Perkembangan teknologi digital telah mendorong hadirnya berbagai aplikasi pemesanan
tiket online, seperti Traveloka, Tiket.com, dan Agoda. Penelitian ini bertujuan untuk
mengevaluasi dan membandingkan tingkat kegunaan (usability) dari ketiga aplikasi
tersebut menggunakan metode System Usability Scale (SUS). Metode yang digunakan
adalah pendekatan kuantitatif dengan penyebaran kuesioner kepada 100 responden pada
masing-masing aplikasi yang telah menggunakan ketiga aplikasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa Tiket.com memperoleh skor usability tertinggi (68) karena
memiliki antarmuka yang sederhana, navigasi yang mudah, dan efisiensi dalam
penggunaan. Traveloka menyusul dengan skor (62), dengan keunggulan pada
kelengkapan fitur dan reputasi, meskipun tampilannya dinilai agak padat. Sementara itu,
Agoda mendapat skor terendah (58) karena navigasi yang membingungkan, kurangnya
transparansi informasi harga, serta keluhan terhadap proses refund. Berdasarkan hasil
tersebut, Tiket.com dinilai paling optimal dalam memberikan pengalaman pengguna
yang baik. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi pengembang aplikasi
dalam meningkatkan kualitas dan kenyamanan penggunaan aplikasi mereka.
Full Tugas Akhir
[1] S. Palinggi and E. C. Limbongan, “Pengaruh Internet Terhadap Industri ECommerce
dan Regulasi Perlindungan Data Pribadi Pelanggan di Indonesia,”
Semin. Nas. Ris. dan Teknol., vol. 4, no. 1, pp. 225–232, 2020, doi:
10.30998/semnasristek.v4i1.2543.
[2] A. Chan, M. Maharani, and P. W. Tresna, “Perbandingan Pengalaman Pengguna
Pada Aplikasi Mobile Go-Jek Dan Grab (Studi Pada Konsumen Pt Go-Jek Dan
Pt Grab Indonesia Di Dki Jakarta),” AdBispreneur, vol. 2, no. 2, 2017, doi:
10.24198/adbispreneur.v2i2.13183.
[3] M. Athallah Naufal and H. Millanyani, “The Influence Of E-Service Quality
Dimensions On E-Customer Satisfaction And Its Impact On E-Customer Loyalty
Tiket.Com,” Int. J. Sci. Technol. Manag., vol. 5, no. 1, pp. 118–126, 2024, doi:
10.46729/ijstm.v5i1.1025.
[4] B. Arthakusuma, “Akan Jadi Mudik Teramai, Traveloka Catatkan Kenaikan
Signifikan Pencarian Perjalanan Mudik 2024,” Bagustech.media, 2024, [Online].
Available: https://bagustech.media/akan-jadi-mudik-teramai-traveloka-catatkankenaikan-
signifikan-pencarian-perjalanan-mudik-2024/
[5] Y. Sufri, “Agoda: Daya Tarik Indonesia sebagai Tujuan Wisata Naik 33%,” 2024,
[Online]. Available: https://wartaekonomi.co.id/read541256/agoda-daya-tarikindonesia-
sebagai-tujuan-wisata-naik-33
[6] R. A. Monavia, “Pengguna Aplikasi Traveling di Dunia Capai 93 Juta Orang pada
2021,” 2022, [Online]. Available: https://databoks.katadata.co.id/teknologitelekomunikasi/
statistik/d2f26412581f6f1/pengguna-aplikasi-traveling-didunia-
capai-93-juta-orang-pada-2021
[7] N. Huda, F. Habrizons, A. Satriawan, M. Iranda, and T. Pramuda, “AnalisisUsability Testing Menggunakan Metode SUS (System Usability Scale) Terhadap
Kepuasan Pengguna Aplikasi Shopee,” Simkom, vol. 8, no. 2, pp. 208–220, 2023,
doi: 10.51717/simkom.v8i2.158.
[8] S. I. Putri and K. Liu, “Assessing Ticket.com App Usability Through the System
Usability Scale (SUS) Method,” Int. J. Appl. Inf. Manag., vol. 4, no. 1, pp. 30–
40, 2024, [Online]. Available: https://doi.org/10.47738/ijaim.v4i1.73
[9] P. Studi, T. Informatika, S. Tinggi, and T. Pagar, “Analisa usability pada website
traveloka,” vol. 09, no. 75, pp. 172–180.
[10] H. Y. Arine Lupita Dyayu, Beny, “Evaluasi Usability Aplikasi PeduliLindungi
Menggunakan Metode Usability Testing dan System Usability Scale ( SUS )
Jurnal Manajemen Teknologi dan Sistem Informasi ( JMS ),” J. Manaj. Teknol.
dan Sist. Inf., vol. 3, pp. 395–404, 2023.
[11] H. A. Prathama and I. P. G. H. Suputra, “Evaluasi UI pada Prototype Aplikasi
‘WeCare’ Menggunakan Metode SUS (System Usability Scale),” JNATIA J.
Nas. Teknol. Inf. dan Apl., vol. 2, no. 1, pp. 131–138, 2023.
[12] J. Laurence, “Evaluation of User Experience on Digital Learning Platform
Website Using System Usability Scale (Case Study: Pijar Mahir),” Turkish J.
