File Tugas Akhir Periode 1 2025

research
  • 20 Oct
  • 2025

File Tugas Akhir Periode 1 2025

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian tas koper lokal pada PT. Anugrah Berkah Bersama Apan di Cibinong. Latar belakang penelitian ini didasari oleh persaingan yang semakin ketat antara produk lokal dan impor, sehingga perusahaan perlu memahami faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku pembelian konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap harga dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,484 (p-value = 0,000), kualitas produk juga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan koefisien 0,473 (p-value = 0,000), dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan koefisien 0,483 (p-value = 0,000). Selain itu, nilai R-Square sebesar 0,680 menunjukkan bahwa 68% variasi keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel kualitas produk dan harga. Temuan ini memperkuat teori nilai konsumen bahwa keputusan pembelian terjadi ketika konsumen merasa kualitas produk sebanding dengan harga yang dibayarkan. Penelitian ini memberikan kontribusi praktis bagi perusahaan dalam menetapkan strategi kualitas dan penetapan harga yang lebih tepat sasaran guna meningkatkan daya saing produk lokal.

Unduhan

 

REFERENSI

Alamsyah, I., & Budiarti, A. (2022). Pengaruh brand image, kualitas produk, dan harga terhadap keputusan pembelian Sepatu Lokal Compass. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 11(11).

Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 39–50. https://doi.org/10.30596/maneggio.v4i1.6766

Arifin, A., Magito, M., Perkasa, D. H., & Febrian, W. D. (2023). Pengaruh Kompensasi, Kompetensi dan Konflik Kerja terhadap Kinerja Karyawan. GLOBAL: Jurnal Lentera BITEP, 1(01), 24–33. https://doi.org/10.59422/global.v1i01.130

Asti, E., & Ayuningtyas, E. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga terhadap kepuasan konsumen. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 1(01), 1–14

Faisal Akbar, M. (2019). The Influence of Product Quality and Price on Purchasing Decisions at Mitraindo South Tangerang Online Shop. http://ojs.unm.ac.id/index.php/administrare/index

Ghozali, Imam; Kusumadewi, K. A. (2023). Partial Least Squares (PLS) – SmartPLS 4: Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 4 untuk Penelitian Empiris. Penerbit Yoga Pratama.

Gunarsih, C. M., Kalangi, J. A. F., & Tamengkel, L. F. (2021). Pengaruh harga terhadap keputusan pembelian konsumen di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Productivity, 2(1), 69–72.

Hair, J. F., Hult M., G. T., Ringle, C. M., &, & Sarstedt, M. (2017). A primer on partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM). Sage, 390.

 

Haque, M. grace. (2020). Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt . Berlian Multitama Di Jakarta. JURNAL EKONOMI MANAJEMEN DAN BISNIS, 21(1), 31–38.

Harjadi, D. (2021). Experiental Marketing & Kualitas Produk dalam Kepuasan Pelanggan Generasi Milenial.

Irfanudin, A. M., & Wisesa, S. (2023). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Borugoods di Jakarta. Jurnal Ilmiah Swara Manajemen, 3(1), 132–143.

Irwansyah, R., Listya, K., Setiorini, A., Musfirowati Hanika, I., Hasan, M., Prambudi Utomo, K., Bairizki, A., Sri Lestari, A., Wahyudi Setyo Rahayu, D., Butarbutar, M., Nupus, H., Hasbi, I., & Triwardhani, D. (2021). PERILAKU KONSUMEN. www.penerbitwidina.com

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management Global Edition (Vol. 15E). https://doi.org/10.1080/08911760903022556

Kotler Philip, & Amstrong Gary. (2021). Principles of Marketing, Global Edition-Pearson (2020).

Kristin, N. I., & Nugroho, A. P. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Scoopy. Excellent, 8(1), 104–115. https://doi.org/10.36587/exc.v8i1.912

Maulana Irfanudin, A., & Wisesa, S. (n.d.). Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen) Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Borugoods di Jakarta. JISM Jurnal Ilmiah Swara Manajemen Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen, 3(1), 132–143. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JISM

Mawaddaturrohmah, M., Pujiati, H., & Yusnaldi, Y. (2025). PENGARUH BRAND IMAGE, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TAS SOPHIE PARIS (STUDI PADA KONSUMEN TAS SOPHIE PARIS DI BABELAN). KOMPLEKSITAS: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN, ORGANISASI DAN BISNIS, 14(1), 132–143.

Meutia, K. I., Hadita, H., & Widjarnarko, W. (2021). Dampak brand image dan harga terhadap keputusan pembelian produk miniso. Journal of Technopreneurship on Economics and Business Review, 2(2), 75–87.

Prof.Dr.Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (M. Dr.Ir. Sutopo. S.Pd (ed.)).

Rahmad Hidayat, R. (2022). The Influence of Price and Product Quality on The Purchase Decision Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian. 3(2), 105–116. http://jurnal.unda.ac.id/index.php/KEIZAI/index

Rahmola, M., Juanna, A., & Abdussamad, Z. K. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Di Konveksi Aria Kaos Kota Gorontalo. JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5(1), 275–284.

Septiani, S., & Prambudi, B. (2021). Septiani and Prambudi/ JOURNAL OF MANAGEMENT (SME’s), Vol.14, No.2, 2021, p153-168. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo, 14(2), 153–168.

Siboro, R. N. (2024). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Industri Fashion Online pada Merek H&M. Journal of Management and Creative Business, 2(1), 397–416.

Sudaryono, D. (2016). Manajemen Pemasaran: Teori & Implementasi. ANDI Offset (Penerbit Andi), Yogyakarta.

Sugiyono. (2023). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA (CV Alfabeta), Bandung, Indonesia.

Suriani, N., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Konsep Populasi dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 24–36. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.55

Suryanto, D. (2022). The Effect of Leadership And Motivation on Employee Performance at PT. Selago Makmur Plantation Palm Factory Unit Incari Raya Group Pengaruh Kepemimpinan Dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Selago Makmur Plantation Unit Pabrik Sawit Incari Ray. INVEST : Jurnal Inovasi Bisnis Dan Akuntansi, 3(1), 108–118. http://journal.al-matani.com/index.php/invest/index

Tambunan, D., & Mustakim, M. (2024). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOPER BRAND LOJEL PADA DEPARTMENT STORE METRO DI MALL GANDARIA CITY JAKARTA. JORAPI : Journal of Research and Publication Innovation, 2(1).

Wirakanda, G. G., & Pardosi, A. (2020). Pengaruh Sales Promotion terhadap keputusan pembelian (studi kasus di Blibli. com). Pro Mark, 10(1).

Yusuf, R., Hendawati, H., & Wibowo, L. A. (2020). Pengaruh Konten Pemasaran Shoppe Terhadap Pembelian Pelanggan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan IImu Sosial, 1(2), 506–515. https://doi.org/10.38035/JMPIS