Evaluasi Penerimaan SLIK OJK Menggunakan Metode TAM

research
  • 03 Mar
  • 2025

Evaluasi Penerimaan SLIK OJK Menggunakan Metode TAM

Memet Hikmat (12230159), Evaluasi Penerimaan Sistem Layanan Informasi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan Menggunakan Metode Technology Acceptance Model

Sistem Layanan Informasi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (SLIK OJK) merupakan salah satu instrumen penting dalam mendukung transparansi pengelolaan informasi keuangan di Indonesia. SLIK OJK dirancang untuk menyediakan informasi debitur yang akurat, lengkap, aman, dan terkini. Sistem ini bertujuan untuk mendukung pengelolaan risiko kredit dengan memberikan akses yang lebih mudah bagi Lembaga Jasa Keuangan dalam mengevaluasi kelayakan kredit calon debitur. Selain itu, SLIK OJK juga membantu meningkatkan transparansi dan efisiensi dalam proses pengambilan keputusan persetujuan penyaluran kredit. Penerimaan pengguna merupakan faktor penting untuk mengetahui keberhasilan suatu sistem. Penelitian ini menggunakan metode Technology Acceptance Model dengan tujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan terhadap penggunaan SLIK OJK. Adapun metode teknologi tersebut merupakan salah satu model yang dapat digunakan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi penerimaan suatu teknologi informasi. Populasi pada penelitian ini adalah pengguna SLIK OJK di wilayah kerja Kantor OJK Tasikmalaya. Adapun jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner secara online menggunakan bantuan google form. Teknik analisis data dilakukan dengan Partial Last-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) menggunakan aplikasi SmartPLS versi 4 dengan dilakukan uji model pengukuran (outer model), model struktural (inner model), dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji hipotesis, terdapat kesimpulan bahwa dari 6 hipotesis yang diuji hasilnya adalah 2 hipotesis diterima dan 4 hipotesis ditolak.

Kata Kunci: SLIK OJK, Technology Acceptance Model, Penerimaan Pengguna.

Unduhan

  • File 8_rev.pdf

    File 8_rev

    •   diunduh 2x | Ukuran 650 KB
  • File 7_rev.pdf

    File 7_rev

    •   diunduh 1x | Ukuran 1,184 KB
  • File 6_rev.pdf

    File 6_rev

    •   diunduh 2x | Ukuran 73 KB
  • File 3_rev.pdf

    File 3_rev

    •   diunduh 2x | Ukuran 968 KB

 

  • File 2_rev.pdf

    File 2_rev

    •   diunduh 2x | Ukuran 379,190
  • File 4_rev.pdf

    File 4_rev

    •   diunduh 2x | Ukuran 567,416
  • File 1_rev.pdf

    File 1_rev

    •   diunduh 5x | Ukuran 1,433,963
  • File 5_rev.pdf

    File 5_rev

    •   diunduh 2x | Ukuran 982,889

REFERENSI

[1]     “Pe$raturan Otoritas Jasa Ke$uangan Re$publik Indone$sia Nomor 64 Tahun 2020 te$ntang Pe$rubahan Pe$raturan OJK Re$publik Indone$sia Nomor 18 Tahun 2017 tentang Pelaporan dan Permintaan Informasi Debitur Melalui Sistem Layanan Informasi Keuangan”.

[2]     L. A. Faqih, H. Muslimah Az-Zahra, and S. H. Wijoyo, “Analisis Faktor-Faktor Yang Me$mpe$ngaruhi Niat Individu Dalam Pe$nggunaan Aplikasi Siste$m Layanan Informasi Ke$uangan (SLIK) di Wilayah Ke$rja Malang,” 2019. [Online$]. Available$: http://j-ptiik.ub.ac.id

[3]     “Pe$raturan Otoritas Jasa Ke$uangan Re$publik Indone$sia Nomor 18 Tahun 2017 te$ntang Pe$laporan dan Pe$rmintaan Informasi De$bitur Me$lalui SLIK”.

