Sistem Informasi Penjualan Fashion Pada Raja T-Shirt Indonesia

research
  • 06 Feb
  • 2025

Sistem Informasi Penjualan Fashion Pada Raja T-Shirt Indonesia

Ravi Syahru Pahlevi (11190455), Sistem Informasi Penjualan Fashion Pada Raja T-Shirt Indonesia

Dalam era digital yang terus berkembang, implementasi sistem informasi penjualan berbasis web telah menjadi kunci sukses bagi banyak Perusahaan, termasuk Raja T-Shirt Indonesia. Sistem ini memanfaatkan teknologi web untuk mengoptimalkan proses penjualan, meningkatkan keterlibatan pelanggan, dan memperluas jangkauan pasar. Studi ini memiliki tujuan guna merancang dan mengimplementasikan sistem informasi penjulan fashion berbasis web yang dioptimalkan khususnya untuk kebutuhan Raja T-Shrit Indonesia. Metode pengumpulan data melibatkan observasi langsung, wawancara dengan pihak manajemen, dan analisis kebutuhan pengguna. Berdasarkan hasil analisis tersebut, sistem ini dikembangkan menggunakan teknologi web terkini seperti HTML, CSS, dan JavaScript untuk antarmuka pengguna, serta PHP dan MySQL untuk pengolahan data. Sistem informasi penjualan berbasis web yang dihasilkan memungkinkan Raja T-Shirt Indonesia untuk mengelola iventaris, menerima dan memproses pesanan pelanggan secara efisien, serta layanan pelanggan online juga disertakan untuk meningkatkan interaksi konsumen. Bahwa dengan menerapkan sistem informasi penjualan berbasis web ini, Raja T-Shirt Indonesia dapat meningkatkan efisiensi operasional, meningkatkan pengalaman pelanggan, dan memperluas pasar secara signifikan. Sistem ini juga dapat menjadi landasan yang kokoh bagi pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan dalam pasar pakaian yang kompetitif dan terus berkembang.

Kata Kunci: Penjualan, Fashion, Sistem Informasi, Berbasis Web, Pemesanan Online.

Unduhan

 

REFERENSI

[1] G. Kwame, S. Kwame, C. Etornam, K. Seidu, A. S. Yussif, and R. Fatchu, “ICT adoption in the textile and jewelry industries for sustainable fashion : A systematic review,” Sci. African, vol. 24, no. September 2023, p. e02224, 2024, doi: 10.1016/j.sciaf.2024.e02224.

[2] Rina Noviana, “Pembuatan Aplikasi Penjualan Berbasis Web Monja Store Menggunakan Php Dan Mysql,” J. Tek. dan Sci., vol. 1, no. 2, pp. 112–124, 2022, doi: 10.56127/jts.v1i2.128.

[3] J. Philipp and S. Hensel-b, “Customer success management through alignment of marketing , sales and IT,” vol. 120, no. May, pp. 1–14, 2024, doi: 10.1016/j.indmarman.2024.05.004.

[4] M. F. Akbar, “Sistem Informasi Penjualan Fashion Berbasis Web Pada Distro Klinik Metalik,” vol. 9, no. 2, pp. 1–6, 2020.

[5] F. Alfiah, R. Tarmizi, and A. A. Junidar, “Perancangan Sistem E–Commerce Untuk Penjualan Pakaian Pada Toko a&S,” ICIT J., vol. 6, no. 1, pp. 70–81, 2020, doi: 10.33050/icit.v6i1.862.

[6] A. Mateja and A. Mateja, “ScienceDirect ScienceDirect Usability research of an online store using eye tracking : a Usability research of an online store using eye tracking : a comparison product specification formats comparison of product specification formats,” Procedia Comput. Sci., vol. 225, pp. 3233–3242, 2023, doi: 10.1016/j.procs.2023.10.317.

[7] A. Alenizi, S. Mishra, and A. Baihan, “Enhancing secure financial transactions through the synergy of blockchain and artificial intelligence,” Ain Shams Eng. J., vol. 15, no. 6, p. 102733, 2024, doi: 10.1016/j.asej.2024.102733.

