RANCANGAN UI/UX DESIGN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

research
  • 17 May
  • 2024

RANCANGAN UI/UX DESIGN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

Media pembelajaran berbasis website semakin menjadi pilihan utama dalam mendukung proses pembelajaran yang interaktif dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk merancang antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) yang optimal pada media pembelajaran berbasis website dengan menerapkan metode thinking. Metode thinking melibatkan tahap-tahap pemikiran kreatif, analisis pengguna, dan iterasi desain untuk menciptakan solusi yang responsif terhadap kebutuhan pengguna.Pertama, penelitian ini akan melakukan analisis mendalam terhadap karakteristik pengguna potensial, baik dari segi demografi maupun preferensi pembelajaran. Selanjutnya, tahap ideation akan melibatkan pemikiran kreatif untuk menghasilkan gagasan-gagasan inovatif dalam perancangan UI/UX. Selama proses desain, pengguna akan terlibat secara aktif melalui uji coba prototipe, dan umpan balik mereka akan menjadi landasan untuk iterasi lebih lanjut.Melalui pendekatan ini, diharapkan rancangan UI/UX media pembelajaran dapat memperoleh kesesuaian yang tinggi dengan kebutuhan dan harapan pengguna. Hasil akhirnya diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan pengguna, efisiensi pembelajaran, dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang menarik dan mudah diakses. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan media pembelajaran berbasis website yang lebih adaptif dan responsif terhadap dinamika kebutuhan pengguna.

Unduhan

 

REFERENSI

[1]. Mochamad Nursalim, Pengembangan Media Bimbingan & Konseling, (Jakarta: AkademiaPermata, 2013), hlm. 5.

[2]. Wina Sanjaya, Media Komunikasi Pembelajaran, (Jakarta: Kencana Prenada MediaGroup, 2011), hlm. 58.

[3]. Ali Muhson, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi”. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Universitas Negeri Yogyakarta. Vol. 8, No. 2, November 2010, hlm. 4.

[4]. Siti Saptari Qomariah dan I Ketut R Sudiarditha, “Kualitas Media Pembelajaran Minat Belajar dan Hasil Belajar Siswa: Studi pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas XII SMA Negeri 12 Jakarta”. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Jakarta. Vol. 4, No. 1,
Maret 2016, hlm. 36.

[5]. Novi Yulya Sari dan Fredi Ganda Putra, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Software Swishmax pada Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar”. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, UIN Raden Intan Lampung. Vol. 9, No. 2, Desember 2018, hlm. 74.

[6]. Nana Sudjana dan Ahmad Rivai, Media Pengajaran (Penggunaan dan Pembuatannya),

[7]. Dewangga Anjarkusuma P. dan Bambang Soepeno, “Penggunaan Aplikasi CMS Wordpress untuk Merancang Website Sebagai Media Promosi pada Maroon Wedding Malang”. Jurnal Akuntansi, Ekonomi, dan Manajemen Bisnis, Politeknik Negeri Batam. Vol. 2, No. 1, Juli 2014, hlm. 64-65.

[8]. Rusman, Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan ProfesionalismeGuru Abad 21, (Bandung: Alfabeta, 2012), hlm. 292.

[9]. Rusman, Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan ProfesionalismeGuru Abad 21, (Bandung: Alfabeta, 2012), hlm. 292.

[10]. Penerapan UI/UX dengan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Warung Makan) Faruq Aziz1 , Daniati Uki Eka Saputri2 , Nurul Khasanah3 , Taopik Hidayat4

[11]. https://www.researchgate.net/profile/Taufik-Hidayat-
32/publication/335227300_PEMBAHASAN_STUDI_KASUS_SEBAGAI_BAGIAN_METODOLOGI_PENELITIAN/links/5d58b188299bf151badcdc65/PEMBAHASAN-STUDI-KASUS-SEBAGAI-BAGIANMETODOLOGI-PENELITIAN.pdf

[12]. Asnawir & M. Basyiruddin Usman (2002) “Media Pembelajaran”. Jakarta: Ciputat Pers.

[13]. Cholid Narbuka dan Achmadi Abu (1999). “Metode Penelitian”. Jakarta: Bumi Aksara.