ABSTRAK
Fahrul Hakim (11170375) Analisa Pola Penjualan Pada Toko Aro Baru 2 Di Pasar Jatinegara Menggunakan Metode Algoritma Apriori.
Persaingan dalam bisnis khusunya dalam bisnis pakaian semangkin banyak, agar dapat meningkatkan penjualan produk yang di jual, para pelaku harus mempunyai strategi. Salah satu cara yang bisa di lakukan adalah dengan memanfaatkan data transaksi penjualan, menerapkan algoritma apriori untuk menemukan pola penjualan berdasarkan data transaksi di Toko Aro Baru 2. Penelitian ini menggunakan tools Microsoft Excel dan Tanagra sebagai pendukung hasil akhir dari analisis dengan menggunakan algoritma apriori berupa pola penjualan, penjualan merek produk paling banyak terjual pada Toko Aro Baru 2 dapat diketahui dengan menggunakan algoritma apriori, dengan melihat produk yang memenuhi minimal support dan minimal confidence, produk yang paling banyak terjual tersebut adalah Koko, Mukena dan Setelan Koko Anak. Penjualan merek produk paling banyak terjual pada Toko Aro Baru 2 dapat diketahui dengan menggunakan algoritma apriori, dengan melihat produk yang memenuhi minimal support dan minimal confidence, produk yang paling banyak terjual tersebut adalah Koko, Mukena dan Setelan Koko Anak. Pengimplementasian algoritma apriori pada Tanagra dimulai dengan penginputan data penjualan perbulan yang menjadi database pada Ms.Excel, tabel tabular tersebut yang kemudian dikoneksikan ke dalam tools Tanagra, dan mulailah pembentukan support dan confidence, kemudian akan menghasilkan asosiasi final yang memenuhi support dan confidence.
DAFTAR PUSTAKA
[1] F. Rahmawati and N. Merlina, “Metode Data Mining Terhadap Data Penjualan Sparepart Mesin Fotocopy Menggunakan Algoritma Apriori,” PIKSEL Penelit. Ilmu Komput. Sist. Embed. Log., vol. 6, no. 1, pp. 9–20, 2018. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Metode+Data+Mining+Terhadap+Data+Penjualan++Sparepart+Mesin+Fotocopy+Menggunakan++Algoritma+A priori&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3Dy8eZQhbMhl4J
[2] I. Firnando, “Implementasi Algoritma Apriori Dan Forecasting,” Pros. SENTIA, vol. 7, no. pp. 2085–2347, http://e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/mantik/article/view/653 2015
[3] R. Febrian, F. Dzulfaqor, M. N. Lestari, A. A. Romadhon, and E. Widodo, “Analisis Pola Pembelian Obat di Apotek UII Farma Menggunakan Metode Algoritma Apriori,” pp. 49 54, 2018. https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/view/2056
[4] R. Takdirillah, “Penerapan Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Terhadap Data Transaksi Sebagai Pendukung Informasi Strategi Penjualan,” Edumatic J. Pendidik. Inform., vol. 4, no. 1, pp. 37–46, https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/edumatic/article/view/2081 202
[5] A. Prasetyo, N. Musyaffa, and R. Sastra, “Implementasi Data Mining Untuk Analisis Data Penjualan Dengan Menggunakan Algoritma Apriori ( Studi Kasus Dapoerin ’ S ),” J. Khatulistiwa Inform., vol. VIII, no. 2, pp. 94–96, https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/khatulistiwa/article/view/8994 [6] 2020.
[6] Y. Apridonal M, W. Choiriah, and A. Akmal, “Penerapan Data Mining Menggunakan Metode Assiciation Rule Dengan Algoritma Apriori Untuk Analisa Pola Penjualan Barang,” JURTEKSI (Jurnal Teknol. dan Sist. Informasi), vol. 5, no. 2, pp. 193–198, 2019. https://jurnal.stmikroyal.ac.id/index.php/jurteksi/article/view/362
[7] E. N. Salamah and N. Ulinnnuha, “Analisis Pola Pembelian Obat dan Alat Kesehatan di Klinik Ibu dan Anak Graha Amani dengan Menggunakan Algoritma Apriori,” J. Inf., vol. 2, no. 2, pp. https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/inform/article/view/401 1–6, 2017.
