Sistem pembayaran digital kini menjadi salah satu fitur utama dalam aplikasi layanan
modern, termasuk aplikasi Anabul. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
penerimaan pengguna terhadap sistem pembayaran terintegrasi Midtrans yang
diterapkan pada aplikasi Anabul menggunakan pendekatan Technology Acceptance
Model (TAM). Model ini mengevaluasi beberapa variabel utama, seperti persepsi
kegunaan (Perceived Usefulness), kemudahan penggunaan (Perceived Ease of Use),
kepercayaan, rasa aman, sikap terhadap penggunaan, serta niat untuk menggunakan
sistem pembayaran. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 69 responden
aplikasi Anabul. Sampel penelitian ditentukan menggunakan rumus Slovin dengan
margin of error sebesar 10%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kegunaan
dan kemudahan penggunaan memiliki pengaruh signifikan terhadap sikap pengguna,
yang selanjutnya memengaruhi niat pengguna untuk terus menggunakan sistem
pembayaran ini. Kepercayaan dan rasa aman juga menjadi faktor kunci yang
mendukung penerimaan teknologi ini. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk
pengembangan fitur pembayaran yang lebih responsif terhadap kebutuhan pengguna
dan meningkatkan pengalaman transaksi secara keseluruhan.
[1] N. Leksono Putri Handayani, P. Fitrijanti Soeparan, P. Pratama Kendal Jl Raya Utama Timur No, and K. Kendal, “Peran Sistem Pembayaran Digital Dalam Revitalisasi UMKM,” vol. 4, no. 3, 2022.
[2] D. Nugraha, G. Putra, and S. T. Raharjo, “ANALISIS PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN, KUALITAS LAYANAN, DAN PERSEPSI MANFAAT TERHADAP LOYALITAS PENGGUNA DENGAN KEPUASAN PENGGUNA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Pengguna Aplikasi Grab di Kota Semarang),” DIPONEGORO JOURNAL OF MANAGEMENT, vol. 10, no. 6, 2021, [Online]. Available: http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
[3] M. D. A. Suryani and N. K. L. A. Merkusiwati, “Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, serta Faktor Keamanan dan Kerahasiaan pada Minat Penggunaan E-Filling,” E-Jurnal Akuntansi, vol. 32, no. 10, p. 3138, Oct. 2022, doi: 10.24843/eja.2022.v32.i10.p17.
[4] H. N. H. Aditya, N. Nurmalasari, and H. Hendri, “SUCCESS ANALYSIS OF KITABISA MOBILE APPLICATION INFORMATION SYSTEM BY USING DELONE AND MCLEAN MODELS,” Jurnal Pilar Nusa Mandiri, vol. 16, no. 1, pp. 81–88, Mar. 2020, doi: 10.33480/pilar.v16i1.918.
[5] A. R. M. Putri, A. A. Setiawan, Y. J. P. Silalahi, and Setyodewi, “ANALISIS KNOWLEDGE MANAGEMENT DALAM PENGALAMAN PENGGUNA APLIKASI MAXIM DENGAN METODE USER CENTERED DESIGN (UCD),” Jan. 2024.
[6] A. Pratama, S. Z. Wulandari, and D. laksmi Indyastuti, “Analisi Penerimaan pengguna menggunakan metode,” 2022.
[7] A. D. Prabandari and F. Ansoriyah, “Pengaruh Persepsi Kegunaan, Kemudahan, Sikap, Niat Pengguna Terhadap Kenyataan Penggunaan Aplikasi SiPolgan,” 2023.
[8] “Pengertian Sistem Pembayaran Digital dan Beragam Jenisnya - Bayarind.” Accessed: Mar. 12, 2025. [Online]. Available: https://www.bayarind.id/news/pengertian-sistem-pembayaran-digital-dan-beragam-jenisnya/
[9] A. H. Harahap, C. Difa Andani, A. Christie, D. Nurhaliza, and A. Fauzi, “Pentingnya Peranan CIA Triad Dalam Keamanan Informasi dan Data Untuk Pemangku Kepentingan atau Stakholder”.
[10] “ISO 27001: Mengenal Prinsip Keamanan Informasi.” Accessed: Jan. 01, 2025. [Online]. Available: https://mitraberdaya.id/id/news-information/prinsip-keamanan-informasi
[11] K. Laudon, J. Laudon, and A. Elragal, Management Information Systems: Managing the Digital Firm. 2013.
[12] N. Leksono Putri Handayani, P. Fitrijanti Soeparan, P. Pratama Kendal Jl Raya Utama Timur No, and K. Kendal, “Peran Sistem Pembayaran Digital Dalam Revitalisasi UMKM,” Journal of Economics and Business Management, vol. 1, no. 3, 2022.
[13] Jam’an, “Penerapan Teori Technology Acceptance Model dalam Perilaku Pengguna Teknologi Internet (Studi Perilaku dalam Menerima Teknologi Internet),” 2020.
[14] “Solusi Payment Gateway Terbaik untuk Bisnis Anda.” Accessed: Jan. 19, 2025. [Online]. Available: https://nurosoft.id/blog/solusi-payment-gateway-terbaik/
[15] T. J. Qomariah, “Analisi Penerimaan pengguna menggunakan metode,” 2022.
[16] “MEMAHAMI VALIDITAS KONVERGEN (CONVERGENT VALIDITY) DALAM PENELITIAN ILMIAH – Accounting.” Accessed: Mar. 12, 2025. [Online]. Available: https://accounting.binus.ac.id/2021/08/12/memahami-validitas-konvergen-convergent-validity-dalam-penelitian-ilmiah/
[17] P. Nastiti and dan Elisabeth Marsella, “Edu Komputika Journal Identifikasi Faktor Loyalitas Pengguna pada Shopee Games Menggunakan Expectation-Confirmation Model (ECM),” 2023. [Online]. Available: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/edukom
[18] I. Dan, K. Adam, D. Pada, J. Matematika, F. Sains, and D. Teknlogi, “METODE PARTIAL LEAST SQUARE (PLS) DAN TERAPANNYA (Studi Kasus: Analisis Kepuasan Pelanggan terhadap Layanan PDAM Unit Camming Kab. Bone).”
[19] N. N. Rohmatillah, L. P. Sari, and T. D. Pramitasari, “PENGARUH CAPITAL INTENSITY TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK,” 2020.