[8] R. W. Rohmahwati and H. Zakaria, “Implementasi E-commerce Secara Business To Customer ( B2C ) Untuk Peningkatan Penjualan Produk Fashion Menggunakan ReactJS ( Studi Kasus : Zaurach . co ),” vol. 1, no. 5, pp. 1331–1345, 2023.

[9] X. Lyu and H. Li, “Design and implementation of railway green performance basic data collection system,” High-speed Railw., vol. 1, no. 4, pp. 265–272, 2023, doi: 10.1016/j.hspr.2023.11.003.

[10] I. Br, K. Sekali, S. A. Widiana, S. Informasi, and U. S. Ratulangi, “Perancangan UI / UX Aplikasi Mobile Produk Fashion Pria pada Toko Celcius di Kota Manado Menggunakan Design Thinking,” vol. 2, no. September, pp. 53–64, 2023.

[11] G. Silvano and C. Mbogo, “Impact of Social Media Marketing on Small Businesses ’ Sales Performance : A Case of Women Clothing Stores in Nyamagana District , Tanzania,” no. 2, pp. 70–82, 2022.

[12] A. N. Rais and A. Ishaq, “Metode FAST & Framework PIECES : Analisis & Desain Sistem Informasi Penjualan Berbasis Website,” vol. 6, no. 2, pp. 172–181, 2020.

[13] M. Rukhiran, T. Chomngern, and P. Netinant, “Insights from a dataset on behavioral intentions in learning information flow diagram capability for software design,” Data Br., vol. 49, p. 109307, 2023, doi: 10.1016/j.dib.2023.109307.

[14] O. Alghamdi, S. Clinch, R. Skeva, and C. Jay, “The Journal of Systems & Software How are websites used during development and what are the implications for the coding process ? ✩,” J. Syst. Softw., vol. 205, p. 111803, 2023, doi: 10.1016/j.jss.2023.111803.

[15] A. R. Keshavarz, “The value of the sales function : A multilevel examination of the effect of strategic marketing ambidexterity and industry contingencies,” vol. 156, no. March 2022, 2023, doi: 10.1016/j.jbusres.2022.113545.

[16] B. Website and D. I. Cikarang, “Jurnal Informatika SIMANTIK Vol.5 No.2 September 2020 PENERAPAN METODE,” vol. 5, no. 2, pp. 18–23, 2020.

[17] A. S. Faqih, A. D. Wahyudi, S. Informasi, F. Teknik, and U. T. Indonesia, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENJUALAN BERBASIS WEB ( STUDI KASUS : MATCHMAKER ),” vol. 3, no. 2, pp. 1–8, 2022.

[18] Y. Sari, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENJUALAN,” vol. 24, no. 2, pp. 84–91, 2023.

[19] A. T. Kusumo, Vito Triantori, and Ishak Komarudin, “Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web pada Smooth-Tee dengan Metode Waterfall,” J. Sist. Inf., vol. 10, no. 2, pp. 82–88, 2021, doi: 10.51998/jsi.v10i2.422.

[20] W. A. Srisathan, C. Ketkaew, N. Jantuma, and P. Naruetharadhol, “Trust and website conversion in consumer responses to green product purchasing: A new perspective through the lens of innovative website Design’s technology integration,” Heliyon, vol. 10, no. 1, p. e23764, 2024, doi: 10.1016/j.heliyon.2023.e23764.

[21] P. Cv and C. Baru, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Pakaian Berbasis Web,” vol. 7, 2024.

[22] A. Hunneman, T. H. A. Bijmolt, and J. P. Elhorst, “Evaluating store location and department 34 composition based on spatial heterogeneity in sales potential,” J. Retail. Consum. Serv., vol. 73, no. March, p. 103355, 2023, doi: 10.1016/j.jretconser.2023.103355.

