi Surat Menyurat Di Kementerian Agama Kabupaten Kampar,” J. Intra Tech, vol. 4, no. 1, pp. 27–38, 2020, doi: 10.37030/jit.v4i1.59.
[15] V. No, A. O. Sari, and I. Kholil, “Prototype Aplikasi SI-Warga Sebagai Penunjang Administrasi Surat Pengantar dan Iuran Warga pada Rukun Tetangga Penggunaan teknologi berbasis website kini makin banyak dimanfaatkan dan bisa dikatakan telah menjadi suatu kebutuhan penting dalam mempermudah ,” vol. 5, no. 2, pp. 307–315, 2022.
[16] S. Putri, “PEMANFAATNAN INTERNET UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA MAHASISWA PLS di IKIP SILIWANGI,” vol. 5492, no. 2009, pp. 91–97, 2020.
[17] S. Rabila, S. Munir, T. Nabarian, and D. Wismanindra, “Analisis dan Evaluasi User Interface Design untuk Usability menggunakan Metode Heuristic Evaluation pada Web Perusahaan Bioteknologi,” J. Inform. Terpadu, vol. 8, no. 2, pp. 68–77, 2022, doi: 10.54914/jit.v8i2.420.
[18] A. H. Manullang, M. Aritonang, and M. J. Purba, “Sistem Informasi Bimbingan Belajar Number One Medan Berbasis Web,” TAMIKA J. Tugas Akhir Manaj. Inform. Komputerisasi Akunt., vol. 1, no. 1, pp. 44–49, 2021, doi: 10.46880/tamika.vol1no1.pp44-49.
[19] Setiyadi and A. Yulianto, “Analisa Usability Test pada Website Siori Menggunakan Metode Heuristic Evaluation,” REMIK Ris. dan E-Jurnal Manaj. Inform. Komput., vol. 7, no. 4, pp. 1832–1844, 2023, [Online]. Available: https://www.polgan.ac.id/jurnal/index.php/remik/article/view/12916
[20] C. C. Hutasoit, N. Heryana, and A. Rizal, “Analisis User Experience pada Website Universitas Singaperbangsa Karawang Menggunakan Metode Heuristic Evaluation Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai,” Pendidik. dan Konseling, vol. 4, no. 4, pp. 5001–5008, 2022.
[21] P. Ui, U. X. Website, and U. P. T. Bahasa, “Heuristic Evaluation and User-Centered Design,” vol. 19, no. 2, pp. 161–172, 2024.