Comput. Math. Educ., vol. 12, pp. 1595–1606, Apr. 2021, doi:
10.17762/turcomat.v12i6.2735.
[13] I. G. Ngurah Darma Paramartha, I Putu Widia Prasetia, and Kadek Kusuma
Wardana, “Usability Testing Pada Aplikasi Undiknas Mobile Menggunakan
Metode System Usability Scale,” Metik J., vol. 8, no. 1, pp. 24–30, 2024, doi:
10.47002/metik.v8i1.735.
[14] N. Tutung and I. Putri, Dyah, Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android
dalam Seni Kolaborasi. Jejak Pustaka, 2023. [Online]. Available:https://www.google.co.id/books/edition/Media_Pembelajaran_Berbasis_Aplika
si_And/VRLUEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0&kptab=overview
[15] D. M. Dewi and I. Y. Wulansari, “Kontribusi Teknologi Informasi Dan
Komunikasi Terhadap Peningkatan Nilai Tambah Sektor Pariwisata Di Jawa
Tengah,” J. Litbang Sukowati Media Penelit. dan Pengemb., vol. 3, no. 2, p. 13,
2020, doi: 10.32630/sukowati.v3i2.153.
[16] P. Setialana, “No Title ر,” Pontif. Univ. Catol. del Peru, vol. 8, no. 33, p. 44, 2014.
[17] B. Gusniar, V. Serenade, and Y. F. Nono, “Integration of Operations
Management and Marketing Strategies at Agoda: A Case Study,” J. Inform. Ekon.
Bisnis, vol. 6, pp. 937–942, 2024, doi: 10.37034/infeb.v6i4.1050.
[18] M. Y. Alfiqie, I. Aknuranda, and N. H. Wardani, “Evaluasi Usability Pada
Aplikasi Uber Menggunakan Pengujian Usability,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan
Ilmu Komput., vol. 2, no. 9, pp. 2599–2606, 2018, [Online]. Available: https://jptiik.
ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/2367
[19] N. A. Hidayah and K. Yusri Salsabilla, “User Evaluation Analysis of the Ticket
Purchasing Function in the M.Tix Application Using the Usability Scale (Sus)
Method,” J. Perangkat Lunak, vol. 5, no. 2, pp. 200–209, 2023, doi:
10.32520/jupel.v5i2.2628.
[20] J. Brooke, “SUS -- a quick and dirty usability scale,” 1996, pp. 189–194.
[21] F. Fauziah, R. Sandaya Karhab, P. Studi Manajemen, and U. Muhammadiyah
Kalimantan Timur, “Pelatihan Pengolahan Data Menggunakan Aplikasi SPSS
Pada Mahasiswa,” J. Pesut Pengabdi. Untuk Kesejaht. Umat, vol. 1, no. 2, pp.
129–136, 2019.
[22] N. M. Janna and Herianto, “Artikel Statistik yang Benar,” J. Darul Dakwah Wal-
Irsyad, no. 18210047, pp. 1–12, 2021.
[23] Talitha Fendya Wimona and Chendra Wibawa Setya, “Pengembangan Sistem
Kuesioner Daring Dengan Metode Weight Product Untuk Mengetahui Kepuasan
Pendidikan Komputer Pada Lpk Cyber Computer,” J. Inf. Technol. Educ., vol.
Vol 3, no. Vol 3 No 01 (2018): No 01 Volume 03 2018, pp. 45–53, 2018,
[Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/itedu/
article/view/24293
[24] L. Amanda, F. Yanuar, and D. Devianto, “Uji Validitas dan Reliabilitas Tingkat
Partisipasi Politik Masyarakat Kota Padang,” J. Mat. UNAND, vol. 8, no. 1, p.
179, 2019, doi: 10.25077/jmu.8.1.179-188.2019.
[25] R. Yakub, P. Dellia, A. Zulaikha Agustina, N. Nataswa Juniar, and A. Ricka
Seviana, “Analisis Usability Pada Aplikasi Btn Mobile Dengan Menggunakan
Metode System Usability Scale (Sus),” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 9,
no. 3, pp. 5164–5169, 2025, doi: 10.36040/jati.v9i3.13752.
[26] Y. Kurniati, Lola Yorita Astri, and Ali Sadikin, “Analisis Usability Aplikasi
Belanjo – Belanja Online Kota Jambi Menggunakan System Usability Scale
(Sus,” J. Inform. Dan Rekayasa Komputer(JAKAKOM), vol. 4, no. 1, pp. 899–
909, 2024, doi: 10.33998/jakakom.2024.4.1.1665.
[27] Jailani, Syahran, Jeka, and Firdaus, “Populasi dan Sampling (Kuantitatif), Serta
Pemilihan Informan Kunci (Kualitatif) dalam Pendekatan Praktis,” J. Pendidik.
Tambusai, vol. 7, no. 3, pp. 26320–26332, 2023.
[28] A. Bangor, P. Kortum, and J. Miller, “Determining what individual SUS scores
mean; adding an adjective rating,” J. usability Stud., vol. 4, no. 3, pp. 114–23,
2009.
[29] S. Jeff, “5 Ways to Interpret a SUS Score,” vol. 1, 2018, [Online]. Available:
https://measuringu.com/interpret-sus-score/