Digitalisasi layanan publik merupakan strategi penting dalam meningkatkan kemudahan akses dan efisiensi layanan, termasuk yang dilakukan oleh PT Taspen (Persero) melalui aplikasi Andal by Taspen. Aplikasi ini dirancang untuk memudahkan seluruh peserta PT Taspen dalam mengakses berbagai layanan secara daring, salah satunya fitur autentikasi untuk peserta pensiun. Namun, berdasarkan hasil pengamatan awal melalui ulasan pengguna di Playstore, menunjukkan adanya kendala terutama dalam proses autentikasi yang dinilai menyulitkan peserta pensiun. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat usability fitur autentikasi berdasarkan persepsi peserta pensiun menggunakan metode System Usability Scale (SUS). Penyebaran kuesioner dilakukan kepada peserta pensiun PT Taspen di wilayah Kecamatan Cempaka Putih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat usability fitur autentikasi aplikasi Andal by Taspen memperoleh skor SUS sebesar 61, termasuk dalam grade D, dengan adjective rating “OK”, serta acceptability range “Marginal (Acceptable)”. Kendala utama yang ditemukan adalah kesulitan penggunaan oleh peserta pensiun lansia dan keterbatasan dalam proses autentikasi mandiri. Peneliti merekomendasikan pengembangan fitur autentikasi oleh ahli waris sebagai alternatif serta peningkatan literasi digital bagi peserta lansia.
Full Tugas Akhir
[1] R. Habibillah and M. I. Hadjri, “Pengaruh Perkembangan Teknologi di Era Digital bagi Pengembangan Sumber Daya Manusia di Daerah Tertinggal di Indonesia,” Jurnal Bisnis dan Pemasaran Digital, vol. 2, no. 2, pp. 115–125, Jan. 2024, doi: 10.35912/jbpd.v2i2.2600.
[2] A. T. A. Putro, A. Wibowo, and S. Sutikno, “Evaluasi Usability pada Aplikasi Sistem Pencatatan Pegawai Menggunakan Metode Usability Testing dan USE Questionnaire,” Jurnal Masyarakat Informatika, vol. 15, no. 2, pp. 125–148, Nov. 2024, doi: 10.14710/jmasif.15.2.67263.
[3] O. Asroni et al., “PENERAPAN USABILITY TESTING DENGAN MENGGUNAKAN METODE RETROSPECTIVE THINK ALOUD UNTUK PENGUKURAN TINGKAT KEBERGUNAAN APLIKASI WISATA LABUAN BAJO,” 2024.
[4] M. Prabowo, Metodologi Pengembangan Sistem Informasi. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Salatiga, 2020.
[5] T. Wahyuningrum, Buku Referensi Mengukur Usability Perangkat Lunak. Deepublish, 2021.
[6] I. A. Prabowo, H. Wijayanto, B. W. Yudanto, and S. Nugroho, Buku Ajar Pemrograman Mobile Berbasis Android. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Dian Nuswantoro, 2021.
[7] I. Rachmawati and R. Setyadi, “Evaluasi Usability Pada Sistem Website Absensi Menggunakan Metode SUS,” Journal of Information System Research (JOSH), vol. 4, no. 2, pp. 551–561, Jan. 2023, doi: 10.47065/josh.v4i2.2868.
[8] R. P. Ririmasse and M. Badrul, “Evaluasi Usability Website Behandle Evaluasi Usability Website Behandle Operation System Customer PT. Multi Terminal Indonesia Menggunakan Metode System Usability Scale,” 2024.
[9] Sugiyono, METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D. 2023. [Online]. Available: www.cvalfabeta.com
[10] T. Prasodjo, Pelayanan Publik Era Digital. CV. Literasi Nusantara Abadi, 2023. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/370654986
[11] N. E. Wiranti and A. Frinaldi, “Meningkatkan Efisiensi Pelayanan Publik dengan Teknologi di Era Digital,” JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, vol. 8, no. 2, pp. 748–754, doi: 10.24815/jimps.v8i2.24833.
[12] M. I. Firmansyah et al., “Transformasi Digital Dalam Pembayaran Pensiun: Edukasi Dan Sosialisasi Aplikasi Andal Taspen Di Kalangan Pensiunan,” Jurnal Penelitian Nusantara, vol. 1, pp. 738–746, 2025, doi: 10.59435/menulis.v1i3.182.
[13] A. R. Pratiwi, L. I. N. Indah, F. D. Dwinanto, and I. Kholil, “Digitalisasi Layanan Posyandu Dengan TIK Untuk Pencatatan Dan Pelaporan Kegiatan Posyandu Mardi Rahayu Boyolali,” Indonesian Journal Computer Science, 2022.
[14] N. S. Adzikriati and I. A. Kurniawan, “KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI PT TASPEN CABANG KOTA TANGERANG (Studi Kasus Pada Layanan Aplikasi Andal By Taspen),” 2025.
[15] A. S. Anggraini, H. Muslimah Az-Zahra, and A. D. Herlambang, “EVALUASI USABILITY APLIKASI PERSADA: SISTEM MONITORING PAJAK DAERAH DI KOTA MALANG,” 2025. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
[16] N. A. Wulandari, S. Rohman, Nulngafan, and Hermawan, “ANALISIS USABILITY APLIKASI RSI WONOSOBO MENGGUNAKAN METODE SUS (SYSTEM USABILITY SCALLE),” Jurnal Ilmiah Teknik dan Ilmu Komputer, vol. 1, no. 3, pp. 20–25, 2022, doi: 10.55123.
[17] R. A. D. Kumalasari and H. Tolle, “Usability Evaluation pada Aplikasi Taspen Otentikasi Berbasis System Usability Scale: Studi Kasus pada Pensiunan PNS,” JSHP : Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, vol. 8, no. 2, pp. 103–116, May 2024, doi: 10.32487/jshp.v8i2.2098.
[18] R. Yakub, P. Dellia, A. Zulaikha Agustina, N. Nataswa Juniar, and A. Ricka Seviana, “ANALISIS USABILITY PADA APLIKASI BTN MOBILE DENGAN MENGGUNAKAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE (SUS),” 2025.
[19] L. Richard, “Adequacy of Sample Size in Health Studies,” 1990.
[20] D. P. Kesuma, “Penggunaan Metode System Usability Scale Untuk Mengukur Aspek Usability Pada Media Pembelajaran Daring Di Universitas XYZ,” 2021. [Online]. Available: http://jurnal.mdp.ac.id
[21] B. Darma, STATISTIKA PENELITIAN MENGGUNAKAN SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). Guepedia, 2021.