Nilam Afalia Ezzawati (11230268), Analisis Desain UI/UX Aplikasi Mobile Tip Top Online Shop Menggunakan Metode Design Thinking
Website Tip Top Online Shop merupakan situs belanja online yang dirancang untuk mempermudah customer dan memperluas jangkauan customer yang ingin berbelanja dan tidak ingin datang langsung ke toko Tip Top Supermarket. Akan tetapi peneliti menemukan kekurangan dalam website tip top online shop yang dinilai kurang menarik dan tidak user friendly sehingga peneliti melakukan penelitian pada website tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi sebagai bahan referensi berupa rancangan prototype agar dapat dikembangkan di masa yang akan datang. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan metode Design Thinking untuk dapat menghasilkan rancangan UI/UX yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Terdapat beberapa proses dalam metode penelitian yang peneliti gunakan yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan testing. Tahapan-tahapan tersebut untuk memahami masalah dari sisi pengguna, merancang solusi kemudian membuat rekomendasi perbaikan yang selanjutnya dilakukan pengujian kepada pengguna menggunakan metode pengujian system usability scale (SUS) dengan hasil skor akhir 84 yang menunjukan bahwa prototype sudah acceptable, grade B dan dikategorikan excellent. Hasil penelitian ini berupa rancangan prototype yang dapat dikembangkan menjadi aplikasi mobile agar lebih efisien dibandingkan dengan versi website.
Kata Kunci: Tip Top Online Shop, UI/UX, Design Thinking
51. 11230268_NILAM AFALIA EZZAWATI
[1] P. Fani and R. I. Handayani, “Analisa Dan Perancangan UI/UX Aplikasi Penjualan Besi Beton Menggunakan Metode Design Thinking Pada PT SUMBER JAYA MAJU GEMILANG,” Inti Nusa Mandiri, vol. 14, no. 2, pp. 133–138, 2020.
[2] A. K. Nadhif, D. Taufiq, M. F. Hussein, and I. S. Widiati, “Perancangan UI/UX Aplikasi Penjualan Dengan Pendekatan Design Thinking,” J. IT CIDA, vol. 7, p. 45, 2021.
[3] I. H. Santi, Analisa Perancangan Sistem. PT Nasya Expanding Management, 2020.
[4] D. F. Aryansyah, P. Sokibi, and R. Fahrudin, “Perancangan Design UI/UX Aplikasi Penjualan Store Pakaian Design Thinking Berbasis Android,” Jumistik, vol. 2, no. 1, pp. 128–135, 2023, [Online]. Available: www.ojs.amiklps.ac.id.
[5] S. F. Pane, W. K. Sari, and Z. A. Wicaksono, Membuat Aplikasi Pengolahan Data Administrasi Barang Menggunakan Aplikasi Apex Online. Bandung: Kreatif Industri Nusantara, 2020.
[6] O. C. Halim and I. W. N. Purwanto, “Aspek Hukum Praktik Bundling Yang Dilakukan Oleh Pelaku Usaha Online Shop,” Kertha Wicara J. Ilmu Huk., vol. 11, no. 1, 2022, [Online]. Available: https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthawicara/article/download/79040/43333.
[7] R. Kurniawan and M. Budi, “Perancangan Ui/Ux Aplikasi Manajemen Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Menggunakan Aplikasi Figma,” J. Sist. Inf., vol. 5, no. 1, pp. 2–7, 2022.
[8] I. Mulyana, A. P. Putra, and M. I. Suriansyah, Buku Ajar Desain Grafis dan Multimedia. Bogor: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pakuan, 2019.
[9] S. Hendra, V. D. Putra, S. Santosa, and R. Novianti, “Kajian Teoritis : Fenomena Gerai Es Teh Manis Yang Menjamur Melalui Pendekatan Strategi Komunikasi Pemasaran Berbasis Empathy Mapping Bagi Pelaku Umkm Di Kota Tangerang,” Natl. Conf. Appl. Business, Educ. Technol., vol. 3, no. 1, pp. 113–125, 2024, doi: 10.46306/ncabet.v3i1.110.
[10] M. Ryan and L. I. Prahartiwi, “Analisis Dan Perancangan Desain UI/UX Website Badan Penyuluhan Dan Pengembangan SDM Kementrian LHK Dengan Metode Design Thinking,” IJIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 8, no. September, 2023, [Online]. Available: https://tiket.dlu.co.id/.
[11] Ispand, “Analisis UI / UX Website Informasi Agenda Mikael Dengan Metode Design Thinking,” vol. 8, no. 3, pp. 3087–3094, 2024.
[12] K. Budiman, Rekayasa Perangkat Lunak untuk Mahasiswa Ilmu Komputer. Magelang: Pustaka Rumah C1nta, 2022.
[13] Sudjiran, M. Saefudin, and S. Ahmad Perdana, “Manajemen Rancangan Ui/Ux Sistem Digital Pengajuan Peminjaman Permodalan Biaya Pertanian Menggunakan Perangkat Lunak Figma,” JISICOM (Journal Inf. Syst. Informatics Comput., vol. 7, no. 1, pp. 74–85, 2023, doi: 10.52362/jisicom.v7i1.1090.
[14] R. Nurlistiani and N. Purwati, “Interpretasi Pengujian Usabilitas E-Learning di Masa Pandemi COVID-19 Menggunakan System Usability Scale,” Pros. Semin. Nas. Darmajaya, vol. 1, no. 0, pp. 164–171, 2021, [Online]. Available: https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/PSND/article/view/2949.
[15] C. P. Setiyana and J. Siregar, “Analisa Ui/Ux Website Pada Papaya Fresh Gallery Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Multidisiplin Saintek, vol. 1, no. 06, pp. 1–10, 2023, [Online]. Available: https://ejournal.warunayama.org/kohesi.
[16] S. Ansori, P. Hendradi, and S. Nugroho, “Penerapan Metode Design Thinking dalam Perancangan UI/UX Aplikasi Mobile SIPROPMAWA,” J. Inf. Syst. Res., vol. 4, no. 4, pp. 1072–1081, 2023, doi: 10.47065/josh.v4i4.3648.
[17] D. Ariska and S. Nurlela, “Analisis Dan Perancangan UI/UX Aplikasi Lazada Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Infortech, vol. 4, no. 2, pp. 86–91, 2022.
[18] A. Mustajib and I. Kurniawati, “Implementasi Metode Design Thinking Dalam Rancang Bangun UI/UX Pada Website Rumah Sakit Pusdikkes Puskesad Menggunakan Figma,” JoMMiT J. Multi Media dan IT, vol. 7, no. 1, pp. 048– 057, 2023, doi: 10.46961/jommit.v7i1.805.
[19] C. Damayanti, A. Triayudi, and I. D. Sholihati, “Analisis UI/UX Untuk Perancangan Website Apotek dengan Metode Human Centered Design dan System Usability Scale,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 6, no. 1, p. 551, 2022, doi: 10.30865/mib.v6i1.3526.
[20] C. Nadia Kurniawan, B. Zaman, and S. Bhahri, “Analisis Usability Pada Website Ayomulai Menggunakan Metode System Usability Scale,” Jtriste, vol. 9, no. 2, pp. 90–102, 2022, doi: 10.55645/jtriste.v9i2.381.
[21] I. K. Swarjana, Populasi-Sampel, Teknik Sampling & Bias Dalam Penelitian. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET, 2022.