Kemajuan dalam bidang teknologi informasi berpengaruh terhadap segala aspek kehidupan kita, termasuk dalam pendidikan. Hal ini mendorong para pemangku kepentingan yang ada di pemerintahan dan juga universitas untuk dapat beradaptasi dan mengikuti perkembangan ini untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi para pelajar. Website Kampus Berdampak Universitas Nusa Mandiri diciptakan agar dapat memudahkan dan mempercepat segala kebutuhan administrasi program Kampus Berdampak. Akan tetapi website ini belum memiliki indikator atau data terhadap kepuasan penggunanya, yang dimana hal ini dapat menjadi salah satu hambatan dalam memberikan pelayanan terhadap mahasiswa. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis seberapa puas pengguna website ini dengan menggunakan metode EUCS dan juga Webqual 4.0. Penelitian ini melibatkan sebanyak 100 responden yang merupakan mahasiswa semester 6 & 8. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa rata – rata kepuasan pengguna terhadap website dengan menggunakan metode Kaplan dan Norton adalah sebesar 3,73 yang masuk kedalam kategori puas dan untuk hasil analisis dengan menggunakan pendekatan PLS-SEM, terdapat 3 variabel dari EUCS dan Webqual 4.0 yang berpengaruh terhadap kepuasan pengguna yaitu variabel Usability, Information Quality dan Service Interaction dengan masing – masing nilai T-test pada Usability -> 2,504, Information Quality -> 2,188, Service Interaction -> 2,341 yang memiliki nilai diatas 1,96 dan nilai Path Coefficient pada masing – masing variabel Usability -> 0,280, Information Quality -> 0,228 dan Service Interaction -> 0,249 yang memiliki nilai diatas 0,1 dengan kesimpulan bahwa aspek – aspek tersebut memiliki dampak yang signifikan.
File_8
Full Tugas Akhir
[1] I. A. Febriyanti, L. F. Marini, dan L. Y. Baisa, “Analisis Pengaruh Hubungan antara Kualitas Layanan Aplikasi BlueBox dengan Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan End User Computing Satisfaction,” G-Tech: Jurnal Teknologi Terapan, vol. 8, no. 3, hlm. 1969–1982, Jul 2024, doi: 10.33379/gtech.v8i3.4729.
[2] Z. R. Paguini dan B. Sisephaputra, “Pengukuran Kepuasan Pengguna Terhadap Platform Stechoq Academy Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) dan Webqual 4.0 (Studi Kasus: PT. Stechoq Robotika Indonesia),” JEISBI, vol. 05, hlm. 2024, doi: 10.26740/jeisbi.v5i2.59572.
[3] N. A. J. Putri dan R. Setyadi, “Analisis Kepuasan Pengguna Website TVCCTube Menggunakan Metode Webqual 4.0,” Journal of Information System Research (JOSH), vol. 4, no. 2, hlm. 714–722, Jan 2023, doi: 10.47065/josh.v4i2.2951.
[4] A. N. Sinurat dan A. T. Putra, “Usability Analysis of Educational Assistance Information Systems Using the Heuristic Evaluation and End User Computing Satisfaction (EUCS) Methods,” Journal of Advances in Information Systems and Technology, vol. 6, no. 2, 2024, doi: 10.15294/jaist.v6i2.8506.
[5] Ridwan, A. Fatkhur Rohman, A. Fitriana, R. Maulana, P. Nur Alifah, dan A. Tri Hidayat, “EVALUASI WEB KEGIATAN ORGANISASI MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PENGUJIAN END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS),” Jurnal Komputer dan Teknologi, vol. 2, no. 2, hlm. 27–35, Jan 2024, doi: 10.58290/jukomtek.v2i2.189.
[6] H. Trinita dan D. M. Simanjuntak, “UJI VALIDITAS DAN UJI RELIABILITAS DALAM ANALISIS KUALITAS WEBSITE LEARNING MANAGEMENT SYSTEM STUDI INDEPENDENT STECHOQ DENGAN METODE WEBQUAL 4.0.”
