Perancangan UI / UX Sistem Informasi Maintenance Komputer menggunakan metode Design Thinking pada PT. Indomarco Prismatama.

research
  • 20 Feb
  • 2025

Perancangan UI / UX Sistem Informasi Maintenance Komputer menggunakan metode Design Thinking pada PT. Indomarco Prismatama.

Hendi Heryanto (11220566), Perancangan UI / UX Sistem Informasi Maintenance Komputer menggunakan metode Design Thinking pada PT. Indomarco Prismatama.

Saat ini teknologi informasi menjadi hal yang diperlukan dalam sebuah perusahaan karena dapat membantu berbagai kegiatan di dalam sebuah perusahaan termasuk dalam pengolahan data kegiatan maintenance komputer. Hingga saat ini, proses pengolahan data maintenance komputer di departemen EDP (Electronic Data Processing) PT. Indomarco prismatama masih dilakukan secara manual dengan menggunakan pencatatan pada kertas atau melalui media sosial whatsapp group, yang nantinya akan diinput ke dalam Microsoft Excel. Permasalahan yang timbul menyebabkan seringnya terjadi kehilangan dan kesalahan data serta ketidakteraturan dalam jadwal perawatan komputer. Dari masalah tersebut, perancangan sistem ini menjadi jawaban untuk mempermudah proses pengolahan data maintenance komputer agar bisa lebih efektif dan efisien. Metode yang digunakan dalam perancangan ui / ux sistem informasi maintenance komputer ini adalah metode design thinking yang terbagi menjadi beberapa tahapan yaitu Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Testing. Setelah melakukan 5 tahapan tersebut penulis melakukan usability testing dengan menggunakan metode System Usabilty Scale (SUS) dengan hasil nilai akhir sebesar 96,43 kemudian dapat disimpulkan bahwa hasil nilai akhir tersebut menduduki rating “best imaginable” yang artinya penilaian yang dilakukan dapat diterima dan berada pada grade “A”.

Kata Kunci: Design Thinking, Maintenance Komputer, System Usabilty Scale.

Unduhan

 

REFERENSI

[1] D. Isma, “PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PEMELIHARAAN (MAINTENANCE) KOMPUTER BAGIAN IT PADA PT GOLDEN MANYARAN SEMARANG,” vol. 3, no. 2, pp. 54–67, 2008, [Online]. Available: http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf

[2] H. M. F. dan A. P. Alannisa Firdaus, Indra Wahyu Chrisstyadi, Vidia Akhluvi Oktaviyanti, Sofyan Dwi Lastiyono, “1815-5502-1-Pb,” Perenc. Strateg. Sist. Inf. dan Teknol. Inf. Pada Perusah. Manufaktur Menggunakan Metod. Ward dan Peppard(Studi Kasus PT. ABC), 2021.

[3] A. Andria, “Penerapan Sistem Informasi Monitoring Maintenance and Repair Hardware Di UPT Komputer Universitas PGRI Madiun,” Fountain Informatics J., vol. 7, no. 3, pp. 24–33, 2023, doi: 10.21111/fij.v7i3.9421.

[4] P. K. Adi and A. Fauzan, “PERANCANGAN SISTEM PEMANTAUAN DAN MAINTENANCE DI SD ISLAM ULIL ALBAB KEBUMEN,” vol. 3, no. 1, 2023.

[5] A. S. Nugroho, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi, 1st ed. Yogyakarta: Trans Tekno, 2017.

[6] M. K. D. R. P. S.Kom., Buku Ajar Konsep Sistem Informasi. Surabaya: Scopindo Media Pustaka, 2020.

[7] R. A. Fauzi, Sistem Informasi Akuntansi (Berbasis Akuntansi). Deepublish, 2017.

[8] TMBooks, Sistem Informasi Akuntansi Esensi & Aplikasi, 1st ed. Yogyakarta: ANDI, 2017.

[9] J. Hutahaean, Konsep Sistem Informasi, 1st ed. Yogyakarta: Deepublish, 2016.

[10] P. Studi, T. Informatika, S. Tinggi, and T. Pagaralam, “PELATIHAN MAINTENANCE KOMPUTER PADA HIMPUNAN MAHASISWA TEKNIK INFORMATIKA KOTA PAGAR ALAM Asep Syaputra Abstrak,” vol. 03, no. 02, pp. 75–82, 2020.

[11] H. S. Masripah, N. Hidayati, N. O. Syamsiah, Analisa Perancangan Sistem Informasi Akuntansi, 1st ed. Yogyakarta: GRAHA ILMU, 2019.

[12] A. Ambarita, Analisys Dan Pengembangan Sistem Informasi Pendekatan Model Driven, 1st ed. Yogyakarta: Gosyen Publishing, 2020.