[23] J. Ekonomi et al., “Analisis Teknik Entity-Relationship Diagram Dalam Perancangan Database,” vol. 1, no. 2, pp. 143–147, 2022.

[24] Erlanie Sufarnap, Mirza Ilhami, and Jefri Junifer Pangaribuan, “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan pada Toko XYZ,” SATESI J. Sains Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 170–176, 2022, doi: 10.54259/satesi.v2i2.1181.

[25] I. P. Sari, A. Syahputra, N. Zaky, R. U. Sibuea, and Z. Zakhir, “Perancangan Sistem Aplikasi Penjualan dan Layanan Jasa Laundry Sepatu Berbasis Website,” Blend Sains J. Tek., vol. 1, no. 1, pp. 31–37, 2022, doi: 10.56211/blendsains.v1i1.67.

[26] M. Purwaningsih, B. Purwandari, and A. N. Hidayanto, “A Conceptual Model e-Collaboration for Rural Tourism - Combining Soft System Methodology and UML,” Procedia Comput. Sci., vol. 234, pp. 1119– 1127, 2024, doi: 10.1016/j.procs.2024.03.107.

[27] P. Lv et al., “Intelligent extraction of medical entity relationship based on graph neural network and optimization strategy,” Knowledge-Based Syst., vol. 294, no. January, p. 111735, 2024, doi: 10.1016/j.knosys.2024.111735.

[28] E. Puspita Sari, E. Pudjiarti, and H. Susanti, “Sistem Informasi Penjualan Pakaian Wanita Berbasis Web (E-Commerce) pada PT Bunitop Indonesia,” J. Teknol. Inf. Mura, Univ. Bina Insa. Lubuklinggau, vol. 12, no. 01, pp. 1–13, 2020, [Online]. Available: https://repository.bsi.ac.id/index.php/repo/viewitem/25645

[29] J. Informatika, P. Lunak, S. Informatika, and U. T. Indonesia, “RANCANG BANGUN APLIKASI E- COMMERCE,” vol. 1, no. 1, pp. 17–24, 2020.

[30] L. Johnstone and C. Lindh, “Journal of Retailing and Consumer Services Sustainably sustaining ( online ) fashion consumption : Using influencers to promote sustainable ( un ) planned behaviour in Europe ’ s millennials,” J. Retail. Consum. Serv., vol. 64, no. September 2021, p. 102775, 2022, doi: 10.1016/j.jretconser.2021.102775.

[31] M. Silvia, B. Purba, R. Nainggolan, and E. N. Purba, “SISTEM INFORMASI PENJUALAN PAKAIAN DI TOKO LINDUNG BERBASIS WEB,” vol. 3, no. 2, pp. 119–123, 2023.

[32] R. Dharmawan et al., “PENERAPAN APLIKASI PENJUALAN ONLINE ( E-COMMERCE ) MENGGUNAKAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM WORDPRESS,” pp. 132–138.

[33] A. L. Setyabudhi, Z. S. Hasibuan, T. Store, U. I. Sina, and O. Shop, “SISTEM INFORMASI ONLINE SHOP,” vol. 2, no. 2, pp. 70–81, 2020.

[34] B. Harlim, I. Oktaviani, J. Maulindar, U. Duta, and B. Surakarta, “SISTEM INFORMASI E- COMMERCE BERBASIS WEBSITE,” vol. 13, no. 2, pp. 135–140, 2023.

[35] A. Andipradana and K. D. Hartomo, “Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Online Berbasis Web Menggunakan Metode Scrum,” pp. 161–172, 2021.

[36] G. P. Suri and Z. S. Hasibuan, “Sistem Informasi Penjualan Online Berbasis Web di Tassia Store,” Eng. Technol. Int. J., vol. 03, no. 1, pp. 55–65, 2021.

[37] P. D. M. Informatika and U. M. Indonesia, “PADA TOKO WARISTO BERBASIS WEB Sadarman Laia * , Rimbun Siringoringo , Gortap Lumbantoruan,” vol. 3, no. 1, pp. 44–50, 2023.