[7] N. Adha Oktarini Saputri, “Measurement of User Satisfaction Level in the Bina Darma Information Systems Study Program Portal Using End User Computing Satisfaction Method Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengguna pada Portal Program Studi Sistem Informasi Bina Darma Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction,” Journal of Information Systems and Informatics, vol. 2, no. 1, 2020, [Daring]. Tersedia pada: http://journal-isi.org/index.php/isi
[8] D. Navia, A. 1✉, Z. Wulansari, dan R. D. Romadhona, “Analisis Kualitas Layanan Website Ppdb Kota Blitar Terhadap Kepuasan Pengguna Dengan Metode Webqual 4.0,” INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, vol. 4, hlm. 13705–13714, doi: 10.31004/innovative.v4i4.14694.
[9] G. Ayu dan D. Saryanti, “Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Pengguna E-learning Berbasis Moodle Pada ITB STIKOM Bali”.
[10] Gede Pujana, I Made Ardwi Pradnyana, dan I Ketut Resika Artha, “ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA E-RAPOR MENGGUNAKAN METODE END-USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) DI SMP NEGERI 1 SUKASADA,” Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), vol. 12, no. 1, hlm. 57–66, Apr 2023, doi: 10.23887/karmapati.v12i1.58994.
[11] E. Marwati dan D. Krisbiantoro, “ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA WEB STUDENTS UNIVERSITAS AMIKOM PURWOKERTO MENGGUNAKAN METODE EUCS,” Journal of Information System Management (JOISM), vol. 4, no. 2, hlm. 67–72, Jan 2023, doi: 10.24076/joism.2023v4i2.902.
[12] F. Adi Artanto, H. Handayani Kusumawardhani, A. Khoirruchim, dan G. Himawan, “End User Computing Satisfaction (EUCS) Pada Analisis Kepuasan Penggunaan Website Openlearning END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) ON SATISFACTION ANALYSIS OF USING THE OPENLEARNING WEBSITE,” TEKNOMATIKA, vol. 13, no. 01, 2023, doi: 10.61423/teknomatika.v13i01.
[13] M. R. A. Adieb, A. Sugiharto, dan S. Adhy, “Analisis Pengaruh Kualitas Website Shopee Terhadap Kepuasan Pengguna Berdasarkan Metode WebQual 4.0 (Studi Kasus : Mahasiswa Pengguna Shopee di Universitas Diponegoro),” Jurnal Masyarakat Informatika, vol. 15, no. 1, hlm. 39–55, Mei 2024, doi: 10.14710/jmasif.15.1.59737.
[14] D. Ramadhani, A. Sadikin, dan L. Y. Astri, “Analisis Kepuasan Pengguna Website Sintap Unama Dengan Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (Eucs),” Jurnal Manajemen Teknologi dan Sistem Informasi (JMS), vol. 3, no. 2, 2023, doi: 10.33998/jms.v3i1.
[15] D. Pibriana dan L. Fitriyani, “Penggunaan Model EUCS Untuk Menganalisis Kepuasan Pengguna E-learning Di MTs N 2 Kota Palembang EUCS Model Usage to Analyze E-learning User Satisfaction at MTs N 2 Palembang,” 2022.
[16] Monalisa, “ANALISA KUALITAS SISTEM INFORMASI E-RAPORT PADA SEKOLAH SMPN 5 KOTA TANGERANG TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0,” INFOTECH journal, hlm. 10–21, Mei 2021, doi: 10.31949/infotech.v7i1.908.
[17] A. G. Zakinah, A. E. Prasetiyanto, F. Khairani, A. Mahendra Wijaya, D. Ariatmanto, dan T. Informatika, “Analisis Penerimaan Sistem Informasi Dapodik Menggunakan Metode Webqual dan EUCS.” doi: 10.29407/inotek.v5i1.901.