[8] A. H. Elyas and J. Prayoga, “Implementasi Data Mining Pola penjualan Sparepart Motor Honda Pada Pt Rotella Persada Mandiri Dengan Menggunakan Algoritma Apriori,” Device J. Inf. Syst. Comput. Sci. Inf. Technol., vol. 1, no. 1, pp. 22–31, 2020. https://scholar.google.com/scholar?as_ylo=2020&q=Pola+penjualan+algoritma+apriori +metode+asosiasi&hl=id&as_sdt=0,5#d=gs_qabs&u=%23p%3DdB6-SfsxaZAJ
[9] N. Hadinata and K. Kurniawan, “Analisis Pola Pembelian Produk Makanan Ringan Menggunakan Algoritma Apriori,” J. Sisfokom (Sistem Inf. dan Komputer), vol. 9, no. 1, pp. 1–7, 2020. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&as_ylo=2020&q=Analisa+P ola+penjualan+algoritma+apriori+metode+asosiasi&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3Dl Rab6jXWorMJ
[10] Putri Septiani Azura, M. Safii, and Fitri Rizki, “Analisa Penjualan Produk Oli Dengan Metode Data Mining,” KESATRIA J. Penerapan Sist. Inf. (Komputer Manaj., vol. 2, no. 1, pp. 8–15, 2021. https://scholar.google.com/scholar?start=10&q=Analisa+Pola+penjualan+algoritma+apr iori+metode+asosiasi&hl=id&as_sdt=0,5&as_ylo=2020#d=gs_qabs&u=%23p%3DqCd YofMgWLQJ
[11] A. N. Rahmi, Y. A. Mikola, and K. Kunci, “IMPLEMENTASI ALGORITMA APRIORI UNTUK MENENTUKAN POLA PEMBELIAN PADA CUSTOMER ( STUDI KASUS : TOKO BAKOEL SEMBAKO ) Abstraksi Keywords :,” vol. 4, no. 1, 2021. https://scholar.google.com/scholar?as_ylo=2020&q=Pola+penjualan+algoritma+transak si+pengertian+apriori&hl=id&as_sdt=0,5#d=gs_qabs&u=%23p%3DqWc5O16zKk8J
[12] A. Riyanto and M. Susanti, “Analisa Data Mining Terhadap Penjualan Food Dengan Metode Apriori Pada Kopsyahira,” Bianglala Inform., vol. 8, no. 1, pp. 44–48, 2020. https://scholar.google.com/scholar?as_ylo=2020&q=Tanagra+data+mining+algoritma+ apriori&hl=id&as_sdt=0,5#d=gs_qabs&u=%23p%3DtfPcNpJKoWwJ
[13] N. Normah and C. Olivia, “Penerapan Aturan Asosiasi Algoritma Apriori Terhadap Penjualan Thai Tea Pada PT Nyonya Besar Lestari,” Paradig. - J. Komput. dan Inform., vol. 22, no. 1, pp. 68–71, 2020. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&as_ylo=2020&q=Instrumen +penelitian+suatu+alat+metode+algoritma+apriori&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3
[14] M. R. Fahdia, D. Riana, F. Amsury, I. Saputra, and N. Ruhyana, “Komparasi Algoritma Klasifikasi untuk Orientasi Minat Mahasiswa dalam Penuntasan Studi,” JIRA J. Inov. dan Ris Akad., vol. 2, no. 7, pp. 2021. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&as_ylo=2020&q=Pendapat+ 970–1007,
lain+menyatakan++mengenai+populasi+adalah+wilayah+generalisasi+yang+terdiri+ata s+obyek%2Fsubyek++yang+mempunyai+kualitas+dan+karakteristik+tertentu+yang+di tetapkan+oleh+peneliti++untuk+dipelajari+dan+kemudian+ditarik+kesimpulannya+dat
a+mining&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3D83IO0SDlXe0J
[15] K. Pengguna and D. Pada, “RODATIGA BISTRO AND CAFE MEDAN SKRIPSI OLEH : UNIVERSITAS MEDAN AREA,” 2019. https://scholar.google.com/scholar? l=id&as_sdt=0%2C5&q=Sampel+adalah+bagian+
dari+jumlah+dan+karakteristik+yang+dimiliki+oleh+populasi.+Bila+populasi+besar%2 C+dan+penelitian+tidak+mungkin+mempelajari+semua+yang+ada+pada+populasi%2C +kesimpulannya+akan+di+berlakukan+untuk+populasi+sempel+algoritma+apriori&btn
G=#d=gs_qabs&u=%23p%3DThYGvardJCQJ