[13] Y. Sugiarti, Dasar-Dasar Pemrograman Java Netbeans : Database UML Dan Interface, 1st ed. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA, 2018.

[14] H. Tohari, Perancangan Basis Data Dalam Teori dan Praktik, 1st ed. Yogyakarta: ANDI, 2022.

[15] R. F. Sari and A. U. S, Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek Menggunakan PHP, 1st ed. Yogyakarta: ANDI, 2021.

[16] D. M. Widia and S. R. Asriningtiias, Cara Cepat dan Praktis Membangun Web Dinamis dengan PHP dan MySQL. Universitas Brawijaya Press, 2021.

[17] I. T. K. R. Oktapiani, Perancangan Sistem Basis Data Dan Penerapannya Dalam Sistem Informasi, 1st ed. Yogyakarta: TEKNOSAIN, 2021.

[18] A. Andriani and B. E. Purnama, Desain Database dengan ERD dan LRS, 1st ed. Yogyakarta: TEKNOSAIN, 2019.

[19] E. Y. Mahhendra, A. Susilo, and Y. Irawan, “Perancangan UI/UX Menggunakan Metode Design Thinking Aplikasi Amartha (Studi Kasus: Amartha Gold Investment),” J. Pendidik. Tambusai, vol. 7, no. 3, pp. 20071– 20079, 2023.

[20] A. W. Milbar Gamas et al., “Desain User Interface Website Pemetaan Tanaman Obat Dan Langka Di Kabupaten Kediri Dengan Menggunakan Figma,” Bull. Inf. Technol., vol. 3, no. 4, pp. 281–288, 2022, doi: 10.47065/bit.v3i4.377.

[21] D. S. Bila and D. R. Indah, “Perancangan Ulang UI-UX Desain Website BKKBN Provinsi Sumatera Selatan dengan Metode Design Thinking,” KLIK Kaji. Ilm. Inform. dan Komput., vol. 3, no. 6, pp. 746–753, 2023, doi: 10.30865/klik.v3i6.870.

[22] M. A. Yahya, T. Wahyuningrum, and N. A. Prasetyo, “JOURNAL OF APPLIED COMPUTER SCIENCE AND TECHNOLOGY ( JACOST ) Perancangan Prototype Aplikasi Mobile PlayKids Menggunakan User Experience Lifecycle dan Usability Testing ( USE Questionnaire ),” vol. 3, no. 1, pp. 169–178, 2022.

[23] M. L. L. Usman and M. A. Gustalika, “Pengujian Validitas dan Reliabilitas System Usability Scale (SUS) Untuk Perangkat Smartphone,” J. Ecotipe (Electronic, Control. Telecommun. Information, Power Eng., vol. 9, no. 1, pp. 19–24, 2022, doi: 10.33019/jurnalecotipe.v9i1.2805.

[24] E. Kurniawan, N. Nofriadi, and A. Nata, “Penerapan System Usability Scale (Sus) Dalam Pengukuran Kebergunaan Website Program Studi Di Stmik Royal,” J. Sci. Soc. Res., vol. 5, no. 1, p. 43, 2022, doi: 10.54314/jssr.v5i1.817.

[25] I. Artikel, “Pelatihan Desain UI / UX Website UMKM Profile Labscarpe Dengan Aplikasi Figma,” vol. 3, no. 2, pp. 1972–1980, 2023.

[26] M. A. Aziz and A. Y. Rahmadhani, “Aplikasi Pemesanan Maintenance Komputer Hallo Services,” vol. 1, no. 1, pp. 1–17, 2021.

[27] A. W. Milbar Gamas, A. S. Wardani, and M. N. Muzaki, “Desain UI/UX Aplikasi Konter Handphone Berbasis Mobile Menggunakan Design Thinking,” Inform. J. Ilmu Komput., vol. 19, no. 2, pp. 122–133, 2023, doi: 10.52958/iftk.v19i2.6297.

[28] J. M. Dumalang, C. E. J. . Montolalu, and D. Lapihu, “Perancangan UI/UX Aplikasi Penjualan Makanan berbasis Mobile pada UMKM di Kota Manado menggunakan metode Design Thinking,” J. Ilm. Inform. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 2, pp. 41–52, 2023, doi: 10.58602/jima-ilkom.v2i2.19.

[29] Y. Septiani, E. Aribbe, and R. Diansyah, “ANALISIS KUALITAS LAYANAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS ABDURRAB TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA MENGGUNAKAN METODE SEVQUAL (Studi Kasus : Mahasiswa Universitas Abdurrab Pekanbaru),” J. Teknol. Dan Open Source, vol. 3, no. 1, pp. 131–143, 2020, doi: 10.36378/jtos.v3i1.560