ANALISA DESIGN UI/UX APLIKASI TRADING VIEW PADA PT BESTPROFIT FUTURES DENGAN METODE USER CENTERED DESIGN (UCD)

research
  • 12 Mar
  • 2025

ANALISA DESIGN UI/UX APLIKASI TRADING VIEW PADA PT BESTPROFIT FUTURES DENGAN METODE USER CENTERED DESIGN (UCD)

Penelitian ini membahas analisis dan pengembangan desain antarmuka pengguna (UI) serta pengalaman pengguna (UX) pada aplikasi trading berbasis mobile milik PT Bestprofit Futures dengan menggunakan metode User-Centered Design (UCD). Metode UCD diterapkan untuk memastikan bahwa desain aplikasi dikembangkan dengan berfokus pada kebutuhan, karakteristik, dan preferensi pengguna akhir, sehingga dapat meningkatkan kualitas interaksi antara pengguna dengan aplikasi. Penelitian dimulai dengan proses pengumpulan data melalui survei dan wawancara kepada pengguna untuk memahami kebutuhan yang diharapkan Selanjutnya, dilakukan perancangan prototipe yang dievaluasi secara iteratif melalui proses pengujian dan umpan balik dari pengguna hingga menghasilkan desain yang optimal. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode UCD dapat meningkatkan kemudahan penggunaan, kenyamanan visual, serta efisiensi dalam mengakses fitur-fitur utama dalam aplikasi trading. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi dalam pengembangan aplikasi trading yang berorientasi pada pengalaman pengguna yang optimal.

Unduhan

 

  • BAB II (1).pdf

    File BAB 2

    •   diunduh 5x | Ukuran 102,641
  • BAB III.pdf

    File BAB 3

    •   diunduh 7x | Ukuran 358,297
  • BAB IV.pdf

    File BAB 4

    •   diunduh 7x | Ukuran 1,960,543
  • BAB I.pdf

    File BAB 1

    •   diunduh 6x | Ukuran 39,733

REFERENSI

[1]      A. Aksenta et al., LITERASI DIGITAL: Pengetahuan & Transformasi Terkini Teknologi Digital Era Industri 4.0 dan Sociaty 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.

[2]      D. K. Gultom, M. Arif, and M. Fahmi, “Determinasi kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepercayaan,” Maneggio J. Ilm. Magister Manaj., vol. 3, no. 2, pp. 171–180, 2020.

[3]      A. D. Sari, “Perancangan Prototype Aplikasi Deaf Care untuk Menunjang Aksesibilitas Pendamping dalam Memenuhi Kebutuhan Anak Tuna Rungu Menggunakan Metode User Centered Design,” 2020.

[4]      M. H. Hamdanuddinsyah, M. Hanafi, and P. Sukmasetya, “Perancangan UI/UX Aplikasi Buku Online Mizanstore Berbasis Mobile Menggunakan User Centered Design,” J. Inf. Syst. Res., vol. 4, no. 4, pp. 1464–1475, 2023.

[5]      N. M. A. P. Dewi and I. G. K. Warmika, “Peran persepsi kemudahan penggunaan, persepsi manfaat dan persepsi resiko terhadap niat menggunakan mobile commerce di kota Denpasar,” 2016, Udayana University.

[6]      A. Frisdayanti, “Peranan brainware dalam sistem informasi manajemen,” J. Ekon. Manaj. Sist. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 60–69, 2019.

[7]      B. Thoyyib and D. H. Zulfikar, “Desain UI/UX Website Referral untuk Program Gerakan Funding Culture Menggunakan Figma,” in Prosiding Seminar Nasional Teknologi Komputer dan Sains, 2023, pp. 232–241.

[8]      A. R. Mulyanto and A. R. Mulyanto, “Rekayasa perangkat lunak jilid 1,” 2008, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

[9]      A. Reynaldi, “Perancangan Desain User Interface (UI) Aplikasi Pencari Kost,” 2019, Universitas Negeri Makassar.

[10]    N. R. Wiwesa, “User interface dan user experience untuk mengelola kepuasan pelanggan,” J. Sos. Hum. Terap., vol. 3, no. 2, p. 2, 2021.

[11]    A. E. Setiawan, Z. Zulkifli, T. H. Andika, I. Aras, and A. Pasaribu, “Desain Aplikasi Layanan Kesehatan Home Care Menggunakan Metode User Centred Design (UCD),” J. Algoritm., vol. 21, no. 2, pp. 1–8, 2024.

[12]    H. Tolle, A. Pinandito, A. P. Kharisma, and R. K. Dewi, Pengembangan Aplikasi Perangkat Bergerak. Universitas Brawijaya Press, 2017.

[13]    A. W. Budiman, A. Setiawan, and S. Nugroho, “Pengembangan Sistem Layanan Informasi Berbasis Web dengan Memanfaatkan AI Pada ChatGPT,” J. Teknol. Dan Sist. Inf. Bisnis, vol. 5, no. 4, pp. 592–602, 2023.

[14]    H. S. Wibowo, Desain interaktif dengan Figma panduan praktis untuk pemula dan profesional. Tiram Media, 2023.

[15]    D. R. Setiawan and P. E. Mountaines, “Perancangan Tampilan Antarmuka Situs Web UMKM Tupai Tech Menggunakan Figma,” J. Tek. Komput., vol. 1, no. 3, pp. 132–140, 2022.

[16]    D. W. Ramadhan, “Pengujian usability website time excelindo menggunakan system usability scale (sus)(studi kasus: website time excelindo),” JIPI (Jurnal Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform., vol. 4, no. 2, pp. 139–147, 2019.

[17]    A. Purwanto, Konsep dasar penelitian kualitatif: Teori dan contoh praktis. Penerbit P4i, 2022.

[18]    R. Zidan, “Perancangan ulang user interface berbasis user experience pada aplikasi my daqu menggunakan metode user-centered design,” 2022, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah ….

[19]    A. Manzilati, Metodologi penelitian kualitatif: Paradigma, metode, dan aplikasi. Universitas Brawijaya Press, 2017.

[20]    A. Rusydah, “Perancangan Prototipe Company Profile Berbasis Website sebagai Media Promosi Pada PT Nito Technich Indonesia,” 2023, Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri.

[21]    A. Ismayani, Metodologi penelitian. Syiah Kuala University Press, 2019.

[22]    I. Salamah, “Evaluasi usability website polsri dengan menggunakan system usability scale,” J. Nas. Pendidik. Tek. Inform. JANAPATI, vol. 8, no. 3, pp. 176–183, 2019.

[23]    U. Ependi, T. B. Kurniawan, and F. Panjaitan, “System usability scale vs heuristic evaluation: a review,” Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 10, no. 1, pp. 65–74, 2019.