[4]     K. Ardianto and N. Azizah, “Analisis Minat Pe$nggunaan Dompe$t Digital De$ngan Pe$nde$katan Te$chnology Acce$ptance$ Mode$l (TAM) Pada Pe$ngguna di Kota Surabaya,” Jurnal Pe$nge$mbangan Wiraswasta, vol. 23, no. 1, p. 13, May 2021, doi: 10.33370/jpw.v23i1.511.

[5]     V. Ve$nkate$sh, M. G. Morris, G. B. Davis, and F. D. Davis, “Use$r acce$ptance$ of information te$chnology: Toward a unifie$d vie$w,” MIS Q, vol. 27, no. 3, pp. 425–478, 2003, doi: 10.2307/30036540.

[6]     “Pe$ngaruh Pe$rce$ive$d E$ase$ Of Use$, Pe$rce$ive$d Use$fulne$ss Dan Attitude$ Towards Using Te$rhadap Be$havioural Inte$ntion To Use$ Pada Aplikasi Ovo. Agora, 8(1), 1–6”.

[7]     B. N. Azalia and S. Susanti, “PE$NE$RIMAAN PE$NGGUNA APLIKASI MARKE$TPLACE$ SHOPE$E$ SE$BAGAI ME$DIA BE$LANJA ONLINE$ (TAM),” 2021. [Online$]. Available$: http://e$prosiding.ars.ac.id/inde$x.php/psi

[8]     “Zulham, ‘Pe$ne$rapan Te$knologi Informasi Me$ne$ntukan Ke$be$rhasilan Dunia Pe$rusahaan Industri’ Jurnal Warta E$disi, vol 53, Juli 2017”.

[9]     R. Putra, P. E$ndang, S. Astuti, and D. F. Azizah, “PE$NGARUH KE$MUDAHAN DAN KE$MANFAATAN PE$NGGUNAAN TE$KNOLOGI INFORMASI TE$RHADAP KINE$RJA KARYAWAN (Studi pada Karyawan Kantor Pusat Unive$rsitas Brawijaya),” 2016.

[10]   “Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2017 tentang Pelaporan dan Permintaan Informasi Debitur Melalui Sistem Layanan Informasi Keuangan”

[11]   Z. Yuniar Firdaus, D. Krisbiantoro, F. Nur Afiana, D. Digital, K. Pe$mbayaran Se$lule$r, and T. Acce$ptane$ Mode$l, “ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG ME$MPE$NGARUHI PE$NE$RIMAAN DAN PE$NGGUNAAN APLIKASI DOMPE$T DIGITAL ME$NGGUNAKAN TE$CHNOLOGY ACCE$PTANE$ MODE$L (TAM) Kata Kunci.”

[12]   “Fatmawati, E$. Te$chnology Acce$ptance$ Mode$l (TAM) untuk Me$nganalisis Siste$m Informasi Pe$rpustakaan. Iqra’ Jurnal Pe$rpustakaan Dan Informasi, 9(1), 1–1”.

[13]   J. Iqbal, “Me$tode$ Pe$mbe$lajaran E$-Le$arning Me$nggunakan Te$chnology Acce$ptance$ Mode$lling (TAM) Untuk Pe$mbe$lajaran Akuntansi,” 2018. [Online$]. Available$: http://moodle$.org.Moodle$

[14]   M. N. Samaradiwakara, “COMPARISON OF E$XISTING TE$CHNOLOGY ACCE$PTANCE$ THE$ORIE$S AND MODE$LS TO SUGGE$ST A WE$LL IMPROVE$D THE$ORY/MODE$L,” 2014.

[15]   “ANALISIS PE$NE$RIMAAN TE$RHADAP PE$NGGUNAAN APLIKASI DOMPE$T DIGITAL INDONE$SIA (DANA) DI KOTA JAMBI ME$NGGUNAKAN TE$CHNOLOGY ACCE$PTANCE$ MODE$L (TAM).”

[16]     “Undang-Undang Re$publik Indone$sia Tahun 2011 te$ntang Otoritas Jasa Ke$uangan”.